Intel Kiev: Rusia Gunakan Satelit Milik Elon Musk Perangi Ukraina
Ilustrasi Starlink. 
18:20
11 Februari 2024

Intel Kiev: Rusia Gunakan Satelit Milik Elon Musk Perangi Ukraina

Intelijen Ukraina mengonfirmasi kalau pasukan pendudukan Rusia menggunakan sistem komunikasi satelit Starlink-nya SpaceX untuk memerangi pasukan Kiev.

Intelijen Pertahanan Ukraina (DIU) mengungkapkan bahwa Rusia menggunakan Starlink di beberapa kota di Ukraina.

Badan intelijen menyebut tercatat terjadi intersepsi radio terhadap komunikasi Rusia membuktikan bahwa untuk membangun akses ke Internet.

"Mereka menggunakan terminal Starlink. Stasiunnya ada di unit Brigade Serangan Udara Terpisah ke-83 Angkatan Bersenjata Rusia yang beroperasi di Donetsk Oblast dekat pemukiman Klishchiivka dan Andriivka," demikian informasi intelijen yang didapatkan oleh Ukrainska Pravda.

DIU menekankan bahwa skala penggunaan terminal Starlink oleh Rusia dalam perang semakin meningkat dan “menjadi sistemik”.

Belum diketahui bagaimana caranya Rusia bisa menggunakan satelit Starlink itu.

Padahal sang pemilik Starlink, Elon Musk secara terang-terangan membela Ukraina karena dicaplok oleh Rusia.

Bahkan pada awal invasi Rusia, Musk yang juga orang teraya sejagat tersebut membantu Ukraina dengan memberikan layanan satelit internetnya di Ukraina.

Layanan ini memungkinkan tentara Ukraina menggunakan sistem komunikasi tersebut untuk melakukan perang baterai dengan tentara Moskow.

Akan tetapi pada November 2023 lalu, layanan komunikasi tersebut dimatikan. Elon Musk beralasan ia mematikan jaringan komunikasi Starling di Ukraina karena tidak ingin terlibat dengan peperangan.

Musk memperkirakan peperangan bakal membesar.

Saat itu UKraina meminta Starlink memasang jaringan di kota pelabuhan Sevastopol, akan tetapi Elon Musk menolak.

Kiev meminta Starlink mengaktifkan jaringan di area itu pada tahun lalu dalam rangka membantu serangan ke Rusia.

Ia menolak melakukan hal itu karena tahu tujuannya adalah Kiev akan menghancurkan kapal-kapal Rusia di dekat pelabuhan Sevastopol.

"Jika permintaan itu disetujui, maka SpaceX akan eksplisit terlibat dalam perang dan eskalasi konflik," demikian Musk dalam unggahannya di X pada saat itu.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #intel #kiev #rusia #gunakan #satelit #milik #elon #musk #perangi #ukraina

KOMENTAR