Alasan Bela Diri, Kapal Perusak Angkatan Laut Italia Caio Duilio Tembak Jatuh Drone di Laut Merah
Kapal perusak Angkatan Laut Italia, Caio Duilio menembak jatuh sebuah drone di Laut Merah pada hari Sabtu (2/3/2024), pernyataan dari Kementerian Pertahanan mengungkapkan. 
15:10
3 Maret 2024

Alasan Bela Diri, Kapal Perusak Angkatan Laut Italia Caio Duilio Tembak Jatuh Drone di Laut Merah

Kapal perusak Angkatan Laut Italia, Caio Duilio menembak jatuh sebuah drone di Laut Merah pada Sabtu (2/3/2024).

Demikian pernyataan dari Kementerian Pertahanan Italia.

Kementerian menggambarkan tindakan itu sebagai wujud pembelaan diri dari kapal Caio Duilio.

"Sore ini, dengan menerapkan prinsip pertahanan diri, kapal perusak Angkatan Laut Italia Caio Duilio menembak jatuh sebuah drone di Laut Merah," urai Kementerian, dikutip dari Naval News.

Caio Duilio merupakan kapal yang bertugas melindungi ruter perdagangan dari serangan pesawat tak berawak dan rudal yang diluncurkan oleh milisi Houthi Yaman.

"Drone tersebut, dengan karakteristik serupa dengan yang telah digunakan dalam serangan sebelumnya, berada sekitar 6 km dari kapal Italia, dan terbang ke arahnya," terang pernyataan Kementerian Pertahanan, dikutip dari Al Arabiya.

Tidak ada rincian yang dirilis tentang keterlibatan kapal perusak Angkatan Laut Italia, kecuali jaraknya.

Caio Duilio dilengkapi dengan tiga senjata Super Rapido 76/62 mm yang dirancang untuk pertahanan udara jarak dekat (CIWS).

 Menurut Menteri Pertahanan Italia, Guido Crostto serangan Houthi merupakan bagian dari strategi perang hibrida terhadap beberapa negara.

"Serangan Houthi adalah pelanggaran serius terhadap hukum internasional dan serangan terhadap keamanan lalu lintas maritim yang menjadi sandaran perekonomian kita," ujarnya.

"Serangan ini adalah bagian dari perang hibrida, yang menggunakan segala kemungkinan, tidak hanya militer, (niatnya) untuk merugikan beberapa negara dan menguntungkan negara lain." paparnya.

Seperti diketahui, sejak perang Israel dengan kelompok Hamas yang menguasai Jalur Gaza, Palestina meletus pada 7 Oktober, Houthi menunjukkan solidaritas mereka dengan menyerang kapal-kapal di Laut Merah.

Lebih jauh, pada Februari 2024, Uni Eropa (UE) meluncurkan misi angkatan laut ke Laut Merah, yang diberi nama Eunavfor Aspides.

Misi itu dibentuk untuk melindungi pelayaran di wilayah Laut Merah.

Pada bulan Februari, Uni Eropa meluncurkan misi angkatan laut ke Laut Merah, yang diberi nama Eunavfor Aspides, untuk melindungi pelayaran di wilayah tersebut. Italia mengatakan akan memasok laksamana yang memimpin misi tersebut.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Sri Juliati

Tag:  #alasan #bela #diri #kapal #perusak #angkatan #laut #italia #caio #duilio #tembak #jatuh #drone #laut #merah

KOMENTAR