Makin Mesra, Tiongkok dan Rusia Gelar Latihan Militer di Laut Jepang
Presiden Rusia Valdimir Putin memantau latihan militer Vostok 2018 di Siberia Timur,Rusia, Kamis (13/9).[AFP/Alexey NIKOLSKY]
15:32
9 September 2024

Makin Mesra, Tiongkok dan Rusia Gelar Latihan Militer di Laut Jepang

Tiongkok mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan latihan militer gabungan dengan Rusia pada bulan ini. Latihan tersebut akan digelar guna memperkuat hubungan kedua negara di tengah ketegangan global.

Latihan yang dijuluki "North-Joint 2024" ini akan melibatkan angkatan laut dan udara dari kedua negara, berlangsung di wilayah udara dan perairan sekitar Laut Jepang dan Laut Okhotsk, yang terletak di lepas pantai Rusia.

Kementerian Pertahanan Tiongkok menyatakan bahwa tujuan latihan ini adalah untuk memperdalam kerja sama strategis antara militer Tiongkok dan Rusia, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi ancaman keamanan bersama.
Selain itu, kedua negara juga akan melakukan patroli maritim di Samudra Pasifik, dan Tiongkok akan berpartisipasi dalam latihan strategis Rusia lainnya yang disebut "Ocean-2024."

Meskipun tidak ada tanggal pasti yang diberikan untuk latihan tersebut, pengumuman ini datang di tengah meningkatnya kerja sama militer antara kedua negara.

Baca Juga: Terlalu Banyak Gigi Dicabut Sekaligus, Pria Lanjut Usia Meninggal Misterius

Pada bulan Juli lalu, mereka juga menggelar latihan gabungan di wilayah perairan dan udara di sekitar Zhanjiang, provinsi Guangdong, Tiongkok.

Latihan-latihan militer ini dilakukan di saat ketegangan geopolitik meningkat, dengan NATO yang menyebut Tiongkok sebagai "pendukung" utama invasi Rusia ke Ukraina. Pernyataan NATO tersebut membuat Tiongkok memperingatkan aliansi militer yang dipimpin AS agar tidak memprovokasi konfrontasi.

Rusia dan Tiongkok telah mempererat hubungan militer dan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir, dengan kedua negara bersatu dalam mengecam dominasi Barat, terutama peran AS dalam urusan global.

Pada awal 2022, kedua negara mendeklarasikan kemitraan "tanpa batas" sebelum Rusia melancarkan serangan ke Ukraina.

Hubungan ekonomi antara kedua negara juga semakin menguat. Bulan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan bahwa kerja sama perdagangan dan ekonomi dengan Tiongkok telah menunjukkan hasil positif saat ia bertemu dengan Perdana Menteri Tiongkok, Li Qiang, di Moskow.

Baca Juga: Tragedi Pemutusan Hubungan Kerja, Perusahaan Tiongkok Gunakan Trik Licik Agar Pesangon Tak Dibayarkan

Editor: Bella

Tag:  #makin #mesra #tiongkok #rusia #gelar #latihan #militer #laut #jepang

KOMENTAR