Undang-undang Anti-Pencucian Uang Singapura Incar Gembong Kejahatan Lingkungan
Menteri Pembangunan Digital dan Informasi Josephine Teo. 
11:20
15 September 2024

Undang-undang Anti-Pencucian Uang Singapura Incar Gembong Kejahatan Lingkungan

  Parlemen Singapura baru saja mengesahkan rancangan undang undang (RUU) baru yang memungkinkan pihak berwenang untuk menyelidiki keuntungan ilegal dari sejumlah pelanggaran lingkungan hidup yang serius seperti pembalakan liar, pertambangan dan perdagangan limbah.

RUU ini diloloskan menjadi undang undang di Agustus 2024 dan menunjukkan perluasan kekuasaan yang signifikan di bidang penegakan hukum di bidang lingkungan.

Sebelumnya, pihak berwenang hanya dapat melacak dana tercemar yang berasal dari kejahatan lingkungan hidup di luar negeri jika dana tersebut juga merupakan pelanggaran serius berdasarkan hukum Singapura, seperti perdagangan satwa liar.

Menteri Pembangunan Digital dan Informasi Josephine Teo mengatakan kepada Parlemen, pihak berwenang Singapura selama ini menghadapi keterbatasan dalam menyelidiki pembalakan liar, pertambangan dan perdagangan limbah karena hal-hal tersebut tidak dapat diterapkan dalam konteks Singapura.

Namun karena kejahatan-kejahatan ini merupakan penyumbang terbesar terhadap kegiatan kejahatan terorganisir transnasional di kawasan Asia Timur dan Pasifik, ada kemungkinan besar dana dari kejahatan-kejahatan tersebut mengalir ke Singapura, kata Ibu Teo, yang juga merupakan Menteri Kedua Dalam Negeri.

Laporan tahun 2021 oleh Financial Action Task Force (FATF), sebuah badan pengawas kejahatan keuangan global, mengatakan bahwa pelanggaran lingkungan menghasilkan keuntungan kriminal hingga $365 miliar setiap tahunnya. Dari angka tersebut, 66 persen berasal dari kejahatan kehutanan, penambangan liar, dan perdagangan limbah.

Ketika ditanya apa yang mendorong undang-undang baru ini, Kementerian Dalam Negeri (MHA) mengatakan. “Sebagai anggota komunitas internasional yang bertanggung jawab, kita perlu melakukan bagian kita untuk membantu mengatasi masalah global ini. Amandemen legislatif akan memungkinkan kita melakukan hal tersebut.”

Thong Chee Kun, partner dan salah satu kepala praktik penipuan, pemulihan aset, dan investigasi di firma hukum Rajah and Tann, mengatakan cakupan undang-undang yang diperluas memungkinkan kerja sama yang lebih besar dengan mitra asing, yang dapat mengakibatkan penuntutan baik di Singapura maupun di luar negeri. .

Selain itu, dengan pelanggaran perdagangan satwa liar yang terdaftar sebagai pelanggaran serius berdasarkan Undang-Undang Kejahatan Terorganisir mulai tanggal 30 Agustus, pelanggar dapat menerima hukuman yang lebih berat hingga 20 tahun penjara dan hasil haram mereka akan disita.

MHA mengatakan meskipun kasus-kasus sebelumnya tidak menunjukkan kaitan dengan kelompok kejahatan terorganisir di Singapura, perubahan undang-undang ini akan menghalangi para penjahat untuk memperdagangkan satwa liar di sini.

Kelompok lingkungan hidup menekankan bahwa mengejar uang sebagai langkah penting dalam membendung kejahatan lingkungan.

Katarzyna Henn, asisten direktur pasar gelap di Interpol, mengatakan bahwa penanganan pencucian uang menargetkan hal yang paling dipedulikan oleh para penjahat lingkungan yakni keuntungan mereka.

“Pencucian uang adalah sumber kehidupan jaringan kejahatan lingkungan, karena memungkinkan mereka untuk mengintegrasikan pendapatan ilegal ke dalam perekonomian. Tanpa akses terhadap mekanisme keuangan yang canggih, kemampuan pelaku kejahatan untuk mendapatkan keuntungan dari kejahatan tersebut akan sangat terhambat," ujarnya.

Kanitha Krishnasamy, direktur pengawas perdagangan satwa liar, Traffic di Asia Tenggara, mengatakan bahwa mengikuti jejak uang sangat penting untuk memperkirakan jumlah uang yang dihasilkan oleh aktivitas kriminal sebagai dasar untuk pemulihan aset.

Dalam laporannya pada tahun 2021, FATF meminta negara-negara untuk menilai risiko pencucian uang mereka terkait kejahatan lingkungan.

Singapura pertama kali menerbitkan penilaian risiko nasional kejahatan lingkungan pencucian uang pada bulan Mei, yang menurut Genevieve Pang, pengacara dari Shook Lin dan Bok, tampaknya dilakukan agar negara tersebut sejalan dengan standar FATF.

Sumber: The Straits Times

Tag:  #undang #undang #anti #pencucian #uang #singapura #incar #gembong #kejahatan #lingkungan

KOMENTAR