Protein Punya Peran Penting Bagi Tubuh, Ini 3 Hal yang Perlu Diketahui
Ilustrasi protein shake. (Unsplash/Derick McKinney)
06:32
11 Agustus 2024

Protein Punya Peran Penting Bagi Tubuh, Ini 3 Hal yang Perlu Diketahui

Protein merupakan kebutuhan orang setiap hari. Bahkan untuk orang yang lebih aktif, protein menjadi hal yang sangat dibutuhkan.

Meskipun kebanyakan orang tahu bahwa protein itu kebutuhan penting, tapi tidak semua orang mengetahui mengapa hal itu penting. Menurut riset dari Cambridge University di Indonesia, hampir satu dari dua orang kekurangan asupan protein harian. 

Nutrition Advisory Board (NAB) atau Dewan Penasihat Nutrisi Herbalife Indonesia, Prof. Dr Rimbawan mengatakan protein adalah komponen dasar kehidupan dan terdiri dari asam amino, yang berfungsi sebagai unit penting bagi otot, kulit, tulang, jaringan, dan organ kita. 

"Ketika kita mengonsumsi protein, tubuh kita memecahnya menjadi asam amino individual, yang kemudian digunakan untuk membuat protein baru di seluruh tubuh. Sangat penting untuk mengonsumsi cukup protein; jika tidak, tubuh akan memecah otot untuk mendapatkan asam amino yang diperlukan untuk berfungsi dengan baik," kata dia.

Baca Juga: Minuman 'Air Kecebong' Ini Bikin Heboh Dunia, Ternyata Punya Manfaat Luar Biasa

Untuk mengetahui manfaat protein untuk tubuh, berikut deretan penjelasannya.

Protein Membantu Anda Merasa Kenyang Lebih Lama

Salah satu masalah utama bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan dan bagi atlet yang membakar sejumlah besar kalori adalah mereka selalu merasa lapar. 

Di sini lah konsumsi protein dapat sangat bermanfaat karena membantu merasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan karbohidrat atau lemak. Dan, jika Anda mencoba mengurangi camilan yang tidak sehat, carilah pilihan yang lebih tinggi protein.

Protein Meningkatkan Metabolisme Anda

Baca Juga: Fakta dan Manfaat Kopi Putih, Kafein Lebih Tinggi dari Kopi Hitam?

Protein juga dapat membantu meningkatkan metabolisme (proses tubuh mengubah makanan dan minuman menjadi energi) yang dapat membantu membakar kalori lebih efisien dan penting bagi siapa pun yang mencoba mengubah komposisi tubuh mereka. 

Protein ketika dikonsumsi sepanjang hari, juga dapat membantu Anda mempertahankan massa otot Anda. Seperti diketahui, memiliki massa otot yang cukup juga penting dalam mempertahankan metabolisme Anda.

Protein Membantu Pemulihan dan Pertumbuhan Otot Anda

Protein berkualitas tinggi mengandung semua asam amino esensial dan kaya akan asam amino rantai cabang (BCAA). Leusin, salah satu dari BCAA ini, berperan besar dalam merangsang pertumbuhan dan pemulihan otot setelah latihan ketahanan dan daya tahan. 

Protein berkualitas tinggi ini terdapat dalam makanan berbasis protein hewani seperti daging ayam tanpa lemak, daging sapi, ikan, produk susu, produk telur, dan telur utuh. Ada banyak protein nabati yang sama efektifnya dalam mempromosikan pertumbuhan dan pemulihan otot seperti kedelai, kacang polong, kinoa, dan biji rami.

"Waktu konsumsi protein sangat penting bagi atlet atau siapa pun yang mencoba membangun otot, terutama mereka yang terlibat dalam aktivitas yang menggunakan otot. Mengonsumsi protein setelah berolahraga membantu memperbaiki dan membangun kembali otot; Anda harus mengonsumsi 20 hingga 40 gram protein dalam waktu 30 menit setelah berolahraga," tambah Rimbawan.

Jika sedang bepergian, bisa dengan mengonsumsi shake protein berkualitas yang akan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Untuk memberikan edukasi pada masyarakat tentang pentingnya protein, Herbalife mengenalkan kampanye ‘Minum 2x Shake Tiap Hari’ tahun ini. 

Kampanye ini bertujuan untuk memberikan edukasi masyarakat tentang pentingnya protein, mendorong masyarakat untuk mengonsumsi lebih banyak protein sebagai bagian dari memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang, dan mendukung pengelolaan berat badan.

Kampanye ‘Minum 2x Shake Tiap Hari’ juga mendorong orang Indonesia, terutama individu yang bekerja dan selalu bepergian, untuk mengonsumsi 2 shake sehari untuk memenuhi asupan protein minimum mereka.

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #protein #punya #peran #penting #bagi #tubuh #yang #perlu #diketahui

KOMENTAR