Penguin Gay 'Sphen' Mati di Australia, Pernah Berhasil Menetaskan 2 Ekor Anak
Ilustrasi pasangan penguin. (Pixabay/Capri23auto)
15:40
22 Agustus 2024

Penguin Gay 'Sphen' Mati di Australia, Pernah Berhasil Menetaskan 2 Ekor Anak

Seekor penguin Australia yang terkenal karena memelihara anak bersama pasangan sesama jenis telah mati, kata akuarium Sydney, Kamis.

Penguin gentoo jantan Sphen dan Magic menarik perhatian penjaga kebun binatang, dan kemudian dunia, ketika mereka membangun sarang kerikil bersama-sama pada tahun 2018.

Mereka akhirnya diberi telur hidup untuk diinkubasi dari pasangan penguin lainnya, menetaskan anak Shengic pada tahun 2018 dan Clancy dua tahun kemudian.

Sealife Aquarium mengatakan Sphen, yang lebih tua dari pasangannya, meninggal tepat di usia 12 tahun, yang dianggap sebagai umur panjang di penangkaran.

Baca Juga: Senjata Makan Tuan! Pisau Dirampas, Ceuceu Pria Gay di Sukabumi Terbunuh saat Sodomi Pemuda di Rumah Majikan

Ilustrasi Pinguin [Shutterstock]Ilustrasi Pinguin [Shutterstock]

Sphen dan Magic diadopsi sebagai ikon gay di Australia dan lebih jauh lagi di luar negeri, menginspirasi kendaraan hias di parade Sydney Mardi Gras dan tampil dalam sitkom Netflix Atipikal.

Namun mereka juga mendapat kritik, dengan beberapa kalangan konservatif mengatakan penguin tanpa disadari digunakan untuk mendorong agenda politik.

Tidak seperti kebanyakan spesies mamalia, penguin jantan dan betina mempunyai peran sebagai orang tua yang sama, dan berbagi tugas sebagai orang tua 50-50.

Pasangan sesama jenis antara jantan dan betina sering kali terjadi, meskipun seringkali berumur pendek di alam liar.

Ini bukan pertama kalinya pasangan penguin sesama jenis mengadopsi telur di penangkaran, dan beberapa kebun binatang di seluruh dunia melaporkan kasus serupa.

Baca Juga: Kisah Tim Cook Tak Miliki Istri, Pernah Mengaku Bangga Jadi Gay

Pada tahun 2009, dua penguin jantan, Z dan Vielpunkt, berhasil menetaskan dan membesarkan seekor anak penguin yang ditolak oleh induk heteroseksualnya di sebuah kebun binatang di Berlin.

Sebelum mereka datang Roy dan Silo, dua penguin chinstrap jantan di kebun binatang di New York yang terlihat sering mencoba kawin satu sama lain.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #penguin #sphen #mati #australia #pernah #berhasil #menetaskan #ekor #anak

KOMENTAR