Israel Serang Tempat Penampungan PBB untuk Pengungsi Perang, Tewaskan 7 Orang
Pemandangan dari udara bangunan-bangunan yang hancur dan puing-puing di lingkungan Jabalia setelah serangan udara Israel di Kota Gaza, Gaza, pada 11 Oktober 2023. Pengeboman hebat yang dilakukan oleh pesawat tempur Israel telah mengubah banyak bangunan menjadi puing-puing di lingkungan Jabalia. - Israel menyerang tempat penampungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang digunakan para pengungsi perang, sedikitnya tujuh orang dilaporkan tewas. 
01:30
22 Oktober 2024

Israel Serang Tempat Penampungan PBB untuk Pengungsi Perang, Tewaskan 7 Orang

Israel menyerang tempat penampungan milik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang digunakan para pengungsi perang, sedikitnya tujuh orang dilaporkan tewas.

Para pengungsi yang telah tergusur dari kediaman mereka kembali diperintahkan untuk mengungsi dari kamp pengungsi Jabalia di Gaza utara oleh pasukan Israel.

Sumber di lapangan mengatakan pesawat tanpa awak quadcopter Israel yang dilengkapi pengeras suara memerintahkan keluarga yang terjebak di dalam tempat penampungan tersebut untuk mengungsi.

Begitu orang-orang berkumpul di gerbang depan, tembakan artileri Israel menghantam kerumunan.

Sergapan peluru itu menewaskan sedikitnya tujuh warga Palestina.

Serangan itu menyebarkan banyak ketakutan dan orang-orang kembali ke dalam pusat evakuasi UNRWA.

Militer terus melancarkan serangannya ke Jabalia, Al Jazeera melaporkan.

Kekuatan mematikan digunakan untuk memaksa keluarga-keluarga meninggalkan kamp pengungsi.


Direktur Rumah Sakit Kamal Adwan mengatakan kepada Al Jazeera bahwa stafnya tidak mampu menangani banyaknya korban yang dibawa ke fasilitas yang kewalahan itu.

Iran bantah klaim campur tangan dalam urusan internal Lebanon

Dalam perkembangan lain yang dilaporkan Al Jazeera, Iran membantah tuduhan Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati tentang campur tangan dalam urusan internal Beirut.

“Iran tidak pernah memiliki niat atau (mengambil) tindakan apa pun yang dapat diduga mencampuri urusan internal Lebanon,” kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Esmaeil Baghaei, dalam konferensi pers mingguan.

Tanggapan Baghaei muncul setelah Mikati pada hari Jumat mengatakan komentar seorang pejabat senior Iran bahwa negaranya akan siap membantu "merundingkan" penerapan resolusi PBB tentang Lebanon merupakan "campur tangan terang-terangan dalam urusan Lebanon".

Setidaknya 26 orang tewas di Gaza sejak fajar

Setidaknya 26 orang tewas dalam serangan Israel di Jalur Gaza sejak fajar hari ini, sumber medis di daerah kantong itu mengatakan kepada Al Jazeera.

Di antara 26 orang yang tewas, 18 warga Palestina berada di Jabalia di wilayah Gaza utara yang terkepung, tempat Israel melancarkan pemboman hebat dan serangan darat yang berlangsung selama 17 hari.

Diperkirakan 500 orang tewas dalam pengepungan Israel di Jalur Gaza utara, tempat sekitar 400.000 warga Palestina terjebak. Penduduk mengatakan mereka terputus dari pasokan makanan dan air.

Israel mengebom kelompok keuangan di Lebanon

Serangan udara Israel menghantam asosiasi bisnis Lebanon setelah menuduhnya membiayai senjata Hizbullah.

Di Lebanon selatan, serangan Israel menghantam cabang al-Qard al-Hassan di kota Nabatieh dan Tyre semalam, menurut Kantor Berita Nasional resmi.

Pada hari Senin, militer Israel mengatakan pihaknya melancarkan serangkaian serangan terhadap “puluhan fasilitas dan lokasi” yang digunakan oleh Hizbullah di Beirut dan Lebanon selatan, termasuk cabang lembaga keuangan tersebut.

Perwira senior militer Israel tewas dalam serangan Hamas

Tentara Israel mengonfirmasi tewasnya seorang perwira militer senior yang tewas di Gaza utara dalam serangan Hamas.

"Kolonel Ahsan Daksa, komandan Brigade 401, tewas di daerah Jabalia ketika sebuah alat peledak meledak setelah ia keluar dari tanknya," kata juru bicara militer Daniel Hagari dalam sebuah pengarahan.

Seorang komandan batalion juga terluka parah dalam insiden itu, kata pernyataan militer.

Jumlah korban tewas pasukan Israel kini mencapai 747 sejak 7 Oktober 2023, dengan sedikitnya 4.969 tentara Israel terluka di Gaza.

Utusan khusus AS di Beirut untuk berunding dengan sekutu Hizbullah

Dikutip dari CNN, Utusan AS Amos Hochstein berada di Beirut untuk berunding dengan Nabih Berri, juru bicara parlemen Lebanon dan pemimpin partai Syiah Amal yang bersekutu dengan kelompok militan Hizbullah.

Seorang tokoh kunci dalam negosiasi gencatan senjata antara Hizbullah dan Israel, Berri telah mengadakan pembicaraan dengan Hochstein beberapa kali selama setahun terakhir.

Hochstein adalah orang kepercayaan Presiden AS Joe Biden untuk pembicaraan antara Israel dan Hizbullah tetapi sejauh ini gagal menghentikan eskalasi konflik.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Febri Prasetyo

Tag:  #israel #serang #tempat #penampungan #untuk #pengungsi #perang #tewaskan #orang

KOMENTAR