Tanda Darurat SOS Dikirim Staf Rumah Sakit Gaza, PBB Sambat
Israel mengaku menghancurkan satu terowongan Hamas di Gaza utara, Selasa, (3/9/2024). 
04:10
26 Oktober 2024

Tanda Darurat SOS Dikirim Staf Rumah Sakit Gaza, PBB Sambat

- Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengonfirmasi bahwa staf mereka di utara Gaza telah mengeluarkan SOS, menyoroti kondisi darurat tanpa makanan, air, atau perawatan medis.

Mereka mengatakan "masyarakat ditinggalkan begitu saja, hidup dalam ketakutan akan kematian setiap saat", dan mendesak untuk "gencatan senjata segera untuk memungkinkan perjalanan yang aman dan melindungi nyawa".

Seorang direktur rumah sakit di wilayah utara pun mengeluhkan kehadiran dunia internasional terhadap situasi yang terjadi.

"Kami ditembaki dari segala sisi, orang-orang ketakutan, dan situasinya sangat buruk, mereka membunuh orang-orang di jalan. Kami tidak akan meninggalkan rumah sakit, dan kami tidak akan meninggalkan yang terluka," jelasnya dikutip dari itv.

Anna Halford, Koordinator Darurat untuk Dokter Lintas Batas, mengatakan kepada ITV News bahwa staf medis di Gaza utara menyaksikan pasien meninggal karena mereka tidak mampu lagi menyalakan generator rumah sakit.

Berbicara kepada ITV News dari dalam Gaza, Anna Halford, Koordinator Darurat untuk Medecins Sans Frontieres (Dokter Lintas Batas) membagikan apa yang disampaikan stafnya kepadanya.

"Situasi yang mereka laporkan sangat buruk. Ini bencana bagi masyarakat dan sistem [perawatan kesehatan] secara umum."

Ketika diminta untuk meringkas situasi terkini di Gaza utara, Ibu Halford menggambarkannya "sebagai kampanye yang tak termaafkan dan tak kenal lelah terhadap penduduk yang tidak punya pilihan lain".


ITV News telah menerima pesan SOS dari staf medis di berbagai rumah sakit di Gaza utara secara langsung atau melalui badan amal yang dikelola Inggris dan dokter Inggris di Inggris, yang secara rutin berhubungan dengan mereka atau organisasi nonpemerintah (LSM) dan dokter Gaza lainnya. Untuk melindungi keamanan mereka, ITV News telah menghapus nama mereka.

Seorang perawat rumah sakit di Gaza utara mengirim pesan suara ke ITV News, menjelaskan kondisi yang mereka hadapi setiap hari

Staf di rumah sakit yang dikepung mengatakan mereka telah diberi tahu bahwa jika mereka memfilmkan, mereka akan ditembak, jadi mereka mencoba memberi tahu dunia melalui catatan suara.

Seorang perawat staf, yang terdengar sangat tertekan, berkata: "Air di rumah sakit kosong. Dan makanan mungkin hanya cukup untuk satu atau dua hari.

"Kami sangat lelah. Kami sangat lelah. Saya tidak dapat menjelaskan betapa lelahnya kami. Dua pasien telah meninggal dan mungkin besok dua pasien lainnya akan meninggal. 

"Kami tidak punya air. Kami menghubungi angkatan bersenjata Israel untuk mengizinkan kami mengambil air dari tangki, tetapi mereka tidak mau menerimanya sampai sekarang. Dan kami tidak tahu apa yang akan terjadi besok. 

"Saya sangat lelah. Situasinya sangat buruk."

Keesokan harinya, ia mengirim pesan suara terpisah, yang berbunyi: "Hari ini kami tidak punya air. Kami haus. 

"Mungkin masih ada beberapa botol air. Mungkin besok pagi semua botol akan kosong. 

"Mereka tidak mengizinkan kami menyalakan listrik untuk mengisi tangki air."

" Situasinya sangat buruk. Beginilah keadaan ICU kami malam ini"

Kegelapan Gaza

Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Volker Turk mendengarkan pertanyaan dari wartawan selama konferensi pers di Kantor PBB di Putrajaya pada 4 Juni 2024. Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Volker Turk mendengarkan pertanyaan dari wartawan selama konferensi pers di Kantor PBB di Putrajaya pada 4 Juni 2024. (Mohd RASFAN / AFP)

BBC memberitakan,  Kepala hak asasi manusia PBB mengatakan perang di Gaza merupakan “momen paling gelap” yang terjadi di wilayah utara.

“Saat kita berbicara, militer Israel sedang menjadikan seluruh penduduk sebagai sasaran pemboman, pengepungan, dan risiko kelaparan,” kata Volker Türk.

Ia meminta para pemimpin dunia untuk bertindak, dan mengatakan negara memiliki kewajiban berdasarkan Konvensi Jenewa untuk memastikan penghormatan terhadap hukum humaniter internasional.

Tidak ada tanggapan langsung dari militer Israel, tetapi mereka mengatakan pasukannya telah membunuh “ratusan teroris” dan mengevakuasi 45.000 warga sipil di Jabalia sejak kembali ke daerah itu untuk ketiga kalinya pada tanggal 6 Oktober dengan tujuan menghentikan pejuang Hamas berkumpul kembali di sana.

Hal itu terjadi ketika kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan dia sangat terganggu oleh laporan bahwa pasukan Israel telah menyerbu salah satu rumah sakit terakhir yang berfungsi di Gaza utara.

Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan WHO telah kehilangan kontak dengan rumah sakit Kamal Adwan di Beit Lahia, yang dipenuhi hampir 200 pasien di tengah serangan Israel di dekat Jabalia.

Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikelola Hamas mengatakan pasukan Israel telah menahan pasien, staf, dan warga yang mengungsi, sementara militer Israel mengatakan pasukannya beroperasi "di wilayah tersebut" berdasarkan intelijen "mengenai keberadaan teroris".

Ratusan warga Palestina dilaporkan terbunuh dan puluhan ribu mengungsi sejak pasukan Israel kembali ke Jabalia.

Penduduk yang tidak mau atau tidak mampu mematuhi perintah evakuasi Israel dikatakan hidup dalam kondisi yang semakin menyedihkan, dengan makanan dan persediaan penting lainnya yang semakin menipis.

Kepala hak asasi manusia PBB memperingatkan pada hari Jumat bahwa seluruh penduduk Gaza utara menjadi sasaran pemboman "tanpa henti", dengan ratusan ribu orang diperintahkan untuk pindah tanpa jaminan akan kembali.

“Tidak terbayangkan, situasinya semakin memburuk dari hari ke hari,” kata Türk.

"Kebijakan dan praktik pemerintah Israel di Gaza utara berisiko mengosongkan wilayah itu dari semua warga Palestina. Kami menghadapi apa yang dapat dianggap sebagai kejahatan kekejaman, termasuk yang berpotensi meluas menjadi kejahatan terhadap kemanusiaan."

Ia juga mengatakan bahwa sangat tidak dapat diterima jika kelompok bersenjata Palestina dilaporkan beroperasi di antara warga sipil, termasuk di dalam tempat penampungan bagi para pengungsi, dan menempatkan mereka dalam bahaya.

Türk mengatakan negara-negara di seluruh dunia - semuanya merupakan pihak pada konvensi Jenewa - harus bertindak sekarang untuk menegakkannya.

"Ini adalah norma-norma yang diterima secara universal dan mengikat yang dikembangkan untuk menjaga nilai-nilai kemanusiaan yang sangat mendasar. Saya mohon Anda untuk mengutamakan perlindungan warga sipil dan hak asasi manusia dan tidak mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan yang paling mendasar itu," katanya.

Yang penting, Türk menambahkan bahwa jika ada risiko genosida, semua negara terikat secara hukum untuk mencegahnya. Hingga saat ini, tokoh senior PBB sebagian besar menghindari kata genosida dalam kaitannya dengan Gaza.

Israel telah lama menuduh PBB bias dan menolak tuduhan bahwa PBB telah melakukan kejahatan perang.

Pada Jumat pagi, Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukan Israel telah “menyerbu” rumah sakit Kamal Adwan dan menahan ratusan pasien, staf medis, dan orang-orang terlantar di dalamnya.

Pada sore harinya, kementerian mengatakan, orang-orang yang mengungsi dipaksa menanggalkan pakaian mereka dan beberapa di antaranya ditangkap.

Sejumlah staf medis, termasuk direktur rumah sakit Dr Hussam Abu Safiya, juga tidak terdengar kabarnya sejak mereka dipanggil untuk melihat pasukan Israel yang ditempatkan di halaman tersebut, tambahnya.

Sebuah video yang diunggah di media sosial pada Kamis malam menunjukkan Dr. Abu Safiya berbicara di telepon sambil berjalan melewati bangsal yang sibuk dengan apa yang tampak seperti jendela pecah dan langit-langit rusak.

"Alih-alih menerima bantuan, kami malah menerima tank. Tank yang menembaki gedung," katanya.

Eid Sabbah, direktur keperawatan, mengatakan dalam sebuah catatan suara kepada kantor berita Reuters pada Jumat dini hari: "Pada tengah malam, tank dan buldoser tentara pendudukan mencapai rumah sakit. Teror terhadap warga sipil, yang terluka, dan anak-anak dimulai saat [pasukan Israel] mulai menembaki rumah sakit."

Ia mengatakan pasukan Israel mundur saat delegasi dari WHO tiba dengan ambulans dan mengevakuasi sejumlah pasien. Namun, tank-tank kemudian kembali ke daerah sekitar dan melepaskan tembakan ke rumah sakit, mengenai persediaan oksigennya, sebelum pasukan mulai menyerbu dan memerintahkan staf dan pasien untuk pergi, imbuhnya.

Dr Tedros kemudian mengonfirmasi bahwa tim WHO telah tiba di rumah sakit tersebut pada Kamis malam “di tengah permusuhan di sekitarnya”, dan memindahkan 23 pasien dan 26 perawat ke rumah sakit al-Shifa di Kota Gaza. Mereka juga mengirimkan sejumlah unit darah, peralatan trauma, dan peralatan bedah.

Namun ia menambahkan bahwa badan PBB telah kehilangan kontak dengan staf di rumah sakit tersebut sejak laporan penggerebekan tersebut muncul.

“Rumah Sakit Kamal Adwan telah dipenuhi oleh hampir 200 pasien - aliran kasus trauma yang mengerikan yang tak henti-hentinya. Rumah sakit ini juga dipenuhi oleh ratusan orang yang mencari perlindungan,” ia memperingatkan.

“Kami menyerukan gencatan senjata segera; dan perlindungan terhadap rumah sakit, pasien, tenaga kesehatan, dan pekerja kemanusiaan.”

Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukannya "beroperasi di area Rumah Sakit Kamal Adwan di Jabalia, berdasarkan informasi intelijen mengenai keberadaan teroris dan infrastruktur teroris di area tersebut".

"Pada minggu-minggu menjelang operasi, [pasukan] memfasilitasi evakuasi pasien dari wilayah tersebut sambil tetap menyediakan layanan darurat," tambahnya.

(Tribunnews.com/Chrysnha)

Tag:  #tanda #darurat #dikirim #staf #rumah #sakit #gaza #sambat

KOMENTAR