Pemerintah Jerman Mengkritik Benjamin Netanyahu karena Israel Menolak Solusi Dua Negara
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pidato dalam kunjungannya melihat drone Hermes 900 di pusat kendaraan udara tak berawak (UAV) Israel, Pangkalan Udara Palmachim dekat kota Rishon LeZion. (5 Juli 2023). ( JACK GUEZ/AFP) 
16:40
12 Maret 2024

Pemerintah Jerman Mengkritik Benjamin Netanyahu karena Israel Menolak Solusi Dua Negara

Jerman mengeluarkan kritik kepada Benjamin Netanyahu karena Israelmenolak solusi dua negara.

Pemerintah Jerman, pada hari Senin, mengkritik pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang bersumpah untuk menghentikan pembentukan Negara Palestina.

Jerman mengatakan bahwa Berlin berkomitmen untuk mendirikan Negara Palestina merdeka bersama dengan Negara Yahudi, Anadolu Agency melaporkan.

Pernyataan Netanyahu memang merupakan pernyataan serius yang tidak sejalan dengan pernyataan kami dan harapan masyarakat internasional, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri, Sebastian Fischer, pada konferensi pers di Berlin.

“Sangat jelas bahwa, pada akhirnya, tidak ada alternatif lain selain solusi dua negara jika hak-hak rakyat Palestina ingin dilindungi, dan hanya solusi dua negara yang dapat menjamin keamanan Israel dalam jangka panjang." kata dia menambahkan.

Fischer mengacu pada komentar Netanyahu dalam sebuah wawancara dengan surat kabar BILD yang berbasis di Berlin pada hari Minggu, di mana ia bersumpah bahwa tidak akan ada Negara Palestina.

“Kami tidak ingin melihat adanya Negara Palestina setelah 7 Oktober, karena alasan sederhana bahwa pembantaian Hamas dimulai dari negara Palestina de facto di Gaza. Kami tidak ingin melihat adanya Negara Palestina karena 85 persen warga Palestina yang berada di bawah kendali Otoritas Palestina mendukung pembantaian tersebut,” kata Netanyahu kepada harian tersebut.

Pada tanggal 26 Februari, Partai Sosial Demokrat (SPD) yang dipimpin oleh Kanselir Olaf Scholz menimbulkan kegaduhan politik dengan mengatakan bahwa pengakuan Negara Palestina seharusnya tidak lagi menjadi hal yang tabu bagi Jerman, sehingga meningkatkan rasa frustrasi dunia internasional terhadap tindakan militer Israel di Wilayah Pendudukan Palestina.

“Pengakuan terhadap Negara Palestina bukanlah hal yang tabu bagi kami. Untuk keluar dari spiral kekerasan, untuk keluar darinya, Anda memerlukan dua hal. Pertama, dengan sangat cepat, gencatan senjata untuk membebaskan para sandera. Hal ini harus dikaitkan dengan tawaran politik yang menciptakan keamanan bagi kedua belah pihak,” kata anggota parlemen SPD, Nils Schmid dalam wawancara dengan majalah berita mingguan, Der Spiegel.

“Hal ini tidak hanya mencakup normalisasi hubungan Israel dengan negara-negara Arab, tetapi juga pengakuan terhadap Negara Palestina. Perbatasan akhir telah diklarifikasi dalam perundingan tetapi pada awalnya, semua pihak harus menyadari apa tujuan perundingan tersebut: Negara Palestina yang dibangun sedemikian rupa sehingga tidak dapat mengancam Israel,” tambah juru bicara kebijakan luar negeri SPD.

Jerman dan Uni Eropa telah lama mendukung solusi dua negara di Timur Tengah, namun hanya sebagai bagian dari penyelesaian yang dinegosiasikan.

Dengan perundingan yang telah lama terhenti dan serangan militer Israel di Gaza yang semakin meningkat, beberapa negara Eropa secara terbuka menyuarakan dukungannya untuk segera mengakui Negara Palestina.

Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas tanggal 7 Oktober yang dipimpin oleh kelompok Palestina, Hamas, yang menewaskan sekitar 1.200 orang.

Namun, sejak saat itu, Haaretz mengungkap bahwa helikopter dan tank tentara Israel, pada kenyataannya, telah membunuh banyak dari 1.139 tentara dan warga sipil yang diklaim oleh Israel telah dibunuh oleh Perlawanan Palestina.

Hampir 31.000 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas di Gaza, dan lebih dari 72.500 lainnya terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

Perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza mengungsi di tengah blokade yang melumpuhkan sebagian besar makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

(Sumber: Middle East Monitor)

Tag:  #pemerintah #jerman #mengkritik #benjamin #netanyahu #karena #israel #menolak #solusi #negara

KOMENTAR