Hari ke-152 Perang Israel-Hamas, Zionis Halangi Konvoi Bantuan Kemanusiaan
Gambar satelit menunjukkan ratusan truk menunggu di perbatasan Rafah. Menurut data terbaru dari badan kemanusiaan PBB (OCHA), hanya empat truk yang membawa bantuan kemanusiaan penting memasuki Gaza pada hari Rabu. - Pada Selasa (5/3/2024), Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menghalangi konvoi bantuan makanan yang menuju Gaza utara. 
14:50
6 Maret 2024

Hari ke-152 Perang Israel-Hamas, Zionis Halangi Konvoi Bantuan Kemanusiaan

Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Israel-Hamas hari ke-152.

Pada Selasa (5/3/2024), Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menghalangi konvoi bantuan makanan yang menuju Gaza utara.

Sedikitnya ada 14 truk bantuan yang bergerak menuju Gaza.

Truk-truk itu telah menunggu tiga jam di sebuah pos pemeriksaan, sebelum akhirnya ditolak Israel, Program Pangan Dunia (WFP) melaporkan.

Hari ke-152 Perang Israel-Hamas:

Perjuangan dan krisis kemanusiaan

  • Pada Rabu (6/3/2024) pagi, pasukan Israel membunuh tiga warga sipil di sebuah rumah di Deir el-Balah, Gaza tengah.

Sejumlah orang lainnya terluka, tetapi tidak diketahui dengan pasti jumlahnya, lapor Al Jazeera.

  • Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) mengatakan pihaknya telah mendistribusikan tepung kepada sekitar 370.000 keluarga di Gaza selatan.

Ketegangan dan diplomasi regional

  • Amerika Serikat (AS) telah mengajukan revisi rancangan resolusi gencatan senjata yang diusulkan Dewan Keamanan PBB.

"(Revisi rancangan resolusi) menyerukan gencatan senjata segera sekitar enam minggu di Gaza bersamaan dengan pembebasan semua sandera," kantor berita Reuters melaporkan.

  • Sementara itu, pada hari Selasa (5/3/2024), pemerintah Chile mengumumkan boikot terhadap perusahaan-perusahaan Israel.

Perusahaan-perusahaan yang dikenai larangan tidak akan diizinkan mengikuti Pameran Dirgantara dan Luar Angkasa Internasional (FIDAE) di Santiago pada bulan April 2024.

  • Kelompok Pengacara Kanada untuk Hak Asasi Manusia Internasional (CLAIHR), organisasi Palestina Al-Haq dan empat individu mengajukan gugatan pada hari Selasa (5/3/2024) terhadap pemerintah federal untuk menghentikan perusahaan-perusahaan Kanada mengekspor barang-barang militer dan teknologi ke Israel.
  • Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Israel akan menghadapi “konsekuensi yang sangat serius” jika menghalangi Muslim Palestina memasuki tempat suci mereka selama bulan Ramadhan mendatang.
  • Komando Pusat militer AS (CENTCOM) mengatakan bahwa mereka menghancurkan tiga rudal antikapal Houthi dan tiga kapal permukaan tak berawak (USV) pada hari Rabu (6/3/2024) di wilayah Yaman yang dikuasai Houthi.
  • Yordania juga mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka melakukan pengiriman bantuan kemanusiaan dengan delapan pesawat ke Gaza bersama dengan AS, Perancis dan Mesir, yang menandai operasi terbesar hingga saat ini.
  • Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin telah bertemu dengan Benny Gantz di Washington, DC, tempat menteri kabinet perang Israel dan saingan Netanyahu melakukan tur tidak resmi.
  • Waralaba Starbucks di Timur Tengah mengatakan bahwa pihaknya telah mulai memecat sekitar 2.000 pekerja di kedai kopinya di seluruh wilayah tersebut.

Hal ini merupakan buntut boikot akibat perang Israel-Hamas di Gaza, sehingga mempengaruhi penjualannya di wilayah tersebut.

Kekerasan di Tepi Barat yang diduduki

  • Media lokal dan Al Jazeera Arab melaporkan penggerebekan dan penangkapan Israel terjadi di seluruh Tepi Barat yang diduduki pada Rabu (6/3/2024).

Wilayah yang diserbut di antaranya: desa al-Jalama, Arabbuna, Deir Ghazaleh, Arrana dan Jalbun di timur laut Jenin; kota Beit Fajjar, di selatan Betlehem; dan kota Nablus.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Pravitri Retno W

Tag:  #hari #perang #israel #hamas #zionis #halangi #konvoi #bantuan #kemanusiaan

KOMENTAR