Perang Rusia-Ukraina Hari ke-929: Rusia Makin Ofensif di Berbagai Wilayah Ukraina
Tentara Rusia sedang meledakkaan artileri menyerang pasukan Ukraina. -- Berikut ini update perang Rusia-Ukraina hari ke-929. 
13:10
9 September 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-929: Rusia Makin Ofensif di Berbagai Wilayah Ukraina

Berikut ini perkembangan terkini perang Rusia dan Ukraina hari ke-929 pada Senin (9/9/2024).

Pasukan Rusia menyerang Ukraina dengan tiga peluru kendali Kh-59/69 dari wilayah udara wilayah Kursk dan wilayah Donetsk yang diduduki serta 8 UAV serang tipe Shahed dari Kursk.

Pasukan pertahanan udara berhasil menembak jatuh dua peluru kendali Kh-59/69 dan 6 UAV serang.

Militer Ukraina mengatakan Rusia paling aktif di arah Pokrovsky, Kurakhovsky dan Toretsky, seperti diberitakan Pravda.

2 Anggota NATO Klaim Drone Rusia Masuki Wilayahnya

Dua anggota NATO mengatakan pesawat nirawak Rusia melanggar wilayah udara mereka.

Satu pesawat nirawak Rusia dilaporkan terbang ke Rumania selama serangan Minggu (8/9/2024) malam di negara tetangga Ukraina sementara yang lain jatuh di Latvia timur pada hari sebelumnya.

"Sebuah pesawat nirawak memasuki wilayah Rumania pada Minggu pagi ketika Moskow menyerang target sipil dan infrastruktur pelabuhan di seberang Sungai Donau di Ukraina," kata kementerian pertahanan Rumania.

Rumania telah mengerahkan pesawat tempur F-16 untuk memantau wilayah udaranya dan mengeluarkan peringatan teks kepada penduduk di dua wilayah timur.

Menteri Pertahanan Latvia, Andris Sprūds, kemudian mengatakan sebuah pesawat nirawak Rusia jatuh sehari sebelumnya di dekat kota Rezekne.

Menurutnya, kemungkinan pesawat tak berawak itu menyimpang ke Latvia dari negara tetangga Belarus, seperti diberitakan The Guardian.

Kandidat Gubernur Pro-Putin Berupaya Menangkan Pemilu di Rusia

Para pendukung Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan perangnya di Ukraina bersiap memenangkan pemilihan gubernur di seluruh Rusia, menurut penghitungan suara awal pada hari Minggu, termasuk di Kursk, tempat pasukan Ukraina telah menguasai beberapa kota dan wilayah.

Pemilihan lokal dan regional selama tiga hari di Rusia berakhir pada Minggu malam, dengan para pemilih diharapkan untuk memilih kandidat yang didukung Kremlin di semua 21 pem

Hasil pemilihan yang dikontrol ketat tersebut telah ditafsirkan di Rusia sebagai mosi percaya kepada Putin dan operasinya di Ukraina, menurut laporan Reuters.

2 Warga Tewas Akibat Serangan Rusia

Dua warga sipil tewas dan empat lainnya menderita luka-luka dalam serangan udara Rusia pada malam hari di kota Sumy, Ukraina timur laut.

"Dua anak termasuk di antara mereka yang terluka," katanya.

Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim pada Minggu, pasukannya menyerang pejuang asing pro-Kyiv di sebuah desa di pinggiran utara Sumy, namun tidak jelas apakah itu merujuk pada serangan yang sama.

Pasukan Rusia Terus Gempur Sumy

Staf umum Ukraina mengatakan pasukan Rusia terus menggempur Sumy dan wilayah sekitarnya dengan serangan udara.

Setidaknya, Rusia meluncurkan sedikitnya 16 bom luncur yang menghancurkan ke provinsi tersebut pada Minggu sore.

Pasukan Rusia kembali menembaki kota tersebut pada siang hari, melukai seorang remaja dan seorang warga sipil, kantor kejaksaan regional melaporkan.

Ukraina Serang Depot Minyak Rusia

Ukraina dituduh melancarkan serangan yang menargetkan depot minyak Rusia di wilayah Belgorod.

"Pasukan Ukraina menyerang depot bahan bakar di distrik Volokonovsky di wilayah Belgorod selatan Rusia, yang memicu serangkaian kebakaran," kata Vyacheslav Gladkov, gubernur daerah tersebut, Minggu.

“Beberapa waduk terbakar dalam sebuah ledakan. Petugas pemadam kebakaran sedang memadamkan api," lanjutnya.

Secara terpisah di wilayah Belgorod, tiga warga sipil termasuk dua anak-anak dilaporkan terluka dalam serangan di tiga lokasi pada Sabtu malam hingga Minggu.

Dua bangunan tempat tinggal hancur dan lebih dari 15 bangunan rusak total.

Kanselir Jerman Minta Rusia Hadiri Konferensi Perdamaian dengan Ukraina

Kanselir Jerman, Olaf Scholz, mengatakan ia dan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, sepakat Rusia harus diikutsertakan dalam konferensi perdamaian mendatang yang bertujuan untuk mengakhiri invasinya ke Ukraina.

"Pasti akan ada konferensi perdamaian lebih lanjut, dan presiden (Zelensky) dan saya sepakat bahwa konferensi itu harus dihadiri Rusia," kata Olaf Scholz mengatakan kepada televisi publik Jerman, ZDF, pada Minggu.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Rusia dan Ukraina

Editor: Wahyu Gilang Putranto

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #rusia #makin #ofensif #berbagai #wilayah #ukraina

KOMENTAR