Pesaing Berat Donald Trump di Partai Republik Mundur dari Pencalonan Calon Presiden
Gubernur Florida Ron DeSantis Pesaing Donald Trump mundur dari Capres AS. (Los Angeles Times)
17:33
23 Januari 2024

Pesaing Berat Donald Trump di Partai Republik Mundur dari Pencalonan Calon Presiden

Ron DeSantis yang pernah dianggap sebagai kandidat terbaik dari Partai Republik untuk mengalahkan Donald Trump, mengundurkan diri dari pemilihan pendahuluan kandidat capres pada Minggu (21/1).

Pada awal tahun 2023, DeSantis sempat memimpin beberapa jajak pendapat untuk kandidat capres dari Republik. Mereka yang mendukung gubernur Florida itu adalah penentang Donald Trump.

Namun dukungan terhadap DeSantis telah menurun selama beberapa bulan, karena strategi kampanyenya dan sikapnya yang kurang nyaman dengan para pemilih yang mengikuti kampanye.



Sebaliknya Donald Trump memegang kendali yang tak tergoyahkan di sebagian besar basis partai.

Berakhirnya pencalonan DeSantis berarti bahwa mantan Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley kini menjadi kandidat Partai Republik terakhir yang memiliki peluang maju dan berhadapan dengan Donald Trump.

Dilansir dari Washington Post pada Selasa (23/1), Pemenang persaingan capres dari Partai Republik akan menghadapi Presiden Joe Biden, yang kemungkinan besar akan menjadi calon dari Partai Demokrat dalam Pilpres Amerika Serikat pada November mendatang.



Lebih dari 70 persen anggota Partai Republik memiliki opini positif terhadap Donald Trump. Demikian menurut sebagian besar hasil jajak pendapat.

Hal ini menempatkan DeSantis pada posisi ia harus menarik pemilih yang masih mengagumi Donald Trump, serta mereka yang sangat tidak menyukainya.

DeSantis gagal dalam kedua hal tersebut. Dia tidak pernah berhasil menarik simpati sebagian besar pendukung Trump.



Sedangkan anggota Partai Republik yang ingin menyingkirkan mantan Presiden AS tersebut membagi suara mereka di antara banyak kandidat.

Haley khususnya telah muncul sebagai favorit di kalangan Partai Republik moderat seiring dengan konsolidasinya.

Ketika DeSantis berbeda dengan Donald Trump dalam hal kebijakan, DeSantis hampir selalu mengambil posisi yang lebih konservatif. Dia menandatangani larangan aborsi di Florida pada April 2023 lalu.



DeSantis juga menentang bantuan militer tambahan Amerika Serikat ke Ukraina dan mengambil tindakan hukuman terhadap Walt Disney Co setelah perusahaan tersebut menentang undang-undang Florida yang membatasi diskusi tentang gender dan seksualitas di ruang kelas.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #pesaing #berat #donald #trump #partai #republik #mundur #dari #pencalonan #calon #presiden

KOMENTAR