Kronologi Pilot AS Bakar Diri di Kedubes Israel: Aaron Bushnell Tewas, Sempat Kirim Surat Publikasi
TEWAS BAKAR DIRI - Tangkapan layar video detik-detik jelang Aaron Bushnell, seorang pilot, anggota dinas militer Amerika Serikat (AS), membakar dirinya, sebagai bentuk protes terhadap perang Israel di Gaza, di luar Kedutaan Besar Israel di Washington pada Minggu sore . 
19:00
26 Februari 2024

Kronologi Pilot AS Bakar Diri di Kedubes Israel: Aaron Bushnell Tewas, Sempat Kirim Surat Publikasi

Seorang pilot, anggota dinas militer Amerika Serikat (AS), yang membakar dirinya, sebagai bentuk protes terhadap perang Israel di Gaza, di luar Kedutaan Besar Israel di Washington pada Minggu (25/2/2024) sore dilaporkan meninggal setelah sempat menjalani perawatan medis.

Dia kemudian diidentifikasi oleh beberapa media dan media sosial sebagai Aaron Bushnell.

"Dia diangkut ke rumah sakit setempat setelah api dipadamkan oleh petugas Dinas Rahasia AS," tulis dinas pemadam kebakaran DC Fire dan EMS dalam pernyataan yang diunggah secara online.

Seorang juru bicara Angkatan Udara AS, mengonfirmasi kalau insiden itu melibatkan seorang penerbang aktif.

Berikut video detik-detik Aaron Bushnell:

“Saya tidak akan lagi terlibat dalam genosida,” kata pria yang mengenakan seragam militer itu dalam video yang disiarkan langsung melalui internet, menurut New York Times (NYT).

Dia kemudian menyiram dirinya dengan cairan bening dan membakar dirinya, sambil meneriakkan “Bebaskan Palestina,” lapor NYT.

Polisi setempat dan Dinas Rahasia sedang menyelidiki insiden tersebut.

Kirim Surat Publikasi Aksi Bakar Diri

Bushnell dilaporkan mengirim pesan ke media sebelum rencana bakar diri.

“Hari ini, saya berencana untuk melakukan aksi protes ekstrem terhadap genosida rakyat Palestina,” katanya dalam video tersebut, menurut laporan.

Insiden tersebut juga dikabarkan disiarkan langsung di Twitch, yang kemudian menghapus video tersebut.

Kedutaan Besar Israel terus menjadi sasaran protes terhadap perang di Gaza, yang telah memicu protes pro-Palestina dan pro-Israel di AS.

Pada awal Desember, seorang demonstran yang mengibarkan bendera Palestina membakar dirinya di luar konsulat Israel di Georgia.

Laporan dari kejadian tersebut menunjukkan bahwa dia menderita luka serius, dan seorang penjaga keamanan yang berusaha melakukan intervensi juga terluka.

Tag:  #kronologi #pilot #bakar #diri #kedubes #israel #aaron #bushnell #tewas #sempat #kirim #surat #publikasi

KOMENTAR