Netanyahu Bantah Berunding dengan Gideon Saar di Tengah Isu Pemecatan Gallant
Menteri Keamanan Gallant, PM Israel Netanyahu dan Gideon Sa'ar 
10:50
17 September 2024

Netanyahu Bantah Berunding dengan Gideon Saar di Tengah Isu Pemecatan Gallant

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membantah dengan tegas terkait perundingan dengan anggota parlemen oposisi Gideon Saar.

"Laporan tentang masalah negosiasi dengan Gideon Saar tidak benar," kata kantor Netanyahu, dikutip dari Al-Arabiya.

Sebelumnya, media Israel menyebarkan informasi bahwa Perdana Menteri pendudukan Israel Benjamin Netanyahu berusaha memberhentikan Menteri Keamanan Yoav Gallant.

Alasan pemecatan Gallant lantaran menghalangi perluasan serangan ke Lebanon.

Media tersebut diketahui juga mengklaim bahwa Israel akan menggantikan posisi Gallant dengan Gideon Sa'ar dalam waktu satu jam.

Meski saat ini, Netanyahu dan Gallant sedang berselisih, PM Israel tersebut tidak membahas sama sekali tekait rencana pemecatan Gallant.

Sementara itu, Sa'ar yang dulu sempat bergabung dengan koalisi partai Likuid pada bulan Juli memberikan tanggapan atas rumor tersebut.

Ketika ditanya pada saat itu apakah ia bersedia menjabat sebagai menteri pertahanan di pemerintahan saat ini, Sa'ar tampak mengisyaratkan bahwa ia akan mempertimbangkan pilihan tersebut, dikutip dari The Times of Israel.

Namun dengan tegas ia tidak ingin terikat dalam permasalahan tersebut.

Sementara itu, partai Likuid menggarisbawahi bahwa pilihan yang ada dalam menggantikan Gallant adalah mengangkat Sa'ar sebagai menteri keamanan atau sebagai menteri luar negeri menggantikan Yisrael Katz yang akan menjadi menteri keamanan.

Menurut mereka opsi pertama memiliki peluang yang jauh lebih tinggi.

Meski telah mendapat jawaban dari Sa'ar, partai Likuid menegaskan mereka masih menginginkan Sa'ar untuk memperluas pemerintahan.

Tidak hanya itu, partai Likuid juga menganggap menyingkirkan Gallant akan menyelesaikan masalah wajib militer dengan kaum Haredim (Yahudi ultra-Ortodoks), dikutip dari Al Mayadeen.

Para pejabat mengindikasikan bahwa pemerintah yakin pendekatan keamanan Sa'ar lebih dekat dengan sebagian besar komponen pemerintah dibandingkan dengan Gallant.

Tak Terima Gallant Diganti dengan Sa'ar

Berbeda dengan kabar yang beredar, Forum Sandera dan Keluarga Hilang milik pendudukan Israel dengan tegas menolak penggantian Gallant.

Menurut mereka, apabila Sa'ar menjadi Menteri Kemanan menggantikan Gallant maka tidak akan membuat sandera bebas.

"Pengangkatan Gideon Sa'ar sebagai Menteri Keamanan merupakan pengakuan yang jelas dan tegas dari Netanyahu bahwa ia telah memutuskan untuk meninggalkan para sandera secara definitif," dalam pernyataan mereka.

Sementara itu, pemimpin Partai Kubu Negara Benny Gantz menilai Netanyahu terlalu sibuk dengan kepentingan politik.

Alih-alih membebaskan sandera, Netanyahu dianggap sengaja mengganti Menteri Keamanan hanya untuk pengaturan politik picik.

"Masalah ini mencerminkan penilaian yang buruk dan serangkaian prioritas yang menyimpang dari Netanyahu," tegas Gantz.

(Tribunnews.com/Farrah Putri)

Artikel Lain Terkait Benjamin Netanyahu dan Yoav Gallant

Editor: Tiara Shelavie

Tag:  #netanyahu #bantah #berunding #dengan #gideon #saar #tengah #pemecatan #gallant

KOMENTAR