Simak 7 Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus, Salah Satunya Gonta-ganti Produk Sampo
Rambut rontok perlahan-lahan dapat menyebabkan penipisan rambut hingga kebotakan. /Sumber Foto : Elina Fairytale/Pexels.com
11:20
4 Mei 2024

Simak 7 Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus, Salah Satunya Gonta-ganti Produk Sampo

 


 - Rambut rontok seringkali menjadi permasalahan bagi kebanyakan orang, terlebih perempuan.

Maka dari itu, persoalan rambut rontok jangan sampai dianggap sebagai hal yang biasa.

Kondisi ini dapat mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan, baik sementara maupun permanen.

Dikutip dari alodokter.com jumlah rambut normal yakni sekitar 100.000 helai. Namun, yang akan lepas atau rontok sekitar 50 hingga 100 helai setiap harinya.

Hal tersebut merupakan kondisi yang normal, karena rambut yang rontok akan digantikan dengan rambut baru.

Perlu diketahui, pertumbuhan rambut normal dapat dibagi ke dalam 3 fase. Yaitu, fase anagen, fase katagen, dan fase telogen.

Ketika fase anagen (tahap pertumbuhan), rambut akan tumbuh dan bertahan selama 2 sampai 8 tahun. Selanjutnya, selama 2–3 minggu, rambut akan memasuki fase katagen atau transisi. Pada fase ini, rambut tidak tumbuh secara aktif.

Setelah itu, rambut akan memasuki fase telogen (istirahat). Pada fase ini, rambut akan mengalami kerontokan dan akan diganti dengan rambut baru 2–3 bulan setelahnya.



Jika fase pertumbuhan rambut ini terganggu, rambut akan rontok hingga bisa berujung pada kebotakan.

Selain itu, jika rambut yang memasuki fase telogen lebih banyak dari normal, rambut juga bisa rontok secara berlebihan. Kondisi ini disebut sebagai telogen effluvium.

Meski rambut rontok lebih sering dialami remaja dan orang dewasa, ternyata anak-anak pun bisa mengalaminya loh.

Di sisi lain, dilansir dari penyebab rambut rontok terus menerus. Yuk simak pemicu rambut rontok yang perlu diwaspadai.

1. Kurang Asupan Gizi

Asupan gizi yang kurang baik menyebabkan helai rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh, sehingga rambut lebih mudah rontok. Risikonya lebih tinggi dialami oleh orang yang menjalani diet ketat.

2. Perubahan Hormon

Perubahan hormonal yang disebabkan oleh kehamilan, persalinan, menopause, dan gangguan tiroid bisa menyebabkan rambut rontok. 

3. Efek Samping Obat-obatan

Penyebab ketiga yaitu ada berbagai obat yang dapat meningkatkan risiko rambut rontok. Contohnya, obat-obatan untuk menangani depresi, gangguan jantung, dan tekanan darah tinggi.



4. Pengaruh Psikologis

Tak disangka, pengaruh psikologis seperti stres, depresi, atau tekanan fisik yang berat (setelah menjalani operasi besar) atau setelah melahirkan akan menyebabkan rambut rontok.

5. Gonta-ganti Produk Sampo

Penyebab nomor lima ini perlu menjadi catatan penting bagi seseorang yang mengalami rambut rontok. Sering berganti sampo bisa membuat rambut mudah rontok dan terlihat semakin menipis.

Kondisi ini disebabkan oleh berbagai bahan kimia yang terkandung di dalam sampo dan terserap ke dalam rambut.

6. Kurang Darah atau Anemia

Anemia merupakan penyakit yang membuat pengidapnya kekurangan zat besi. Padahal, nutrisi ini mempunyai peranan penting dalam memproduksi Hemoglobin (Hb) dalam darah. Jadi, Hb inilah yang bertugas mengantar oksigen untuk merangsang pertumbuhan rambut.

7. Menjalani Kemoterapi

Penyebab rambut rontok lainnya yaitu ketika seseorang menjalani kemoterapi. Alasannya, kemoterapi menargetkan sel-sel yang membelah dengan cepat.

Namun, dalam hal ini, sel di kulit kepala akan menjadi salah satu targetnya. Sehingga, proses tersebut yakni seseorang yang menjalani prosedur medis ini cenderung mengalami rambut rontok berkepanjangan. ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #simak #penyebab #rambut #rontok #terus #menerus #salah #satunya #gonta #ganti #produk #sampo

KOMENTAR