Mohammad Sinwar Berpeluang Pimpin Hamas Gantikan Yahya Sinwar yang Dibunuh Israel
Mohammad Sinwar (dalam lingkaran merah) saat mengemudi mobil di dalam terowongan bawah tanah Hamas di Gaza. Foto ini ditangkap dari video yang dirilis IDF pada Desember 2023. 
09:00
19 Oktober 2024

Mohammad Sinwar Berpeluang Pimpin Hamas Gantikan Yahya Sinwar yang Dibunuh Israel

Kelompok militan Palestina Hamas kini sedang mencari pemimpin baru untuk menggantikan Yahya Sinwar yang dibunuh Israel. Diantara para kandidat, Mohammad Sinwar, saudara kandung Yahya Sinwar berpeluang mengisi posisi tersebut.

Mohammad Sinwar berpeluang menjadi pemimpin politik baru Hamas dan berbasis di luar Gaza.

Ke depan, Mohammad Sinwar diperkirakan akan mengambil peran lebih besar dalam mengarahkan perang melawan Israel di wilayah tersebut, kata para ahli.

Dalam mencari pemimpin baru, Hamas harus mempertimbangkan tidak hanya preferensi pendukung utama Hamas selama ini, yakni Iran, tetapi juga kepentingan negara Teluk Arab seperti Qatar.

Semua kandidat utama untuk mengambil alih posisi Yahya Sinwar sebagai kepala politbiro Hamas, saat ini tinggal di Qatar.

Yahya Sinwar merupakan arsitek serangan Hamas ke wilayah selatan Israel pada 7 Oktober 2023 yang memicu perang Gaza yang menghancurkan wilayah Gaza sampai saat ini.

Yahya Sinwar dibunuh oleh pasukan Israel dalam baku tembak pada 17 Oktober – kedua kalinya dalam waktu kurang dari tiga bulan Hamas kehilangan pemimpin utamanya.

Pemimpin Hamas sebelumnya, Ismail Haniyeh, dibunuh Israel di Iran pada bulan Juli 2024 tak lama setelah selebrasi Presiden baru Iran. 

Foto mendiang pemimpin gerakan Hamas, Yahya Sinwar yang tewas dibunuh Israel pada Rabu (16/10/2024). Foto mendiang pemimpin gerakan Hamas, Yahya Sinwar yang tewas dibunuh Israel pada Rabu (16/10/2024). (tangkap layar)

Ketika menggantikan posisi Ismail Haniyeh, Yahya Sinwar menggabungkan kepemimpinan militer dan politik di Gaza, tetapi hal itu tampaknya tidak mungkin terjadi kali ini.

Setelah lebih dari setahun serangan ganas Israel yang menghantam Hamas, menewaskan ribuan pejuangnya dan melenyapkan tokoh-tokoh senior baik di dalam maupun di luar Gaza, tidak jelas bagaimana kelompok Islam tersebut akan bangkit dari serangan terbaru ini.

Wakil Sinwar, Khalil Al-Hayya, yang dipandang sebagai calon penggantinya, memberikan pernyataan menantang pada hari Jumat, dengan mengatakan bahwa sandera Israel tidak akan dikembalikan sampai pasukan Israel menarik diri dari Gaza dan perang berakhir.

Hamas memiliki sejarah dalam menggantikan pemimpin-pemimpinnya yang gugur dengan cepat dan efisien, dengan badan pengambil keputusan utama, Dewan Syura, yang ditugaskan untuk menunjuk pemimpin baru.

Dewan Syura mewakili seluruh anggota Hamas di Jalur Gaza, Tepi Barat, penjara-penjara Israel dan diaspora Palestina, yang berarti pemimpin baru harus memiliki wewenang untuk melakukan perundingan gencatan senjata bahkan jika dia tidak berada di Gaza, di mana kelompok bersenjata Hamas masih menahan puluhan orang. sandera Israel.

Selain Hayya, yang merupakan kepala perunding Hamas, calon pemimpin utama lainnya adalah Khaled Meshaal, pendahulu Haniyeh, dan Mohammad Darwish, seorang tokoh yang kurang dikenal yang memimpin Dewan Syura, menurut para analis dan sumber Hamas.

Mantan pemimpin Hamas, Khaled Meshaal, menjadi salah satu kandidat pengganti Yahya Sinwar di kepemimpinan Hamas.
Dalam foto, Khaled Meshaal saat masih menjadi ketua Hamas, memeluk pemimpin senior Hamas Ismail Haniyeh sebelum meninggalkan Jalur Gaza 10 Desember 2012. Mantan pemimpin Hamas, Khaled Meshaal, menjadi salah satu kandidat pengganti Yahya Sinwar di kepemimpinan Hamas. Dalam foto, Khaled Meshaal saat masih menjadi ketua Hamas, memeluk pemimpin senior Hamas Ismail Haniyeh sebelum meninggalkan Jalur Gaza 10 Desember 2012. (REUTERS/Ahmed Jadallah/File)

Hamas perlu memberi tahu Qatar, yang telah memainkan peran utama dalam perundingan gencatan senjata yang sejauh ini tidak membuahkan hasil, dan ibu kota regional lainnya sebelum mengambil keputusan, kata sumber itu.

