Analisis: Solusi Dua Negara Israel dan Palestina Temui Hambatan Lain, Ini Alasannya
Peta Israel Palestina. Politisi Israel dukung penolakan pengakuan 'sepihak' atas negara Palestina. Langkah ini merupakan hambatan lain bagi bagi proposal solusi dua negara 
19:30
24 Februari 2024

Analisis: Solusi Dua Negara Israel dan Palestina Temui Hambatan Lain, Ini Alasannya

- Penolakan Benjamin Netanyahu terhadap pengakuan atas negara Palestina mendapat dukungan besar dari para politisi Israel pada hari Rabu (21/2/2024), dilansir SBS News.

Sebanyak 99 dari 120 orang memberikan suara setuju dengan perdana menteri Israel tersebut.

Keputusan tersebut diambil di tengah meningkatnya seruan internasional untuk membahas kembali perundingan mengenai masalah negara Palestina.

Deklarasi Israel yang dibuat di Knesset menyatakan bahwa perjanjian permanen apapun dengan Palestina, tidak akan ditentukan oleh kekuatan internasional atau eksternal, melainkan dicapai melalui negosiasi langsung antara kedua belah pihak.

“Knesset memberikan suara mayoritas untuk menentang segala upaya yang secara sepihak memaksakan negara Palestina pada Israel," kata Netanyahu.

“Perdamaian hanya dapat dicapai setelah kita mencapai kemenangan total atas Hamas dan melalui negosiasi langsung dengan para pihak, negosiasi langsung tanpa prasyarat.”

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) mendengarkan menteri transportasi Yisrael Katz selama rapat kabinet mingguan di kantornya di Yerusalem pada 26 September 2017. Yisrael Katz saat ini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Israel sejak Februari 2019. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) mendengarkan menteri transportasi Yisrael Katz selama rapat kabinet mingguan di kantornya di Yerusalem pada 26 September 2017. (GALI TIBBON / POOL / AFP)

Hasil tersebut dikecam oleh Kementerian Luar Negeri Palestina.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian tersebut menyatakan bahwa keanggotaan penuh Negara Palestina di PBB dan pengakuannya oleh negara-negara lain tidak memerlukan izin dari Netanyahu.

Pemimpin oposisi Israel Yair Lapid mendukung deklarasi tersebut tetapi mengklaim bahwa tindakan tersebut "dipelintir" oleh Netanyahu.

Ia menambahkan: "Tidak ada satu pun pejabat di dunia yang menawarkan pengakuan sepihak atas negara Palestina."

Penjelasan solusi dua negara

Pengakuan resmi Palestina sebagai negara merdeka dikenal sebagai “solusi dua negara”.

Solusi dua negara pertama kali diusulkan pada tahun 1937, yang secara efektif membagi wilayah barat Sungai Yordan menjadi dua negara yang berbeda – satu negara diperintah oleh Israel, yang lainnya oleh Palestina.

Perincian tentang bagaimana wilayah-wilayah ini dibagi-bagi, dan siapa sebenarnya yang berhak mengklaim kepemilikan atas wilayah-wilayah tersebut, menjadi subyek perdebatan.

Sehingga, berbagai pihak selama bertahun-tahun menolak usulan yang mereka anggap tidak masuk akal ini.

Banyak orang di seluruh dunia, termasuk para anggota terkemuka PBB, memandang solusi dua negara sebagai resolusi diplomatik yang paling diinginkan terhadap konflik yang telah berlangsung selama beberapa dekade antara Israel dan Palestina.

“Ada dua orang yang bersaing memperebutkan sebidang tanah kecil yang sama, dan setelah seratus tahun, dan bahkan sebelum itu, banyaknya kekerasan, kebencian, balas dendam, dan ketakutan telah menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada kepercayaan dan kemampuan untuk hidup berdampingan bersama,” kata Eyal Mayroz, dosen senior Studi Perdamaian dan Konflik di Universitas Sydney, kepada SBS News.

“Jadi apa yang Anda lakukan dengan hal itu? Bagi saya, dan bagi banyak orang lainnya, satu-satunya solusi yang layak adalah pemisahan, atau sebisa mungkin menyeluruh, antara kedua belah pihak."

"Setidaknya untuk waktu yang cukup lama hingga luka sembuh dan ada sedikit lebih kepercayaan."

Keengganan Israel terhadap solusi dua negara

Peta wilayah Palestina yang direbut Israel Peta wilayah Palestina yang direbut Israel (Journal of Interdisciplinary Public Policy)

Masalah solusi dua negara, tambah Mayroz, adalah ketidaksepakatan, permusuhan, dan bentrokan yang sedang berlangsung antara kedua belah pihak.

“Sampai saat ini, pemerintahan Israel di bawah Netanyahu, telah melakukan semua yang mereka bisa untuk menghindari dan mencegah pembentukan negara Palestina,” katanya.

Banyak orang di Israel – baik di dalam maupun di luar pemerintahan – kemungkinan besar menentang gagasan untuk meratifikasi perjanjian mengenai negara Palestina sebelum berakhirnya konflik saat ini.

Karena mereka percaya bahwa hal tersebut akan memberi imbalan kepada Hamas atas peristiwa 7 Oktober, menurut Mayroz.

Israel telah membombardir Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan lebih dari 1.200 orang, termasuk sekitar 30 anak-anak dan lebih dari 200 sandera, menurut pemerintah Israel.

Lebih dari 29.195 orang telah terbunuh di Gaza sejak 7 Oktober, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di Gaza.

Meskipun Netanyahu menolak anggapan bahwa pengakuan negara Palestina dapat terjadi melalui pengaruh eksternal, Mayroz berpendapat bahwa tekanan seperti itu diperlukan untuk akhirnya menjadi perantara perjanjian perdamaian.

“Pandangan saya adalah bahwa tidak ada hal lain selain pemaksaan internasional atau eksternal yang sangat kuat dari kedua belah pihak, dan terutama terhadap Israel, yang akan memajukan segala bentuk perundingan perdamaian yang berarti,” katanya.

Prasyarat untuk melakukan hal tersebut, tambahnya, adalah adanya perubahan dalam pemerintahan.

“Jadi perlu ada perubahan signifikan di pihak Palestina, tapi yang jelas terutama di pihak Israel.”

Ran Porat, peneliti di Pusat Peradaban Yahudi Australia di Universitas Monash dan dosen serta analis urusan Israel dan Timur Tengah, mengakui adanya faktor-faktor yang rumit dan dalam banyak kasus yang saling bertentangan.

Namun ia menyebut bahwa siapa pun yang rasional dan tidak ideologis atau ekstremis, menganggap solusi dua negara sebagai prasyarat perdamaian.

"Ini rumit," katanya.

“Tetapi semua kaum moderat memahami bahwa kecuali ada negosiasi, kecuali ada kesepakatan, kecuali ada penerimaan atas keberadaan negara Israel berdampingan dengan negara Palestina, maka konflik ini tidak akan ada solusinya.”

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Editor: Pravitri Retno W

Tag:  #analisis #solusi #negara #israel #palestina #temui #hambatan #lain #alasannya

KOMENTAR