Sebanyak 27 Merek Kurma dari Israel Diboikot, Berikut Daftarnya
Ilustrasi buah kurma (freepik.com)
17:30
6 Maret 2024

Sebanyak 27 Merek Kurma dari Israel Diboikot, Berikut Daftarnya

Serangan genosida Israel di jalur Gaza saat ini masih berlangsung dan telah mengakibatkan 30.000 orang Palestina terbunuh, perang yang tidak kunjung usai hingga jelang Ramadhan 2024 membuat ramai ajakan untuk memboikot produk kurma yang di produksi oleh Zionis Israel.

Diketahui Israel menjadi salah satu produsen kurma terbesar di dunia khususnya varietas kurma Medjool yang populer dan menjadi bagian penting dari ekonominya yang digunakan untuk pendudukan militer dan kolonisasi di Palestina, seperti dikutip melalui Middle East Eye.

Dilansir melalui American for Palestine bahwa industri kurma Israel dibangun di atas pencurian dengan setidaknya 40% kurma Israel ditanam di pemukiman ilegal kantong-kantong tanah curian milik orang-orang Palestina yang direbut.

Tak hanya itu, produksi kurma Israel juga berasal dari sumber daya air yang dicuri dari komunitas Palestina yang dialihkan ke pertanian kurma Israel, Perusahaan-perusahaan zionis juga mengeksploitasi tenaga kerja Palestina, dimana mereka sengaja merekrut pekerja terutama anak-anak untuk melakukan pekerjaan yang melelahkan dan juga berbahaya, Namun, dibayar dengan upah yang tidak sepadan.

Pada bulan Ramadhan setidaknya sepertiga ekspor kurma tahunan diproduksi oleh produsen Israel.

Namun, Gerakan boikot telah mampu memberikan ketakutan bagi penjualan kurma Israel dimana kampanye iklan sebesar 550.000 USD untuk mempromosikan Medjool Israel telah dihentikan akibat pengawasan ketat komunitas muslim terhadap produk Israel di pasar Internasional setelah pertumpahan darah di Gaza.

Untuk memberikan dukungan terhadap pembebasan Palestina, seperti dilansir melalui dari Within Our Lifetime (WOL) Palestina dan American Muslims for Palestine, bulan Ramadhan ini jangan berbuka puasa dengan produk genosida, berikut 27 Daftar Boikot merk dagang Kurma Israel :

1. HadiKlaim

2. Mehadrin

3. Delilah

4. Carmel Agrexco

5. Anna dan Sarah

6. Shah Co

7. Sincerely Nuts

8. Urban Platter

9. Star Dates

10. King Solomon

11. Food to Live

12. Nava Fresh

13. Bomaja

14. Bon Bierra

15. Desert Diamond

16. Fancy Medjoul

17. Food to Live

18. Jordan Plains

19. Jordan River

20. Kalahari

21. Karsten Farms

22. Premium Medjoul

23. Rapunzel

24. Red Sea

25. Royal Treasure

26. Shams

27. Tamara Barhi

Adapun panduan singkat untuk memboikot produk Kurma Israel seperti dilansir melalui Palestine Campaign dan American Muslims for Palestine :

1. Periksa kode batangnya, hindari produk dengan kode batang 729

2. Hindari label seperti ‘Made in Israel’, ‘Made in the West Bank’, atau ‘Made in Jordan Valley’

3. Selalu periksa label saat membeli apalagi yang tidak memiliki label, Industri Israel sering menggunakan label yang tidak jelas untuk menyembunyikan asal aslinya, untuk itu pastikan selalu memeriksa label untuk menghindari pembelian secara tidak sengaja.

4. Pada produk Kurma Medjol yang populer di pasaran, tidak semua merupakan produk dari Israel, lakukan cek kembali untuk mengetahui Perusahaan produsennya.

5. Hindari Perusahaan-perusahaan ini : Mehadrin, MTex, Edom, Carmel Agrexco

6. Salah satu eksportir terbesar Israel yaitu Hadiklaim, jika diekspor oleh Hadiklaim maka jangan membelinya. Adapun nama produk yang sering ada di supermarket diantaranya King Solomon, Jordan River dan Jordan River Bio-Top.

7. Pastikan membeli kurma Palestina dengan brand Zaytoun yang merupakan Perusahaan sosial yang mendukung petani Palestina melalui perdagangan yang adil.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #sebanyak #merek #kurma #dari #israel #diboikot #berikut #daftarnya

KOMENTAR