Ukraina Luncurkan Serangan Drone Besar-Besaran ke Moskow
Ilustrasi Drone MQ-9 Reaper (military-today.com)
18:12
21 Agustus 2024

Ukraina Luncurkan Serangan Drone Besar-Besaran ke Moskow

Ukraina melancarkan serangan drone besar-besaran ke Moskow, dengan setidaknya 11 drone yang berhasil ditembak jatuh oleh pertahanan udara Rusia. Serangan ini diklaim sebagai salah satu yang terbesar terhadap ibu kota Rusia, sejak perang Ukraina dimulai pada Februari 2022.

Perang yang sebagian besar melibatkan pertempuran artileri dan drone di wilayah timur Ukraina semakin memanas pada 6 Agustus lalu ketika Ukraina mengerahkan ribuan tentaranya ke wilayah Kursk di Rusia barat.

Selain itu, Ukraina juga melancarkan serangan drone yang merusak kilang minyak dan lapangan terbang, meskipun serangan besar ke wilayah Moskow yang memiliki populasi lebih dari 21 juta orang jarang terjadi.

Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa total 45 drone dihancurkan di wilayah Rusia, termasuk 11 di wilayah Moskow, 23 di wilayah perbatasan Bryansk, enam di Belgorod, tiga di Kaluga, dan dua di Kursk. Beberapa drone dihancurkan di kota Podolsk, sekitar 38 kilometer selatan Kremlin, menurut Wali Kota Moskow, Sergei Sobyanin.

Baca Juga: Diungkap Zelenskyy, Ternyata Ini Tujuan Ukraina Lancarkan Serangan di Wilayah Kursk

Sobyanin menyebut serangan ini sebagai salah satu upaya terbesar untuk menyerang Moskow menggunakan drone. Ia juga menambahkan bahwa sistem pertahanan berlapis yang ada di Moskow berhasil menangkis semua serangan dari drone musuh.

Serangan ini terjadi di tengah kemajuan Rusia di Ukraina timur, di mana Rusia mengendalikan sekitar 18% dari wilayah tersebut, serta upaya Rusia untuk menahan serangan Ukraina di wilayah Kursk, yang dianggap sebagai serangan asing terbesar ke wilayah Rusia sejak Perang Dunia II.

Media Rusia menunjukkan rekaman yang tidak terverifikasi tentang drone yang terbang di langit Moskow dan kemudian ditembak jatuh oleh pertahanan udara. Bandara Moskow, Vnukovo, Domodedovo, dan Zhukovsky membatasi penerbangan selama empat jam tetapi kembali beroperasi normal mulai pukul 03:30 GMT.

Menurut Sobyanin, tidak ada laporan cedera atau kerusakan akibat serangan tersebut, dan laporan awal juga menunjukkan tidak ada korban atau kerusakan di Bryansk. RIA Novosti melaporkan bahwa dua drone dihancurkan di wilayah Tula, yang berbatasan dengan Moskow di utara, dan Vasily Golubev, gubernur wilayah Rostov di Rusia barat daya, melaporkan bahwa angkatan bersenjata menghancurkan rudal yang diluncurkan Ukraina di wilayahnya tanpa ada cedera.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak menyebutkan Tula atau Rostov dalam pernyataannya mengenai senjata udara Ukraina yang dihancurkan. Militer Ukraina mengklaim pada Rabu bahwa mereka telah menyerang sistem rudal anti-pesawat S-300 yang berbasis di wilayah Rostov.

Baca Juga: Terungkap di CCTV! Aksi Licik Pecatur Sebar Merkuri di Papan Catur, Nyaris Tewaskan Lawan

Serangan drone ini sebanding dengan serangan pada Mei 2023 ketika setidaknya delapan drone dihancurkan di ibu kota, yang menurut Presiden Vladimir Putin merupakan upaya Kyiv untuk menakut-nakuti dan memprovokasi Rusia.

Di Kursk, blogger perang Rusia melaporkan bahwa pertempuran sengit sedang berlangsung di sepanjang garis depan di wilayah tersebut, di mana Ukraina telah merebut setidaknya 450 kilometer persegi wilayah Rusia.

Editor: Bella

Tag:  #ukraina #luncurkan #serangan #drone #besar #besaran #moskow

KOMENTAR