Detik-detik Roket Startup Jepang Meledak 5 Detik Setelah Diluncurkan
Tangkapan layar yang diambil dari AFPTV melalui rekaman online yang disiarkan oleh Wakayama Telecasting Corp. (WTV), menunjukkan detik-detik peluncuran Roket Kairos milik Space One sebelum meledak setelah lepas landas [ AFPTV via Wakayama Telecasting Corp. (WTV) / AFP
09:00
15 Maret 2024

Detik-detik Roket Startup Jepang Meledak 5 Detik Setelah Diluncurkan

Sebuah roket berbahan bakar padat milik startup Jepang, Space One, meledak setelah 5 detik diluncurkan pada Rabu (13/3/2024). Video Roket bernama Kairos itu memiliki panjang 18 meter pun tersebar di media sosial.

Diketahui, rocket itu dirancang untuk membawa satelit ke orbit Bumi. Meskipun ledakan tersebut menyebabkan api, beruntung tim pemadam kebakaran berhasil memadamkannya dengan cepat dan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Melansir The Japan Times, Gubernur Wakayama Shuhei Kishimoto melihat kegagalan ini sebagai "langkah maju yang besar" karena sistem pembatalan penerbangan roket berfungsi dengan baik.

Presiden Space One Masakazu Toyoda mengatakan dalam konferensi pers, "Kami akan mencari tahu penyebabnya sesegera mungkin dan mengklarifikasi langkah-langkah kami untuk mencegah terulangnya kejadian serupa."

Space One tetap berkomitmen untuk mencapai tujuannya melakukan 20 peluncuran roket per tahun pada akhir tahun 2029 dan 30 peluncuran per tahun pada tahun 2030-an.

Editor: Eliza Gusmeri

Tag:  #detik #detik #roket #startup #jepang #meledak #detik #setelah #diluncurkan

KOMENTAR