China Melobi Iran Jinakkan Pemberontak Houthi di Laut Merah, Serangan Mereka Risaukan Beijing
Anggota kelompok militan Houthi berpatroli di Laut Merah dan menunjukkan solidaritasnya terhadap warga Gaza, 4 Januari 2024. Serangan AS terhadap Houthi kebanyakan mengalami kegagalan. 
11:10
26 Januari 2024

China Melobi Iran Jinakkan Pemberontak Houthi di Laut Merah, Serangan Mereka Risaukan Beijing

– Pemerintah China melobi Iran agar membantu menjinakkan serangan kelompok Houthi terhadap kapal-kapal niaga di Laut Merah.

“Jika kepentingan kami dirugikan, hal itu akan berdampak pada bisnis kami dengan Iran. Jadi, beri tahu Houthi untuk menahan diri'," kata seorang pejabat China tanpa disebutkan namanya.

Meski begitu, para pejabat China tidak memberikan komentar atau ancaman spesifik apa pun tentang bagaimana hubungan perdagangan Beijing dengan Iran dapat terpengaruh jika kepentingannya dirusak oleh serangan Houthi.

Di sisi lain, seorang pejabat Iran mengatakan Beijing akan sangat kecewa dengan Teheran jika ada kapal China yang terkena serangan Houthi.

“China merupakan salah mitra terbaik kami dan negara-negara Timur Tengah lain. Oleh karena itu kami akan berusaha menjaga hubungan baik dengan mereka,” kata pejabat Iran.

Sementara itu, Juru bicara Houthi Mohammed Abdulsalam mengatakan Iran hingga saat ini belum menyampaikan pesan apa pun dari China tentang pengurangan serangan.

“Mereka tidak akan memberi tahu kami mengenai permintaan seperti itu, terutama karena posisi Iran adalah mendukung Yaman. Iran mengutuk serangan Amerika-Inggris di Yaman, dan menganggap posisi Yaman terhormat dan bertanggung jawab,” katanya.

Namun, belum diketahui apakah Iran akan mengambil tindakan lebih lanjut setelah diskusi dengan China.

China Punya Pengaruh Besar Terhadap Iran

Sebagaimana diketahui, China merupakan salah satu dari sedikit negara yang mampu menyediakan investasi miliaran dolar yang dibutuhkan Iran untuk mempertahankan kapasitas sektor minyaknya dan menjaga perekonomiannya tetap bertahan.

Pengaruh China untuk Iran juga terlihat ketika Beijing memfasilitasi kesepakatan antara Iran dan Arab Saudi untuk mengakhiri permusuhan selama bertahun-tahun.

Dua sumber Iran mengatakan meskipun pengaruh Beijing tidak dapat diabaikan, Teheran memiliki prioritas lain yang perlu dipertimbangkan dan keputusannya dibentuk oleh berbagai faktor yang saling memengaruhi dan kompleks.

“Aliansi dan prioritas regional serta pertimbangan ideologis berkontribusi signifikan terhadap keputusan Teheran,” kata sumber itu.

Editor: Choirul Arifin

Tag:  #china #melobi #iran #jinakkan #pemberontak #houthi #laut #merah #serangan #mereka #risaukan #beijing

KOMENTAR