Perundingan Gencatan Senjata Israel-Hamas Dilaporkan Berlanjut di Kairo
Anak-anak di AS menyerukan gencatan senjata perang Israel-Hamas di Gaza 
09:10
3 Maret 2024

Perundingan Gencatan Senjata Israel-Hamas Dilaporkan Berlanjut di Kairo

Perundingan gencatan senjata antara Israel-Hamas akan dilanjutkan di Kairo pada hari Minggu (3/3/2024), kata dua sumber keamanan Mesir pada hari Sabtu, The New Arab melaporkan.

Meski begitu, sebuah media berita Israel melaporkan bahwa Israel tidak akan mengirim delegasi sampai mereka mendapatkan daftar lengkap sandera Israel yang masih hidup.

Presiden Amerika Joe Biden mengatakan dia berharap gencatan senjata akan terjadi pada saat bulan puasa Ramadan, yang diperkirakan dimulai pada 10 Maret.

Belum ada komentar langsung dari Israel atau kelompok Palestina Hamas, yang telah melakukan negosiasi melalui mediator termasuk Mesir dan Qatar.

Tekanan internasional untuk gencatan senjata semakin meningkat.

Lebih dari 30.000 warga Palestina tewas dalam serangan Israel di Gaza, sebagian besar warga sipil menurut otoritas kesehatan Gaza.

PBB memperingatkan bahwa seperempat penduduknya tinggal selangkah lagi menuju kelaparan.

Israel bersumpah untuk memusnahkan Hamas, melancarkan serangan sebagai tanggapan atas serangan 7 Oktober di Israel selatan, yang menewaskan sekitar 1.200 orang di Israel dan 253 lainnya diculik, menurut penghitungan Israel.

Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield memberikan hak veto pada pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai perang Israel-Hamas, di Markas Besar PBB di New York City pada 20 Februari 2024. - AS memveto resolusi Dewan Keamanan PBB pada hari Selasa yang menyerukan gencatan senjata segera di Gaza, bahkan ketika Presiden Joe Biden menghadapi tekanan yang semakin besar untuk menarik kembali dukungan untuk Israel. (Photo by ANGELA WEISS / AFP) Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield memberikan hak veto pada pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai perang Israel-Hamas, di Markas Besar PBB di New York City pada 20 Februari 2024. (Photo by ANGELA WEISS / AFP)

Hamas mengatakan serangan itu terjadi sebagai respons atas agresi Israel selama beberapa dekade terakhir.

Sumber-sumber Mesir mengatakan bahwa insiden pada hari Kamis ketika lebih dari 100 warga Palestina yang mengantre bantuan terbunuh oleh tembakan Israel tidak memperlambat perundingan, namun malah mendorong para perunding untuk segera mempertahankan kemajuan.

Israel menyebut orang yang berkerumun di sekitar truk bantuan terinjak atau tertabrak, namun tidak memberikan bukti atas klaim tersebut.

Israel Meminta Daftar Tawanan

Sumber-sumber Mesir mengatakan kedua belah pihak telah menyepakati jangka waktu gencatan senjata di Gaza, serta pembebasan sandera dan tahanan.

Sumber itu menambahkan bahwa penyelesaian kesepakatan masih memerlukan kesepakatan mengenai penarikan pasukan Israel dari Gaza utara dan pemulangan penduduknya.

Namun berita Ynet Israel, mengutip seorang pejabat senior yang tidak disebutkan namanya, melaporkan bahwa Israel tidak akan mengirimkan delegasi ke perundingan di Kairo sampai mereka menerima daftar lengkap sandera yang ditahan di Gaza dan yang masih hidup.

Pada hari Jumat, Hamas mengatakan serangan Israel telah menewaskan tujuh sandera.

Menurut laporan tersebut, isu utama yang sedang dibahas adalah berapa banyak sandera yang akan dibebaskan dari Gaza, dan berapa banyak warga Palestina yang akan dibebaskan oleh Israel sebagai imbalan atas setiap sandera tersebut.

“Sampai jawaban jelas diberikan, delegasi tidak akan berangkat ke Kairo,” Ynet mengutip pernyataan pejabat tersebut.

Seorang pejabat Palestina yang mengetahui upaya mediasi tidak mengkonfirmasi perundingan di Kairo.

“Dalam hal mengakhiri perang dan menarik pasukan keluar dari Gaza, kesenjangan masih belum terjembatani,” kata pejabat itu.

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki menyampaikan harapan bahwa gencatan senjata akan disepakati pada saat Ramadhan.

“Kami berharap bisa mencapai gencatan senjata sebelum Ramadhan, kami berharap bisa mencapainya hari ini, kemarin, tapi kami gagal,” kata Maliki, yang mewakili Otoritas Palestina yang berbasis di Tepi Barat, saat berkunjung ke Turki.

Sementara itu, menurut seorang pejabat senior pemerintah AS pada hari Sabtu (2/3/2024), Israel pada dasarnya telah menerima usulan kerangka gencatan senjata di Gaza jika Hamas setuju untuk membebaskan sandera yang sakit, lanjut usia dan perempuan, CBS News melaporkan.

Kesepakatan yang ada saat ini akan lebih rumit dibandingkan gencatan senjata sebelumnya karena durasinya yang lama.

Namun kesepakatan enam minggu tersebut memiliki potensi untuk diperpanjang setelahnya, ujar pejabat tersebut.

Israel menewaskan sedikitnya 92 orang dan melukai 156 lainnya selama 24 jam terakhir dalam serangan yang sedang berlangsung di Jalur Gaza, kata Kementerian Kesehatan Gaza pada Sabtu (2/3/2024).

Di Beit Hanoun, sebelah utara jalur yang diblokade, serangan Israel menewaskan tiga orang yang sedang mencari makanan di lahan pertanian, kata warga dan petugas medis.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Editor: Febri Prasetyo

Tag:  #perundingan #gencatan #senjata #israel #hamas #dilaporkan #berlanjut #kairo

KOMENTAR