Para Pemukim di Israel Kembali Berunjuk Rasa, Keluarga Sandera Kembali Blokir Jalan Utama Tel Aviv
Foto kolase keluarga sandera yang melakukan protes kepada Benjamin Netanyahu. 
22:40
13 September 2024

Para Pemukim di Israel Kembali Berunjuk Rasa, Keluarga Sandera Kembali Blokir Jalan Utama Tel Aviv

Para pemukim Israel kembali berunjuk rasa, menuntut kesepakatan pertukaran sandera Israel dengan Hamas.

Keluarga tawanan di Gaza kembali turun ke jalan, memblokir jalan utama di Tel Aviv.

Keluarga tawanan Israel yang ditahan di Gaza dan pendukung mereka telah memblokir Jalan Namir di Tel Aviv.

Mereka menyerukan kepada pemerintah pendudukan Israel untuk menyelesaikan perjanjian guna menjamin pembebasan tawanan, The Times of Israel melaporkan pada hari Jumat.

Situs berita tersebut menyebutkan bahwa para pengunjuk rasa mengecat pita kuning di sepanjang jalan dan meneriakkan, "Mengapa mereka masih di Gaza?" mengacu pada tawanan yang ditahan oleh Perlawanan Palestina di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Kemudian, polisi Israel tiba di tempat kejadian dan berusaha membubarkan para demonstran, menurut The Times of Israel .

Dalam konteks terkait, Saluran 12 Israel melaporkan bahwa keluarga prajurit tawanan Matan Angrest akan merilis rekaman audio dirinya dari penahanan selama demonstrasi di Tel Aviv pada tanggal 14 September.

Beberapa hari yang lalu, sebuah sumber dalam Perlawanan Palestina mengatakan kepada Al Mayadeen bahwa para mediator telah menyampaikan kepada Perlawanan bahwa Amerika Serikat tidak dapat mengajukan proposal yang dapat diterima oleh "Israel" dan Hamas.

Menurut sumber tersebut, "Israel" menekan pemerintah AS agar tidak menawarkan proposal gencatan senjata kepada Hamas tanpa persetujuannya, dan bersikeras agar Washington menghilangkan ketentuan apa pun seperti "gencatan senjata permanen" atau "penarikan penuh" Jalur Gaza dari perjanjian tersebut.

Presiden AS Joe Biden sebelumnya mengatakan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu "tidak melakukan upaya yang cukup" untuk mencapai kesepakatan pembebasan tawanan Israel yang ditahan di Gaza.

Sementara itu, media Israel mengutip sumber yang mengetahui negosiasi tersebut yang mengatakan bahwa "Netanyahu lebih mengutamakan melanjutkan perang" daripada membebaskan para tawanan.

Tuntutan baru Netanyahu untuk membawa perundingan kembali ke titik awal: pejabat Hamas

Yang terbaru, seorang anggota biro politik Hamas, Izzat al-Rishq, menegaskan bahwa kecuali tekanan diberikan kepada Perdana Menteri Israel untuk mematuhi persyaratan yang disepakati mengenai kesepakatan pertukaran tahanan, para tawanan Israel tidak akan melihat cahaya matahari .


Al-Rishq menyatakan bahwa "semua orang tahu bahwa Netanyahu dan pemerintahan Nazi-nya adalah pihak yang menghalangi perjanjian tersebut."

Ia menekankan bahwa tuntutan Perlawanan Palestina jelas dan tidak dapat dinegosiasikan: penghentian permanen agresi Israel terhadap Gaza dan penarikan penuh pasukan pendudukan Israel dari Jalur Gaza.

Pejabat Hamas memperingatkan agar tidak mempertimbangkan persyaratan baru Netanyahu sebagai dasar negosiasi, karena ini akan membawa pertukaran tahanan dan perundingan gencatan senjata kembali ke titik awal.

Minggu lalu, seorang pemimpin tingkat tinggi dalam Perlawanan Palestina mengonfirmasi kepada Al Mayadeen bahwa Koridor Philadelphia tetap menjadi hambatan utama dalam mencapai kesepakatan gencatan senjata di Jalur Gaza dan kesepakatan pertukaran tahanan.

Pemimpin itu menambahkan bahwa pendudukan Israel bersikeras tidak menarik diri dari Koridor selama tahap pertama perjanjian, dan bermaksud untuk menunda penarikan ke tahap kedua.

Ia juga mencatat bahwa Hamas memberi tahu para mediator tentang penolakan tegasnya untuk mengizinkan pasukan pendudukan tetap berada di wilayah tersebut selama 42 hari awal perjanjian.

Tidak ada terowongan perlawanan yang aktif di Koridor Philadelphia: media Israel
Salah satu poin pertikaian yang signifikan adalah tuntutan Netanyahu agar Israel mengambil alih kendali militer atas Koridor Philadelphia di perbatasan antara Jalur Gaza dan Mesir.

Koridor Philadelphia mencakup perbatasan Rafah dengan Mesir yang sangat penting untuk pengiriman bantuan. Koridor ini membentang sepanjang 12,6 kilometer dari perbatasan Karem Abu Salem hingga Laut Mediterania.

Perdana Menteri Israel mengklaim Koridor itu penting untuk operasi Hamas dan bersikeras mempertahankan kehadiran militer di sana sebagai bagian dari perjanjian apa pun.

Namun media Israel melaporkan pada hari Minggu, mengutip sumber dalam militer pendudukan Israel, bahwa tidak ada terowongan aktif milik Perlawanan Palestina di Koridor tersebut.

Komentator keamanan dan militer untuk Channel 12 Israel , Amir Bar-Shalom, mengungkapkan bahwa militer Israel "mengatakan mereka mampu untuk menarik diri dari Koridor Philadelphia."

Ia juga menyebutkan bahwa ia berkonsultasi dengan beberapa sumber militer, bertanya kepada mereka, "Apakah ada terowongan [Perlawanan] yang aktif di Koridor Philadelphia?" Respons yang konsisten adalah, "Tidak."


SUMBER: AL MAYADEEN

Tag:  #para #pemukim #israel #kembali #berunjuk #rasa #keluarga #sandera #kembali #blokir #jalan #utama #aviv

KOMENTAR