Mengenal Drone Naga, Senjata Terbaru Ukraina Melawan Rusia di Medan Perang
Drone Naga yang dipakai Ukraina perang melawang Rusia. /Youtube 
16:50
10 September 2024

Mengenal Drone Naga, Senjata Terbaru Ukraina Melawan Rusia di Medan Perang

Ukraina memperkenalkan senjata pembakar yang belum banyak diketahui.

Senjata terbaru ini digunakan untuk menangkis invasi Rusia dalam perang yang sedang berlangsung.

Ini adalah pesawat tanpa awak yang “menyemburkan api” yang mengingatkan kita pada naga.

Pada Rabu (4/9/2024) lalu, Kementerian Pertahanan Ukraina mengunggah video di platform media sosial X yang menunjukkan pesawat tak berawak Ukraina menjatuhkan hujan yang tampak seperti api ke hutan tempat pasukan Rusia.

Meski sebenarnya itu logam cair.

“Sebuah pesawat tak berawak naga menuju Kharkiv”, demikian bunyi postingan dari kementerian tersebut, merujuk pada kota terbesar kedua di Ukraina, yang telah menjadi target pengeboman berulang kali oleh Rusia.

Para analis mengatakan senjata ini merupakan pengenalan baru dan inovatif dari senjata kuno ke dalam strategi militer Ukraina yang telah menunjukkan peningkatan kemahirannya dalam menggunakan pesawat nirawak kecil.

Berikut ini hal-hal yang perlu diketahui tentang drone naga ini :

Terbuat dari apakah 'drone naga'?

Drone naga membawa zat yang disebut termit.

Campuran tersebut terbuat dari bubuk logam – paling sering aluminium – dan bubuk oksida besi atau karat.

Termit tidak mudah meledak, tetapi menghasilkan panas pada suhu yang sangat ekstrem – lebih dari 2.200 derajat Celsius (4.000 derajat Fahrenheit)  sehingga dapat membakar dan merusak hampir semua material – pakaian, pohon dan dedaunan, bahkan kendaraan militer.

Termit juga dapat terbakar di bawah air.

Bila digunakan pada manusia, senjata ini bisa berakibat fatal atau menyebabkan luka bakar parah dan kerusakan tulang.

Senjata ini juga dapat menyebabkan masalah pernapasan dan trauma psikologis bagi korban.

Menggabungkan thermite dengan drone berpresisi tinggi yang dapat menerobos pertahanan tradisional menjadikan drone naga “sangat efektif” dan “berbahaya”, menurut organisasi advokasi antiperang yang berbasis di Inggris, Action on Armed Violence (AOAV).

Drone Naga cenderung terbang rendah karena termit lebih efektif saat berada dalam kontak dekat dengan target.

Selain menghasilkan kerusakan yang signifikan, senjata tersebut juga kemungkinan membantu unit Ukraina dalam misi pengintaian.

Dengan tutupan dedaunan yang terbakar, kampanye pengeboman lanjutan kemungkinan akan lebih tepat sasaran, kata para analis.

Beberapa drone diyakini dikembangkan oleh perusahaan rintisan Ukraina Steel Hornets , produsen sistem senjata nirawak swasta.

Produk termit perusahaan tersebut mencakup senjata ringan yang diklaim dapat membakar logam setebal 4 mm dalam waktu kurang dari 10 detik.

Militer Amerika Serikat juga memproduksi granat termit, tetapi meskipun Washington adalah pemasok utama senjata ke Ukraina, tidak jelas apakah AS memasok senjata kelas termit ke Kyiv.

Apakah penggunaan thermite legal?

Efek merusak termit serupa dengan zat pembakar lainnya seperti fosfor putih dan napalm, yang dirancang untuk menyebabkan kerusakan melalui luka bakar atau cedera pernapasan.

Tidaklah ilegal untuk menggunakan senjata seperti pesawat nirawak naga pada target militer dalam peperangan.

Akan tetapi, menggunakan senjata pembakar pada warga sipil adalah melanggar hukum internasional.

Menggunakannya pada target militer di dalam wilayah berpenduduk atau di wilayah hutan juga ilegal – kecuali jika penutup hijau tersebut diyakini menyembunyikan objek militer.

Secara umum, penggunaan zat-zat ini tidak dianjurkan karena kebakaran yang ditimbulkannya sulit dipadamkan, dan dapat memengaruhi warga sipil sekaligus menyebabkan kerusakan lingkungan besar-besaran, menurut Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Urusan Perlucutan Senjata.

Unit Ukraina sejauh ini telah menggunakan termit pada target militer, catat AOAV.

Unit-unit Rusia juga tampaknya telah menggunakan zat tersebut. Zat tersebut kemungkinan digunakan pada bulan Maret 2023 terhadap sasaran-sasaran sipil di kota Vuhledar di Ukraina timur, menurut AOAV.

Bom termit “sangat berbahaya” karena efeknya sulit dibendung, bahkan ketika menargetkan posisi militer, tidak seperti senjata konvensional, kata AOAV, yang memperingatkan bahwa penggunaan termit harus dihentikan.

"Penggunaan bom termit secara meluas meningkatkan kemungkinan senjata ini digunakan di daerah berpenduduk," kata direktur AOAV Iain Overton dalam sebuah pernyataan. "Hasilnya bisa sangat buruk, dengan cedera yang mengerikan dan hilangnya nyawa di antara warga sipil."

Apakah termit pernah digunakan dalam senjata di masa lalu?

Ya – ini bukan pertama kalinya negara yang sedang berperang menggunakan zat tersebut.

Zeppelin Jerman menjatuhkan bom bermuatan termit selama Perang Dunia I. Serangan udara tersebut dianggap sebagai inovasi pada saat itu. Serangan tersebut juga sering meleset dari sasaran dan menyebabkan banyak korban sipil.

Selama Perang Dunia II, Jerman dan Sekutu menggunakan bom udara termit untuk menghancurkan kendaraan militer satu sama lain.

Zat ini ditemukan oleh ahli kimia Jerman Hans Goldschmidt pada tahun 1893 dan dipatenkan pada tahun 1895. Penggunaan komersial pertamanya adalah di kota Essen, Jerman, tempat para pekerja konstruksi menggunakan termit untuk mengelas rel trem.

Apakah drone naga benar-benar penting sebagai senjata?

Ketakutan terhadap api cair yang jatuh dari langit setiap saat kemungkinan besar akan menyebabkan kerusakan psikologis yang lebih besar pada musuh daripada kehancuran fisik, kata beberapa ahli.

“Ini adalah perubahan baru dalam ketakutan terhadap pesawat tanpa awak,” tulis pakar sejarah militer yang bermarkas di Finlandia, Emil Kastehelmi, di X, seraya menambahkan bahwa dampaknya “mengerikan”.

“Bayangkan: tiba-tiba, api mulai turun dari langit, dan tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk menghentikannya. Anda tidak dapat memadamkannya dengan air. Rekan-rekan Anda berteriak, terperangkap dalam api, seperti obor manusia.”

Namun, Ukraina tampaknya memiliki kemampuan termit yang terbatas saat ini, analis tersebut menambahkan, jadi tidak jelas seberapa banyak Kyiv dapat — atau berencana untuk — menggunakannya sebagai senjata utama.

Beberapa pakar meyakini Rusia juga dapat meningkatkan penggunaan pesawat tanpa awak naga jika terbukti efektif di Ukraina.

Sumber: Al Jazeera

Tag:  #mengenal #drone #naga #senjata #terbaru #ukraina #melawan #rusia #medan #perang

KOMENTAR