Tips Memilih dan Merawat Jam Otomatis Premium
Ilustrasi jam tangan. (Dok. Regan Harney)
19:32
23 September 2024

Tips Memilih dan Merawat Jam Otomatis Premium

- Ada banyak jenis jam tangan. Mulai dari analog, digital, dan otomatis. Jam tangan itu ada dari kelas biasa hingga yang premium atau mewah. Memiliki jam tangan premium adalah impian. Para kolektor berusaha memiliki minimal satu dari sekian jenis jam tangan premium. Ketika memiliki jam tangan seseorang dituntut untuk bisa merawatnya.

Bagi yang ingin memiliki jam tangan premium perlu memiliki pengetahuan cara memilihnya agar tidak tertipu. Berbeda dengan jam tangan digital, jam tangan otomatis memerlukan perawatan khusus. Tidak rumit, tetapi ini akan menunjukkan kecintaan pada benda menjadi teman keseharian.

Regan Harney, produsen jam otomatis lokal dan premium membagikan tips merawat dan memilih jam tangan. Pertama, jika jam tangan tidak digunakan selama lebih dari 44 jam dalam posisi daya penuh, maka jam tersebut akan mati. Jadi, jika mendiamkan jam tangan terlalu lama, sebaiknya diputar lagi crown jam tangannya dengan melakukan winding manual sebanyak 20 kali untuk mengisi daya penuh.

Untuk perawatan harian, pastikan jam tangan tersebut selalu bersih dan hindari kontak keras yang dapat menyebabkan kerusakan atau kecelakaan.

Untuk perawatan bulanan, lakukan pengecekan apakah ada bagian yang perlu dibersihkan lebih mendalam atau jika ada yang perlu diperbaiki.

Sedangkan untuk perawatan tahunan, sebaiknya bawa jam Anda ke teknisi profesional untuk pemeriksaan dan pemeliharaan menyeluruh agar performa dan keindahan jam tetap terjaga.

"Selebihnya, sangat penting untuk merujuk pada buku manual yang disertakan saat pembelian, agar Anda bisa memahami cara penggunaan dan perawatan yang benar. Dengan perawatan yang tepat, jam tangan Anda akan tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama," kata Direktur Regan Harney, Vincent Harney.

Herman Zhou selaku komisaris Regan Harney menambahkan, untuk memilih jam premium yang tepat yaitu perlu memerhatikan material yang digunakan, seperti casing dan kaca, serta kualitas pembuatan yang rapi dan detail.

"Pastikan ada "value for money" yang Anda investasikan dengan mempertimbangkan craftsmanship dan fitur yang ditawarkan. Juga, perhatikan reputasi merek dan pastikan ada garansi serta layanan purna jual yang baik untuk memastikan kepuasan jangka panjang," katanya.

Jam otomatis juga berpotensi untuk dikoleksi. Kapan seseorang bisa dikatakan menjadi seorang kolektor? Menurut Herman, seseorang dapat dikatakan sebagai kolektor ketika mereka benar-benar memahami seni di balik jam tangan, menghargai proses pembuatan dan craftsmanship-nya.

Dia merujuk pada individu yang memiliki selera tersendiri dan tidak hanya mengikuti tren atau memilih jam karena pengaruh orang lain. Seorang kolektor sesungguhnya menghargai nilai dan cerita di balik setiap jam yang dimiliki, bukan semata-mata untuk menunjukkan status.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #tips #memilih #merawat #otomatis #premium

KOMENTAR