Pidato di Konvensi Demokrat, Barack Obama dan Istri Resmi Dukung Kamala Harris dalam Pemilu AS 2024
Barack Obama berbicara di DNC 2024 untuk mendukung Kamala Harris 
11:20
21 Agustus 2024

Pidato di Konvensi Demokrat, Barack Obama dan Istri Resmi Dukung Kamala Harris dalam Pemilu AS 2024

- Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama dan istrinya, Michelle Obama secara resmi mendukung Wakil Presiden AS, Kamala Harris pada konvensi Partai Demokrat bernama Democratic National Convention (DNC), Selasa (20/8/2024) malam, waktu setempat.

Barack Obama mendukung sekutu lamanya dari Partai Demokrat dalam upayanya mencalonkan diri sebagai presiden di saat-saat terakhir melawan calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump.

Obama telah memberikan modal politik yang besar kepada Harris saat ia berupaya untuk membuat sejarah pada tanggal 5 November sebagai wanita pertama, sekaligus orang kulit hitam dan Asia Selatan pertama yang terpilih sebagai presiden AS.

Diberitakan Reuters, Obama menghadiri dua acara penggalangan dana penting bersama Presiden AS, Joe Biden dan telah menawarkan untuk membantu Harris dengan lebih banyak lagi.

Selanjutnya, Michelle Obama juga menjadi pusat perhatian di DNC karena menyatakan dukungannya untuk Kamala Harris.

Pidatonya akan memaparkan bagaimana Harris siap memimpin serta mengakhiri ketakutan dan perpecahan.

Michelle Obama juga akan berbicara tentang perlunya semua orang untuk berperan serta dalam memilih pasangan Kamala Harris-Tim Walz, dikutip dari ABC News.

Diberitakan sebelumnya, beberapa hari setelah Biden keluar dari kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) AS 2024, keluarga Obama memberikan dukungan mereka kepada Harris.

Dukungan mereka menegaskan persahabatan mereka selama 20 tahun dengan Harris.

Mereka mengatakan, Harris memiliki karakter dan kemampuan untuk menghadapi situasi saat ini.

Dukungan mereka diperkuat oleh sebuah video yang dirilis oleh tim kampanye Harris yang memperlihatkan percakapan telepon antara wakil presiden dan keluarga Obama.

Percakapan telepon itu dilakukan pada Jumat (26/7/2024) waktu setempat.

"Michelle dan saya sangat bangga mendukungmu dan melakukan semua yang kami bisa untuk membawamu melewati pemilihan ini dan masuk ke Ruang Oval," ujar Obama kepada Harris.

Menanggapi dukungan tersebut, Harris berterimakasih kepada Obama dan Michelle atas dukungannya.

Dia mengatakan dukungan yang diberikan sangat berarti baginya.

"Namun yang terpenting, saya hanya ingin mengatakan, kata-kata yang telah kalian ucapkan dan persahabatan yang telah terjalin selama bertahun-tahun lebih berarti daripada yang dapat saya ungkapkan," ungkap Harris.

"Jadi terima kasih kepada kalian berdua. Ini sangat berarti dan kita akan bersenang-senang dengan hal ini juga, bukan?" sambungnya.

Michelle pun membalas dengan mengungkapkan rasa bangganya dan berharap pemilihan yang bakal berjalan bakal menjadi peristiwa bersejarah.

"Saya tidak dapat melakukan panggilan telepon ini tanpa mengatakan kepada anak perempuan saya, Kamala, saya bangga padamu. Ini akan menjadi bersejarah," kata Michelle kepada Harris dalam sambungan telepon yang sama.

Sebagian dari artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Obama dan Istrinya Resmi Dukung Kamala Harris Jadi Capres AS 2024.

(mg/Putri Amalia Dwi Pitasari) (Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto)

Penulis adalah peserta magang dari Universitas Sebelas Maret (UNS).

Editor: Tiara Shelavie

Tag:  #pidato #konvensi #demokrat #barack #obama #istri #resmi #dukung #kamala #harris #dalam #pemilu #2024

KOMENTAR