Rahasia Protein untuk Tulang Sehat di Masa Tua, Berikut Efek Kekurangan dan Cara Mendapatkan dari Makanan
Ilustrasi sumber nutrisi dari berbagai jenis makanan (freepik.com)
08:47
18 Januari 2024

Rahasia Protein untuk Tulang Sehat di Masa Tua, Berikut Efek Kekurangan dan Cara Mendapatkan dari Makanan

- Protein merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, yang sering terjadi di masa tua.

Dilansir dari health.harvard.edu, rahasia protein dapat memberikan struktur pada sel, kekuatan reaksi kimia dalam tubuh, memperbaiki serta membangun otot, kulit, dan tulang.

Dalam menunjang kebutuhan protein pada tubuh di setiap masa pertumbuhan, mulai dari masa muda hingga lansia, memiliki perbedaan takaran.

Oleh karena itu, perlu cara untuk mengontrol asupan protein di setiap masa pertumbuhan, agar tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Berikut efek yang terjadi akibat kekurangan protein dari masa muda dan lansia, dikutip dari beberapa sumber.

Kekurangan Protein di Masa Muda

Dilansir dari International Osteoporosis Foundation (IOF), masa muda yang meliputi kanak-kanak dan remaja, asupan protein berperan untuk memperoleh massa tulang.

Pada masa ini, jika kebutuhan gizi seperti asupan kalori dan protein tidak mencukupi, akan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan tulang.

Selain itu, antara kalsium, vitamin D, dan protein, merupakan nutrisi yang penting dalam mengoptimalkan kesehatan tulang.

Kekurangan Protein pada Lansia

Asupan protein pada lansia memiliki peran penting untuk menjaga kepadatan mineral tulang, sebagai penentu kekuatan dari tulang.

Oleh karena itu, jika kekurangan protein terjadi pada lansia, akan menyebabkan kelemahan otot, sarkopenia, dan kelemahan tubuh, yang berisiko untuk terjatuh.

Selain itu, pemenuhan protein pada lansia yang menderita osteoporosis harus tercukupi, karena berisiko mengalami malnutrisi akibat dari penyakit akut dan kronis.

Dilansir dari osteoporosis.ca, kekurangan protein pada lansia akan membuat tulang rapuh dan menyebabkan keseimbangan tubuh memburuk, bahkan pada penderita osteoporosis, dapat menyebabkan patah tulang.

Protein Pada Makanan

Dilansir dari health.harvard.edu, dalam menunjang kebutuhan protein dalam tubuh, perlu mengonsumsi sumber protein seperti, produk susu, ikan, unggas, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Selain itu, sayuran seperti jagung, brokoli, dan asparagus, cocok untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh.

Mendapatkan banyak asupan protein, memerlukan cara yang tepat melalui waktu mengkonsumsi makan.

Misalnya, pada saat sarapan menggunakan setengah cangkir sereal dan susu, akan memberikan setidaknya kurang lebih 14 gram protein.

Cemilan di waktu istirahat siang hari, mengonsumsi blueberry dan keju rendah lemak, setidaknya akan menambah kurang lebih protein sebesar 12 gram.

Oleh karena itu, tidak hanya makanan mengandung protein yang dapat memastikan kesehatan tulang, melainkan nutrisi lainnya, seperti kalsium, juga berperan untuk menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, memastikan kesehatan tulang tidak hanya dengan makanan, penting untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti olahraga, membatasi asupan alkohol, dan tidak merokok.

Tidak hanya itu, menerapkan gaya hidup sehat dan memenuhi protein melalui makanan tersebut, dapat bermanfaat untuk menangkal penyakit kronis.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #rahasia #protein #untuk #tulang #sehat #masa #berikut #efek #kekurangan #cara #mendapatkan #dari #makanan

KOMENTAR