Iran dan Arab Saudi Bahas Latihan Gabungan di Laut Merah
Pasukan Angkatan Laut Iran hadir di Laut Merah dan bahwa Arab Saudi telah menyatakan minatnya untuk menyelenggarakan manuver gabungan di kawasan tersebut. 
00:40
25 Oktober 2024

Iran dan Arab Saudi Bahas Latihan Gabungan di Laut Merah

Angkatan Laut Iran dan Arab Saudi berencana untuk mengadakan latihan gabungan di wilayah Laut Merah, Laksamana Muda Angkatan Laut Iran Shahram Irani mengumumkan pada Selasa (22/10/2024), Sarabic melaporkan.

Kantor berita ISNA mengutip pernyataan Iran, yang mengatakan bahwa pasukan Angkatan Laut Iran hadir di Laut Merah.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa Arab Saudi telah menyatakan minatnya untuk menyelenggarakan manuver gabungan di kawasan tersebut.

Laksamana itu menekankan bahwa delegasi dari kedua negara akan mengadakan konsultasi mengenai pengorganisasian manuver tersebut.

Ia  menambahkan bahwa mereka telah saling mengundang untuk mengunjungi pelabuhan masing-masing.

Dikutip dari The Cradle, Iran dan Arab Saudi menormalisasi hubungan pada Maret 2023 setelah putus selama enam tahun melalui pembicaraan yang ditengahi oleh China.

Usulan latihan angkatan laut gabungan muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Israel dan Iran.

Para pemimpin Israel mengancam akan menyerang Iran sebagai balasan atas penembakan serangkaian rudal balistik oleh Iran ke Israel pada tanggal 1 Oktober.


Serangan Iran, yang menargetkan tiga pangkalan udara Israel.

Eskalasi terjadi sebagai respons terhadap berbagai agresi Israel, termasuk pembunuhan pemimpin Hamas Ismael Haniyeh di Teheran dan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah di Beirut.

Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araghchi menyatakan pada hari Selasa (22/10/2024) bahwa Republik Islam tidak menginginkan perang di kawasan tetapi sepenuhnya siap menghadapi konflik apa pun.

"Kami telah melakukan yang terbaik untuk meredakan ketegangan, tetapi kami siap menghadapi skenario apa pun," katanya dalam konferensi pers di Kuwait.

“Pesan kami sangat jelas: rezim Zionis berusaha memperluas perang di kawasan ini, dan kami harus menghentikan bencana ini,” kata Araghchi.

Di tengah mobilisasi dalam persiapan menghadapi kemungkinan serangan Israel, Iran menjadi tuan rumah manuver angkatan laut IMEX 2024 di Samudra Hindia pada hari Sabtu dan Minggu, dengan partisipasi pasukan angkatan laut dari Rusia, Oman, Arab Saudi, India, Thailand, Pakistan, Qatar, dan Bangladesh.

Menurut laporan Iran, tujuan dari manuver ini antara lain untuk meningkatkan keamanan maritim, memantau masalah terkait lingkungan laut, tindakan kemanusiaan, menahan bencana alam, dan bertukar informasi antara angkatan laut negara peserta.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Bobby Wiratama

Tag:  #iran #arab #saudi #bahas #latihan #gabungan #laut #merah

KOMENTAR