Pakar PBB Kecam Serangan Membidik Jurnalis di Gaza, 122 Orang Telah Tewas
Hingga saat ini, lebih dari 122 jurnalis dan pekerja media telah terbunuh di Gaza sejak pecahnya perang antara Israel dengan kelompok militan Palestina Hamas. 
13:20
2 Pebruari 2024

Pakar PBB Kecam Serangan Membidik Jurnalis di Gaza, 122 Orang Telah Tewas

Sejumlah pakar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengutuk segala bentuk serangan mematikan terhadap jurnalis dan pekerja media di Gaza, sembari menyerukan Israel untuk mengizinkan jurnalis memasuki wilayah yang terkepung dan memastikan perlindungan mereka.

Para ahli yang bekerja untuk PBB menggambarkan perang di Gaza sebagai “konflik paling berbahaya bagi jurnalis dalam sejarah terkini”.

Para ahli tersebut antara lain Irene Khan, pelapor PBB untuk kebebasan berekspresi; Francesca Albanese, pelapor PBB untuk Palestina; dan Morris Tidball-Binz, pelapor PBB untuk pembunuhan di luar proses hukum.

“Kami telah menerima laporan-laporan yang meresahkan bahwa, meskipun mereka dapat diidentifikasi dengan jelas menggunakan jaket dan helm bertanda 'pers' atau bepergian dengan kendaraan pers yang diberi tanda jelas, para jurnalis telah diserang, yang tampaknya menunjukkan bahwa pembunuhan, cedera, dan penahanan adalah sebuah tindakan yang tidak manusiawi,” kata para ahli tersebut.

“Ini merupakan strategi yang disengaja oleh pasukan Israel untuk menghalangi media dan membungkam pemberitaan kritis,” sambungnya.

Hingga saat ini, lebih dari 122 jurnalis dan pekerja media telah terbunuh di Gaza sejak pecahnya perang antara Israel dengan kelompok militan Palestina Hamas.

Empat jurnalis Israel tewas dalam serangan 7 Oktober 2023, dan tiga jurnalis Lebanon tewas dalam penembakan Israel, menurut laporan PBB.

“Kami memberikan penghormatan khusus kepada keberanian dan ketangguhan para jurnalis dan pekerja media di Gaza yang terus mempertaruhkan nyawa mereka setiap hari dalam menjalankan tugas, sembari juga menanggung kesulitan besar dan kehilangan tragis rekan kerja, teman, dan keluarga di Gaza,” kata para ahli.

Sebelumnya, kelompok kebebasan pers telah memperingatkan tentang adanya penargetan terhadap jurnalis di Gaza.

Selain pembunuhan terhadap jurnalis, pekerja media di wilayah pendudukan Palestina juga menjadi sasaran serangan dan tindakan keras yang meningkat oleh Israel selama beberapa bulan terakhir.

Menurut Komite Perlindungan Jurnalis, sebuah badan pengawas yang berbasis di New York, 25 jurnalis telah ditangkap di Israel dan wilayah Palestina sejak 7 Oktober 2023.

"Sementara yang lainnya mengalami serangan, ancaman, serangan siber, dan sensor," kata komite tersebut.

Editor: Seno Tri Sulistiyono

Tag:  #pakar #kecam #serangan #membidik #jurnalis #gaza #orang #telah #tewas

KOMENTAR