Biadab! Netanyahu Berjanji Akan Terus Melancarkan Serangan Terhadap Rafah
PM Israel Benjamin Netanyahu (Ronen Zvulun/Reuters)
17:03
18 Maret 2024

Biadab! Netanyahu Berjanji Akan Terus Melancarkan Serangan Terhadap Rafah

 

 

 – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah berjanji untuk terus mengirimkan pasukan Israel ke kota Rafah, di Gaza paling selatan.

Dilansir dari The Guardian, Senin (18/3), ia menolak kekhawatiran yang dirasakan negara-negara atas risiko yang dihadapi lebih dari satu juta warga Palestina di Rafah.

Ia juga mengatakan tidak ada tekanan internasional yang akan menghentikan Israel mewujudkan semua tujuan perangnya.

“Untuk bidang diplomatik, kami telah berhasil membiarkan pasukan berperang dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya selama lima bulan penuh,” kata Netanyahu.

Pejabat militer Israel mengatakan Rafah adalah benteng terakhir Hamas di Gaza, dan mengklaim ribuan militan serta pemimpin senior bermarkas di sana.

Mereka mengatakan membiarkan Rafah tidak tersentuh akan memungkinkan Hamas mempertahankan kendali atas sebagian Gaza, mengeksploitasi terowongan ke Mesir dan dengan cepat membangun kembali pasukannya di masa depan.

Namun, Rafah kini menjadi rumah bagi lebih dari 1 juta orang yang mengungsi dari tempat lain di Gaza akibat serangan Israel yang dilancarkan setelah serangan ke Israel pada bulan Oktober.

Menurut PBB, kota ini juga merupakan pusat logistik untuk distribusi bantuan melalui Gaza dan menjadi tempat anak-anak mengalami kekurangan gizi akut.

Joe Biden mengatakan invasi Rafah akan menjadi garis merah tanpa tindakan yang kredibel untuk melindungi warga sipil.

Israel mengatakan pihaknya akan menciptakan pulau-pulau kemanusiaan untuk menampung sejumlah besar orang yang kini tinggal di tenda-tenda atau tempat penampungan yang padat di Rafah.

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #biadab #netanyahu #berjanji #akan #terus #melancarkan #serangan #terhadap #rafah

KOMENTAR