Geram, Kedubes Iran di Indonesia Tanggapi Serangan Israel ke Iran Sabtu Kemarin
Arsip foto - Roket-roket yang ditembakkan dari Iran terlihat dari Tel Aviv, Israel, pada 1 Oktober 2024. (ANTARA/Anadolu).
12:57
27 Oktober 2024

Geram, Kedubes Iran di Indonesia Tanggapi Serangan Israel ke Iran Sabtu Kemarin

Rezim zionis Israel pada pagi hari Sabtu (26/10) kembali melanggar kedaulatan dan integritas wilayah Republik Islam Iran dengan menyerang beberapa pusat militer Iran.   Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Indonesia menanggapi serangan itu dan menyebut kalau tindakan tersebut merupakan pelanggaran jelas terhadap hukum internasional dan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).   "Kususnya prinsip larangan ancaman atau penggunaan kekerasan terhadap integritas teritorial dan kedaulatan negara-negara," jelas keterangan resmi Kedutaan Besar Republik Islam Iran.   Lebih jauh, tindakan tersebut dikatakan menunjukkan sifat agresif dan kegemaran perang dari rezim zionis Israel. Republik Islam Iran, berdasarkan prinsip pembelaan diri yang tercantum dalam Pasal 51 Piagam PBB menganggap tanggapan terhadap agresi militer rezim Israel sebagai hak yang melekat pada dirinya dan akan menggunakan semua  sumber daya dan kapasitas material serta immaterinya untuk tujuan tersebut.  

  "Tindakan ini tidak hanya untuk membela keamanan dan kepentingan Republik Islam Iran, tetapi juga untuk mempertahankan perdamaian dan keamanan regional serta internasional terhadap tindakan ilegal rezim apartheid Israel," lanjut keterangan tersebut.   Republik Islam Iran juga mengingatkan tanggung jawab masing-masing negara anggota PBB negara-negara anggota 'Konvensi Pencegahan dan Pemberantasan Kejahatan Genosida', serta negara-negara anggota 'Konvensi Jenewa IV 1949' untuk mengambil tindakan segera dan kolektif terhadap kejahatan berat yang  dilakukan oleh rezim Zionis.   

  "Kami menegaskan kembali tanggung jawab para pendukung dan penyedia keuangan serta persenjataan Tel Aviv, khususnya Amerika Serikat, dalam melanjutkan pendudukan, kejahatan yang beragam, terutama genosida terhadap rakyat Palestina, serta agresi terhadap Lebanon dan tindakan ilegal rezim ini yang membahayakan perdamaian dan keamanan regional serta internasional," tegas keterangan tersebut.   Republik Islam Iran juga mengapresiasi posisi pemerintah Republik Indonesia yang secara tegas dan kuat mengecam tindakan agresi rezim zionis yang menyerang wilayah Iran dan mengajak semua negara yang mencintai perdamaian dan kebebasan untuk bersatu dalam menghentikan kejahatan dan agresi rezim teroris Israel.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #geram #kedubes #iran #indonesia #tanggapi #serangan #israel #iran #sabtu #kemarin

KOMENTAR