India Dilaporkan Kirim Bantuan Berupa Drone Pembunuh ke Israel
ILUSTRASI Pemandangan menunjukkan kendaraan udara tak berawak 'Elbit Hermes 900' di Pangkalan Angkatan Udara Palmachim Israel, (5 Juli 2023). (JACK GUEZ/AFP) 
13:40
14 Februari 2024

India Dilaporkan Kirim Bantuan Berupa Drone Pembunuh ke Israel

- Sebuah perusahaan India disebut telah mengirimkan drone 'pembunuh' Hermes 900 ke Israel untuk digunakan dalam perang genosida di Jalur Gaza.

Laporan tersebut, diterbitkan pada awal Februari 2024 oleh situs web terkait pertahanan India, Shephard Media, dan kemudian disadur oleh media lain.

Dalam laporan itu menyatakan bahwa lebih dari 20 UAV Hermes 900 dengan ketinggian menengah, daya tahan lama (MALE) dikirimkan oleh Adani-Elbit Advanced Systems India Ltd ke Israel.

Dukungan militer India untuk Israel datang pada saat beberapa negara Eropa mengatakan bahwa mereka tidak akan mengirimkan senjata ke Israel, karena fakta di lapangan berupa pembunuhan dan cederanya lebih dari 100.000 warga Palestina.

Situs berita India, The Wire melaporkan pada hari Senin (12/2/2024), bahwa laporan tersebut belum diakui secara publik oleh Tel Aviv ataupun New Delhi.

Namun sumber-sumber di Adani, yang berkomunikasi secara rahasia mengonfirmasi kepada The Wire bahwa ekspor senjata dari India ke Israel memang telah terjadi, mengutip Palestine Chronicle.

The Wire mencatat bagaimana ekspor senjata dalam jumlah besar akan bertentangan dengan posisi resmi pemerintah India yang menghendaki gencatan senjata di Gaza sesegera mungkin.

Menurut The Wire, pada tahun 2018, Elbit Systems Israel mengadakan usaha patungan dengan Adani Defense dan Aerospace dengan saham 49 persen dan membuka fasilitas senilai $15 juta di Hyderabad untuk memproduksi UAV (drone) untuk pertama kalinya di luar Israel.

Situs web Shepard Media melaporkan bahwa pesawat-pesawat tak berawak tersebut diserahkan dengan struktur aerostruktur komposit karbon rakitan lengkap yang diproduksi di fasilitas Adani seluas 50.000 kaki persegi di Hyderabad.

Menurut analis pertahanan, drone merupakan pilar utama tentara Israel selama agresi yang sedang berlangsung terhadap Gaza, karena drone digunakan untuk tujuan intelijen dan juga untuk melakukan serangan terhadap warga sipil dan rumah Palestina.

Sementara Hermes 900 adalah 'standar' dalam kategori jarak menengah, daya tahan lama.

Diketahui Hermes 900 juga adalah salah satu dari empat drone pembunuh yang digunakan oleh Israel.

(Tribunnews.com/Garudea Prabawati)

Editor: Whiesa Daniswara

Tag:  #india #dilaporkan #kirim #bantuan #berupa #drone #pembunuh #israel

KOMENTAR