Berbagi Tugas

Ashraf Aboulhoul, seorang ahli urusan Palestina, memperkirakan tanggung jawab mendiang  Yahya Sinwar akan dibagi menjadi dua peran – yang pertama mengawasi urusan militer dan yang lainnya menjalankan jabatan politik, bertanggung jawab atas kontak internasional dan membentuk kebijakan.

“Iran adalah sekutu terkuat Hamas, yang mendukung kelompok tersebut dengan uang dan senjata, dan restu mereka adalah kunci untuk menentukan siapa yang akan menjadi penerus Sinwar,” kata Aboulhoul, redaktur pelaksana surat kabar milik negara Al-Ahram di Mesir.

Dia memperkirakan Hamas akan tetap berpegang pada tuntutan utama dalam perundingan gencatan senjata di masa depan, terutama agar pasukan Israel menarik diri dari Gaza dan menghentikan perang.

Hamas hari Rabu, 6 Februari 2024 kemarin telah menyampaikan tanggapan balik atas tawaran gencatan senjata dengan Israel di Gaza yang diajukan dua negara mediator, Qatar dan Mesir. Kepada Qatar dan Mesir, Hamas mengajukan proposal tandingan yang menyerukan gencatan senjata 135 hari yang mencakup banyak hal. Hamas kini mencari pemimpin politik baru setelah Israel membunuh pemimpin politik Hamas, Yahya Sinwar. (Majdi Fathi/TPS)

Namun hal ini bisa menunjukkan lebih banyak fleksibilitas dalam beberapa kondisi, seperti rincian kesepakatan pertukaran sandera Israel dengan warga Palestina yang dipenjarakan oleh Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menyatakan pembunuhan Sinwar sebagai sebuah tonggak sejarah namun perang belum berakhir, dan mengatakan pertempuran akan terus berlanjut sampai para sandera dibebaskan.

Hamas didirikan pada tahun 1987 dan merupakan cabang dari gerakan Ikhwanul Muslimin Islam Sunni. Keputusannya biasanya diambil melalui konsensus di lembaga-lembaga Hamas.

Hayya Jadi Pemimpin Hamas Sementara di Gaza

Dengan tewasnya Sinwar, kepemimpinan Hamas di Gaza untuk sementara diserahkan kepada wakilnya yang berbasis di Qatar, Hayya.

Namun kesulitan perang dan komunikasi yang sedang berlangsung mungkin membatasi seberapa banyak kontak sehari-hari yang dapat dilakukan Hayya dengan pasukan di lapangan, sehingga sayap bersenjata – Brigade Qassam – memegang kendali, kata para ahli.

Sumber Hamas mengatakan Hayya diperkirakan tidak akan menghadapi masalah dalam menjalankan perannya sebagai "pemimpin de facto Gaza".

Sumber tersebut mencatat bahwa Hayya telah menjaga hubungan baik dengan sayap militer dan dekat dengan Sinwar dan Haniyeh.

Akram Attallah, seorang analis politik Palestina, mengatakan dia mengharapkan sayap bersenjata menghormati otoritas Hayya – bahkan dari jauh.

Dia juga berharap Mohammad Sinwar akan muncul sebagai tokoh yang lebih penting di sayap bersenjata dan Hamas secara umum.

Seorang komandan veteran Brigade Qassam, Mohammad Sinwar jarang muncul di depan umum, telah lama masuk dalam daftar orang yang paling dicari Israel dan selamat dari beberapa upaya pembunuhan, kata sumber Hamas.

Orang-orang bersenjata yang dipimpin Hamas membunuh 1.200 orang dan menculik 250 lainnya dalam serangan 7 Oktober, menurut penghitungan Israel.

Hal ini memicu serangan Israel yang, menurut otoritas Palestina, telah menewaskan lebih dari 42.000 warga Palestina, menghancurkan Gaza, dan mengusir hampir seluruh penduduknya dari rumah mereka.

Penunjukan Sinwar pada bulan Agustus dipandang sebagai bentuk pembangkangan dan persatuan internal Hamas.

Kedekatannya dengan Iran dipandang sebagai faktor yang mendukung pencalonannya. Darwish dan Hayya juga dipandang dekat dengan Teheran, yang dukungannya sangat penting bagi pemulihan Hamas setelah perang.

Sementara itu, prospek mantan pemimpin terkemuka Hamas, Khaled Meshaal, dikaburkan oleh catatan perselisihannya dengan Teheran setelah ia mendukung pemberontakan yang dipimpin Muslim Sunni pada tahun 2011 melawan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Attallah mengatakan hubungan Hayya dengan Iran memberinya manfaat yang lebih baik dibandingkan Meshaal. Namun jika Iran melunakkan penolakannya terhadap Meshaal, dia mungkin punya peluang, katanya.

Sumber: Reuters

 

 

 

 

Tag:  #mohammad #sinwar #berpeluang #pimpin #hamas #gantikan #yahya #sinwar #yang #dibunuh #israel

KOMENTAR