Hari Bidan Internasional 5 Mei 2024, Peduli Dunia Masa Depan untuk Kehidupan yang Sehat dan Sejahtera
Ilustrasi hari bidan. (Freepik)
19:48
5 Mei 2024

Hari Bidan Internasional 5 Mei 2024, Peduli Dunia Masa Depan untuk Kehidupan yang Sehat dan Sejahtera

Hari Bidan Internasional atau International Day of the Midwife diperingati pada 5 Mei setiap tahunnya di seluruh dunia. 

Penetapan Hari Bidan Sedunia sudah dimulai sejak tahun 80-an, tetapi secara formal diresmikan pada tahun 1992. 

Hari istimewa ini diciptakan  untuk menghormati karya tak ternilai dari para bidan di seluruh dunia yang membantu para ibu melahirkan dengan aman dan memberikan perawatan penting selama kehamilan dan persalinan. 

Salah satu tujuan diperingatinya Hari Bidan Sedunia ini adalah untuk mengkampanyekan peran penting bidan dalam kehidupan manusia terutama yang berhubungan dengan persalinan dan juga kesehatan reproduksi.

Selain itu, Hari Bidan Sedunia juga dimanfaatkan sebagai tolak ukur peningkatan kualitas bidan yang ada saat ini di mana bidan memiliki peran yang sangat penting tidak hanya untuk wanita yang hamil tetapi juga untuk keluarga Indonesia. 

Kesempatan bagus untuk menunjukkan penghargaan terhadap para profesional pekerja keras ini, yang sering kali tidak dikenal namun memberikan dukungan yang sangat berharga kepada keluarga selama peristiwa penting dalam hidup ini.

Pada zaman dahulu, praktik bidan sangat erat kaitannya dengan perdukunan dan takhayul. 

Namun saat ini bidan sudah sangat mampu dan kompeten dalam membantu persalinan, bahkan disetarakan dengan dokter kandungan.

Meskipun ada pria yang berspesialisasi dalam kebidanan, tradisi ribuan tahun telah menjadikan bidang ini didominasi oleh wanita. 

Hari Bidan Internasional merayakan para pria dan wanita pemberani dan peran yang mereka mainkan dalam rumah tangga yang bahagia dan kelahiran yang sehat.

Peringatan Hari Bidan Internasional dibentuk sebagai apresiasi terhadap peran bidan atas jasa-jasanya dalam membantu ibu hamil selama masa kehamilan hingga proses persalinan berlangsung. Berikut Cara Merayakan Hari Bidan Internasional, dikutip dari holidaycalendar.io memaparkan:

  1. Relawan di pusat kesehatan masyarakat

Bidan memainkan peranan penting dalam memberikan pelayanan kepada ibu hamil dan sering kali tidak mempunyai dana atau sumber daya yang cukup. 

  1. Sumbangkan ke organisasi kebidanan

Sumbangkan uang atau perlengkapan ke organisasi kebidanan di daerah untuk membantu mendukung misinya dan memastikan bahwa bidan memiliki alat yang mereka perlukan untuk terus memberikan layanan kesehatan yang berkualitas.

  1. Hadiri acara

Ikut meramaikan jika ada acara di daerah yang merayakan Hari Bidan Internasional dan hadiri acara tersebut untuk menunjukkan dukungan. 

Peringatan hari bidan ini dapat menjadi bukti dukungan untuk profesi bidan dan kebutuhan untuk mengubah bukti ini menjadi peningkatan rasa hormat, otonomi untuk para bidan dalam menjalankannya. Berikut ada 5 Fakta Mencerahkan di Hari Bidan Internasional, dikutip dari holidaycalendar.io memaparkan

  1. Pelayanan Bidan Tidak Hanya Meliputi Kelahiran

Bidan tidak hanya sekedar membantu persalinan, pelayanan juga mencakup pemeriksaan fisik, konseling, keluarga berencana, pemeriksaan ginekologi, dan penatalaksanaan menopause, menjadikan peran yang beragam dan memiliki banyak aspek.

  1. Bidan Mempromosikan Persalinan Alami

Pendukung kuat persalinan alami dan bertujuan untuk meminimalkan intervensi teknologi yang tidak diperlukan yang dapat menjadikan persalinan lebih aman bagi ibu dan bayi.

  1. Ada Berbagai Jenis Bidan

Ada beberapa jenis bidan termasuk Certified Nurse-Midwives (CNMs), Certified Professional Midwives (CPMs), dan Direct-Entry Midwives (DEMs) yang masing-masing memiliki pelatihan dan kredensial berbeda.

  1. Bidan sering bekerja dalam tim

Banyak bidan yang bekerja sebagai bagian dari tim bersalin bersama dokter kandungan dan perawat. 

  1. Bidan Dapat Menurunkan Biaya Pelayanan Kesehatan

Persalinan yang dibantu oleh bidan cenderung lebih murah dibandingkan dengan persalinan yang dibantu oleh dokter, hal ini sebagian besar disebabkan oleh rendahnya tingkat operasi caesar dan intervensi medis.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #hari #bidan #internasional #2024 #peduli #dunia #masa #depan #untuk #kehidupan #yang #sehat #sejahtera

KOMENTAR