Lebih dari Sekadar Buah Tropis: Inilah 5 Manfaat Nangka Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
Buah nangka./freepik/AndreyStar
09:21
11 Mei 2024

Lebih dari Sekadar Buah Tropis: Inilah 5 Manfaat Nangka Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Nangka, buah tropis yang lezat dan aromatik, tidak hanya menjadi pilihan yang menyegarkan untuk dinikmati di musim panas, tetapi juga menyimpan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Tersembunyi di balik rasa manisnya, nangka mengandung nutrisi penting yang dapat memberikan dampak positif pada kesehatan Anda.

Dilansir dari Dr Axe pada Sabtu (11/5), terdapat 5 manfaat nangka bagi kesehatan dan bagaimana kandungan nutrisinya dapat memberikan kontribusi besar bagi kesehatan Anda.

1. Membantu melawan kanker

Nangka, selain menjadi sumber vitamin C yang penting untuk kesehatan tubuh, juga mengandung sejumlah besar antioksidan lain dan fitonutrien yang memiliki kemampuan untuk melawan kanker.

Beberapa di antaranya adalah lignan, isoflavon, dan saponin, yang telah dikenal memiliki efek perlindungan terhadap sel-sel tubuh.

Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit kronis seperti kanker.

Antioksidan yang terkandung dalam nangka bekerja dengan cara mengikat dan menetralisir radikal bebas ini, sehingga membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, vitamin C yang melimpah dalam nangka juga memiliki peran penting dalam melawan kanker.

Vitamin C memiliki sifat anti-kanker yang telah terbukti dalam berbagai penelitian, baik dalam uji laboratorium maupun pada hewan percobaan.

Ini berarti bahwa mengonsumsi makanan kaya vitamin C seperti nangka dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker, serta membantu melawan pertumbuhan sel kanker yang abnormal.

2. Mendukung kesehatan tulang

Mengonsumsi buah nangka dapat membantu meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh, dimana ini sangat penting untuk kesehatan tulang.

Nangka kaya akan magnesium, dan hanya dengan mengonsumsi satu cangkir nangka, Anda sudah mendapatkan sekitar 11 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk magnesium.

Hal ini membuat nangka menjadi pilihan makanan yang baik sebagai sumber magnesium dalam asupan makanan Anda.

Tak hanya mendukung kesehatan tulang, magnesium juga memiliki peran penting dalam mencegah berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.

Dengan begitu, mengonsumsi makanan kaya magnesium seperti nangka dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit tersebut.

3. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Buah nangka kaya akan vitamin B6 yang dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Vitamin B6, bersama dengan asam folat dan vitamin B12 yang terkandung di dalam nangka memiliki peran dalam menurunkan risiko penyakit jantung.

Hal ini terjadi karena vitamin B6 membantu menurunkan kadar homosistein dalam tubuh, yang merupakan sebuah asam amino yang penting untuk pembentukan protein.

Melalui sebuah uji klinis yang melibatkan lebih dari 5.500 orang dewasa yang sudah mengidap penyakit kardiovaskular, diketahui bahwa suplementasi vitamin B6, B12, dan asam folat selama lima tahun mampu menurunkan kadar homosistein.

Penurunan kadar homosistein ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan risiko stroke sekitar 25 persen.

Ini menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B secara teratur dapat memberikan manfaat signifikan dalam menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Mengonsumsi buah nangka dapat membantu meningkatkan pencernaan, terutama bagi orang yang sering mengalami sembelit atau masalah pencernaan lainnya.

Hal ini disebabkan oleh kandungan serat yang tinggi dalam biji nangka, dimana serat pangan yang terkandung di dalamnya membantu melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit.

Selain itu, makanan tinggi serat juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak akan merasa lapar dalam waktu yang cepat setelah makan.

Ini dapat membantu mengontrol asupan makanan dan berkontribusi pada penurunan berat badan, karena Anda cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

5. Membantu penderita diabetes

Hasil studi klinis pada tahun 2023 menunjukkan bahwa ekstrak daun nangka memiliki potensi sebagai pengobatan antidiabetes bagi individu yang memiliki diabetes tipe 2 yang masih mampu menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup.

Ini berarti daun nangka dapat membantu mengontrol kadar gula darah tanpa memerlukan insulin tambahan.

Studi tersebut menunjukkan bahwa zat-zat aktif yang terdapat dalam daun nangka memiliki kemampuan untuk mengatur kadar gula darah, yang penting dalam pengelolaan diabetes.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #lebih #dari #sekadar #buah #tropis #inilah #manfaat #nangka #bagi #kesehatan #yang #perlu #anda #ketahui

KOMENTAR