Jajak Pendapat: 70 Persen Pemukim di Utara Pendudukan Israel Ogah Balik ke Rumah Mereka
Ilustrasi pemukim Israel di tanah pendudukan. Serangan Hizbullah membuat 70 persen pemukim Yahudi di Utara pendudukan Israel enggan kembali ke rumah mereka. 
23:20
24 Oktober 2024

Jajak Pendapat: 70 Persen Pemukim di Utara Pendudukan Israel Ogah Balik ke Rumah Mereka

Sekitar 70 persen pemukim Israel yang dievakuasi dari permukiman utara dekat perbatasan Lebanon telah menyatakan keengganan untuk kembali ke rumah mereka.

Angka itu menurut sebuah jajak pendapat yang diterbitkan oleh surat kabar Ibrani Maariv pada 22 Oktober.

Jajak pendapat dilakukan awal bulan ini oleh organisasi 121 Engine for Social Change Israel.

Menurut jajak pendapat, 50 persen pemukim yang dievakuasi dari utara dan selatan tidak ingin kembali ke pemukiman mereka.

Sekitar tujuh puluh persen dari pemukim dari utara sedang mempertimbangkan untuk tidak kembali ke rumah mereka.

"Data mengungkapkan gambaran yang mengkhawatirkan tentang kerusakan mata pencaharian dan kurangnya dukungan pekerjaan dari pemerintah, yang menimbulkan kekhawatiran akan bencana ekonomi-pekerjaan," tulis Maariv.

Seorang polisi Israel berjaga saat berlangsungnya pawai Bendera pemukim Yahudi Israel di kawasan Kota Tua Yerusalem. Pawai Bendera ini sebagai perayaan penyatuan kembali (unifikasi) Yerusalem pada tahun 1967 setelah Perang Enam Hari. Seorang polisi Israel berjaga saat berlangsungnya pawai Bendera pemukim Yahudi Israel di kawasan Kota Tua Yerusalem. Pawai Bendera ini sebagai perayaan penyatuan kembali (unifikasi) Yerusalem pada tahun 1967 setelah Perang Enam Hari. (tangkap layar/timesofisrael)

Pengangguran Meningkat

Enam puluh persen dari semua pemukim yang dievakuasi telah mengalami 'kerusakan' pada mata pencaharian mereka, sementara 53 persen merujuk pada respons pemerintah terhadap tantangan kerja mereka sebagai tidak memadai.


Satu dari lima saat ini menganggur.

“Kami menghadapi krisis ketenagakerjaan akut di antara para pengungsi, terutama dari utara, dengan 32 persen melaporkan bahwa mereka tidak bekerja sama sekali. Keterampilan pekerjaan mereka terkikis, dan ini menimbulkan bahaya nyata bagi ekonomi dan kesehatan mental mereka,” kata pengacara Israel Tali Nir.

Keengganan untuk kembali ke utara datang meskipun tentara Israel telah melancarkan agresi militer darat di Lebanon selatan, yang menurut Tel Aviv bertujuan untuk mendorong Hizbullah menjauh dari perbatasan dan mengamankan kembalinya puluhan ribu pemukim yang melarikan diri dari utara pada awal perang tahun lalu.

Laporan Maariv juga menyoroti frustrasi pemukim di beberapa pemukiman Galilea bagian atas yang belum dievakuasi.

Orang tua dari delapan pemukiman yang belum dievakuasi menulis surat bersama kepada Menteri Pendidikan Israel Yoav Kish menuntut rencana pendidikan yang layak untuk anak-anak di utara yang sekolahnya telah terganggu sebagai akibat dari perang.

“Anak-anak kita membayar harga yang berat dan 'abadi'. Kesenjangan pendidikan yang besar tumbuh, ada sangat sedikit sumber daya pendidikan, emosional dan sosial, dan semua ini sambil terus-menerus berurusan dengan suara perang, pembatasan kebebasan bergerak, kurangnya staf pendidikan, dan tinggal di daerah yang lumpuh, ”tulis orang tua, mengeluh bahwa anak-anak mereka sekarang dipaksa untuk belajar melalui panggilan video.

Beberapa pejuang Hizbullah di Lebanon. Beberapa pejuang Hizbullah di Lebanon. (Al Manar)

Hizbullah Beri Pukulan Telak

Meningkatnya jumlah persentase pemukim yang enggan untuk kembali ke utara juga disuarakan penelitian lain.

Sebuah studi yang dilakukan pada bulan Mei oleh Tel Hai Academic College di Israel menyatakan bahwa sekitar 40 persen pengungsi dari permukiman utara sedang mempertimbangkan untuk tidak kembali ke rumah mereka setelah berakhirnya perang.

Sebagian besar pemukim utara telah dievakuasi pada Oktober tahun lalu.

Israel memulai serangan daratnya ke Lebanon selatan pada awal bulan ini.

Sejak itu, ia tidak dapat maju lebih dari beberapa ratus meter ke desa-desa perbatasan tertentu.

Hizbullah telah memberikan pukulan berat terhadap pasukan yang menyerang sambil terus menembaki lokasi militer dan pertemuan pasukan di seberang perbatasan.

Perlawanan Lebanon mengatakan pada 18 Oktober kalau mereka menewaskan 55 tentara dan menghancurkan setidaknya 20 tank Merkava dalam dua minggu pertama operasi darat. 

Tentara Israel mengumumkan pada 22 Oktober kematian Wakil Komandan Batalyon 9308 Brigade Allon di Lebanon selatan.

Hizbullah juga telah meningkatkan serangannya jauh ke dalam wilayah Israel sebagai tanggapan atas serangan besar-besaran dan tanpa pandang bulu Israel di Lebanon dan ibukotanya.

 

 

 

 

Tag:  #jajak #pendapat #persen #pemukim #utara #pendudukan #israel #ogah #balik #rumah #mereka

KOMENTAR