Warga Malaysia Bersikeras Batik Berasal dari Malaysia di Hadapan Youtuber Speed, Warganet Geram  
Momen Youtuber Speed menanyakan asal batik. (Tangkapan layar YouTube Speed)
12:21
18 September 2024

Warga Malaysia Bersikeras Batik Berasal dari Malaysia di Hadapan Youtuber Speed, Warganet Geram  

 

Baru-baru ini, Speed kembali menjadi sorotan warganet setelah sebuah video viral memperlihatkan dirinya menerima hadiah batik dari seorang penggemar yang diduga berasal dari Malaysia.

IShowSpeed, atau yang sering disebut Speed, adalah seorang YouTuber dari Amerika Serikat. Selain aktif sebagai YouTuber, ia juga dikenal sebagai penyanyi di dunia maya.

Pria berusia 19 tahun ini sangat piawai dalam bermain game, seperti Fortnite, FIFA, dan Roblox. Namanya mulai dikenal luas di internet setelah klip dari siaran langsungnya menarik perhatian.

Bahkan, pada tahun 2022, Speed meraih penghargaan ‘Breakout Streamer of the Year’ di Streamy Awards ke-12.

Saat Speed berkunjung ke Malaysia, ia sempat terlihat mengenakan batik ketika menaiki taksi. Namun, yang membuat warganet geram adalah ketika pemandu wisatanya mengklaim bahwa batik berasal dari Malaysia.

Dikutip dari video yang diunggah di akun youtube @Dapudspy, Rabu (18/9) Speed menyebut bahwa ia sempat mencari tahu asal usul batik melalui pencarian Google.

"Batik is from Indonesia, where is batik from?" tanya Speed, sebelum akhirnya menemukan bahwa batik berasal dari Indonesia.

Namun, sopir taksi yang bersamanya bersikeras bahwa batik berasal dari Malaysia. "Batik is from Malaysia, batik is Malaysian," kata sang sopir.

Meski Speed telah menemukan bahwa batik berasal dari Indonesia, khususnya Jawa, sopir taksi tetap mengklaim bahwa batik adalah warisan Malaysia.

Unggahan tersebut segera menuai berbagai respons dari warganet. Beberapa warganet berkomentar bahwa penggemar tersebut sengaja memberikan batik untuk memprovokasi warga Indonesia.

Ada juga yang menjelaskan bahwa istilah ‘batik’ berasal dari bahasa Jawa, di mana ‘amba’ berarti menulis dan ‘nitik’ berarti titik, menegaskan bahwa batik adalah budaya asli Jawa.

Komentar lain menyindir bahwa ini adalah contoh lain dari Malaysia yang sering mengklaim budaya negara lain.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #warga #malaysia #bersikeras #batik #berasal #dari #malaysia #hadapan #youtuber #speed #warganet #geram

KOMENTAR