Apakah Menyimpan Susu UHT Harus Dingin? Begini Cara Penyimpanan yang Benar dan Manfaatnya!
Ilustrasi Susu UHT - Apakah Susu UHT Harus Dingin? (Pexels)
10:32
15 Juli 2024

Apakah Menyimpan Susu UHT Harus Dingin? Begini Cara Penyimpanan yang Benar dan Manfaatnya!

Media sosial tengah diramaikan dengan beredarnya video seorang ibu yang marah hingga memaki petugas salah satu minimarket karena susu UHT yang dibelinya tak dingin. Ibu itu tidak hanya emosi, namun ia juga meminta karyawan minimarket tersebut mengembalikan uangnya.

Diketahui dalam video yang beredar luas di media sosial, terlihat wanita itu memegang satu kotak susu UHT berukuran satu liter rasa cokelat yang diserahkan kembali ke petugas minimarket.

"Kalau nggak dingin, saya minta uang kembali. Susu itu harusnya dingin, karena saya ada order susu yang kecil itu dikasih dingin. Saya nggak peduli dan saya udah telat," kata ibu tersebut dengan nada tinggi, dalam video yang beredar, dikutip dari akun TikTok @mas_kace, Rabu (10/7/2024).

Tak sedikit netizen yang ikut kesal pada sikap ibu-ibu tersebut. Bahkan, beberapa di antaranya merespon negatif dan menyarankan si ibu untuk langsung menyimpan susu tersebut ke dalam lemari es di rumahnya, tanpa harus mempermasalahkan pengembalian uang.

Baca Juga: Edukasi Susu Kambing, Meriam Bellina Beberkan Manfaatnya bagi Kesehatan

Pertanyaannya, apakah penyimpanan susu UHT harus dingin? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan berikut.

Apakah Susu UHT Harus Dingin?

Dikutip dari DetikHealth, spesialis gizi klinik dr Putri Sakti, MGizi, SpGK menegaskan bila susu UHT sebenarnya sudah melewati proses sterilisasi sehingga aman-aman saja bila disimpan di suhu ruang. Meski disimpan di suhu ruang, susu UHT tidak akan menimbulkan risiko saat dikonsumsi, selama itu belum melewati batas kedaluwarsa.

"Susu UHT ini sudah melewati proses yang disebut dengan sterilisasi, jadi untuk kondisi masih tertutup segel, ya itu sebetulnya masih aman disimpan di suhu ruangan," katanya, dikutip Rabu (10/7/2024).

Namun, susu UHT bisa tidak aman apabila disimpan di suhu ruang dalam keadaan terbuka.

Baca Juga: Astagfirullah! Ngamuk Susu Kemasan Tak Dingin, Pelanggan Minimarket Ini Lontarkan Kata Kasar ke Kasir

"Kalau terbuka, dia harus segera dihabiskan dalam 3-4 hari dan disimpan di dalam kulkas. Selama belum dibuka, harusnya kandungan nutrisinya masih terjaga dengan baik, kecuali kalau sudah dibuka, maka dia harus segera masuk ke dalam kulkas," terangnya.

Kesimpulannya, susu UHT tidak harus disimpan dalam kondisi dingin, sebab telah melewati proses sterilisasi. Susu UHT yang disimpan dalam suhu ruang baru akan berbahaya bila disimpan dalam kondisi terbuka dan tidak segera diminum.

Cara Menyimpan Susu UHT

Apabila belum dibuka, susu UHT bisa disimpan di luar lemari pendingin atau dalam suhu ruang saja. Namun, disarankan agar susu UHT terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Dan setelah dibuka, susu UHT sebaiknya disimpan di kulkas dan segera dihabiskan dalam jangka waktu 3-4 hari.

Namun, meski Anda telah menyimpannya dengan benar, hindari mengonsumsi susu UHT yang sudah mulai berubah warna dan bau, serta berubah tekstur menjadi menggumpal. Hal ini dapat menjadi ciri-ciri susu UHT telah basi. Untuk susu UHT yang belum dibuka kemasannya, selalu perhatikan tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan.

Manfaat Susu UHT

Dalam 1 kemasan susu UHT terdapat sejumlah manfaat yang bisa dirasakan ketika kita mengonsumsinya. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat dari susu UHT:

1. Mencegah Keracunan Makanan

Susu UHT dipercaya dapat mencegah keracunan makanan usai melewati proses pasteurisasi untuk membunuh semua mikroorganisme penyebab penyakit dalam susu mentah.

2. Mengoptimalkan Kesehatan Mata

Susu UHT memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi minuman sehat ini secara teratur dapat mengoptimalkan penglihatan kita.

3. Mencegah Obesitas

Beberapa penelitian mengatakan bahwa konsumsi susu bisa mengurangi risiko obesitas yang lebih rendah. Menariknya lagi, manfaat tersebut berkaitan dengan susu murni (whole milk). 

4. Mengoptimalkan Sistem Imun Tubuh

Kalsium menjadi salah satu nutrisi yang sangat baik untuk mengoptimalkan sistem imun tubuh. Jika kita rutin mengonsumsi susu UHT maka sistem imun tubuh akan tetap optimal.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat paling nyata dari rutin minum susu, baik UHT atau jenis lainnya, adalah bisa mendapatkan asupan kalsium yang tinggi. Nutrisi tersebut sangat penting bagi perkembangan serta kekuatan tulang.

Itu tadi jawaban atas pertanyaan apakah penyimpanan susu UHT harus dingin. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Vania Rossa

Tag:  #apakah #menyimpan #susu #harus #dingin #begini #cara #penyimpanan #yang #benar #manfaatnya

KOMENTAR