Mengenal Jenis-jenis Operasi Sinus, Benarkah Bisa Mengubah Bentuk Hidung Seperti Mahalini?
Penampilan baru Mahalini. [Instagram/@mylinz_sulteng]
12:08
9 Juli 2024

Mengenal Jenis-jenis Operasi Sinus, Benarkah Bisa Mengubah Bentuk Hidung Seperti Mahalini?

Penampilan Mahalini baru-baru ini menjadi sorotan warganet. Pasalnya, penampilan hidungnya dinilai sangat berbeda dari biasanya. Hal ini menuai dugaan kalau Mahalini menjalankan operasi plastik yang membuat hidungnya menjadi lebih mancung.

Perubahan bentuk hidung Mahalini itu lantas mendapat banyak komentar pro dan kontra dari warganet. Beberapa warganet mengatakan, alasan Mahalilin melakukan operasi plastik hidung karena untuk menyembuhkan sinusitis yang dialaminya.

Namun, dari sisi lain, warganet menjelaskan kalau operasi sinusitis tidak harus mengubah bentuk hidung. Oleh sebab itu, Mahalini diduga melakukan operasi plastik karena alasan estetika.

“Dia udah jelasin kok operasi karena ada sinus hidungnya bengkok,” komentar salah seorang warganet dalam unggahan akun Tiktok @nira91_.

Baca Juga: Beda Penampakan Before-After Wajah Sarwendah vs Mahalini usai Operasi Plastik

“Katanya dia sinus guys makannya harus operasi kalau enggak bisa makin parah,” bela warganet lainnya.

“Adik gua udah sinus hidung bengkok juga gak sampe oplas tuh, ini mah emang dia mau sekalian aja kali,” tulis warganet lain.

“Emangnya operasi sinus sampe harus ngubah bentuk idung ya? Perasaan enggak deh,” sahut akun lainnya.

Terkait sinusitis sendiri memang ada beberapa kondisi yang harus melakukan operasi. Untuk operasinya juga berbeda-beda tergantung jenis sinus yang dialaminya. Mengutip Halodoc, berikut beberapa jenis operasi untuk pengobatan sinusitis.

1. Bedah sinus endoskopi fungsional

Baca Juga: Rizky Febian Ikutan Operasi Hidung Seperti Mahalini, Sule Sebut Anaknya Punya Penyakit Ini

Ini merupakan operasi yang sering paling sering dilakukan pasien sinusitis. Nantinya operasi ini akan menggunakan alat bernama endoskop untuk menghilangkan jaringan penyumbat sinus. Operasi ini tidak meninggalkan bekas luka parut. Nantinya, operasi agar fungsi sinus menjadi normal kembali.

2. Image-guided surgery

Operasi satu ini menggunakan alat endoskopi dengan bantuan mesin pencitraan CT scan atau magnetic resonance imaging (MRI). Nantinya dokter akan mengangkat bagian yang menyumbat yang dialami pasien. Biasanya, kondisi ini untuk kasus sinusitis cukup parah.

3. Operasi Caldwell-Luc

Operasi satu ini dilakukan jika terjadi pertumbuhan abnormal di dalam rongga sinus. Nantinya akan ada proses pembedahan di rongga hidung dan di bawah mata untuk menghilangkan pertumbuhan jaringan abnormal dan memperbaiki drainase atau aliran sinus. Dengan begitu, aliran sinus dapat keluar sehingga tidak menyumbat pernapasan.

4. Operasi sinuplasti balon

Operasi ini yakni dengan memasukkan selang tipis yang dilengkapi balon kecil di bagian ujungnya. Fungsi dari balon yang dimasukkan yakni untuk membuat rongga menjadi renggang sehingga sirkulasi udara dalam sinus dapat berjalan lancar.

5. Operasi sinus terbuka

Jenis operasi ini akan dilakukan dengan menyayat kulit yang menutupi area bermasalah. Nantinya area tersebut akan dibuka dan direnggangkan untuk melihat bagian yang bermasalah. Bagian yang bermasalah akan diangkat dan direkonstruksi agar kembali normal. Operasi ini biasa dilakukan pada kasus-kasus yang cukup parah.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #mengenal #jenis #jenis #operasi #sinus #benarkah #bisa #mengubah #bentuk #hidung #seperti #mahalini

KOMENTAR