Tinggi Serat dan Mengandung Antioksidan, Simak 5 Manfaat Konsumsi Buah Delima
manfaat buah delima/ YouTube @Dokter_Fery_TV
19:17
3 Mei 2024

Tinggi Serat dan Mengandung Antioksidan, Simak 5 Manfaat Konsumsi Buah Delima

 



 Rasa asam dan segar buah delima, tidak diragukan lagi memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh.

Selain rasanya, nutrisi dari buah delima memang dikenal sebagai sumber antioksidan dan juga tinggi serat.

Hal ini menjadikan buah delima, bagus untuk mendukung kesehatan usus dan melawan penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.

Dilansir dari Real Simple pada Jumat (3/5), buah yang diperkirakan berasal dari negara-negara di sepanjang Jazirah Arab ini juga dikenal kaya akan vitamin B dan C, serta mengandung mineral.

Lantas, apa saja manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi delima? Simak, ulasan berikut ini.

1. Menangkal Radikal bebas

Buah delima yang dikenal kaya akan kandungan antioksidan, efektif untuk melawan radikal bebas, mengurangi kerusakan sel, dan menangkal penyakit.

Selain itu, berpotensi mengurangi risiko terkena kanker, juga berkontribusi pada kesehatan kulit, otak, dan mata.

2. Sumber serat dan polifenol ramah usus

Serat salah satu nutrisi paling ampuh ditemukan dalam delima. Setiap cangkir menyediakan 7 gram, mengurangi rata-rata kebutuhan serat harian orang dewasa (sekitar 25 g per hari untuk wanita dan 38 g per hari untuk pria).

Mikroba yang bermanfaat di usus dapat memakan polifenol dalam delima, bisa memperbaiki lapisan usus dan mengurangi peradangan penyebab penyakit.

3. Jaga kesehatan jantung

Kulp mengatakan ada beberapa cara agar delima dapat melindungi jantung. Hal ini menjelaskan mengapa buah delima disorot sebagai salah satu buah kardioprotektif terbaik dan meningkatkan kolesterol HDL baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol LDL jahat.

Delima dikaitkan dengan peningkatan beberapa faktor risiko penyakit jantung, seringnya konsumsi buah ini dapat mengurangi risiko salah satu penyebab utama kematian, juga mengatasi peradangan.

4. Tingkatkan performa atletik

Jus delima dapat membantu kinerja atletik dan membantu mempercepat pemulihan setelah berolahraga, meningkatkan bioavailabilitas oksida nitrat membantu tubuh mendapatkan nutrisi untuk berolahraga.

5. Kontrol gula darah

Buah-buahan mengandung gula alami termasuk delima, meski termasuk dalam daftar buah-buahan rendah gula. Penyandang diabetes bisa mengonsumsi delima karena membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Di sisi lain, efek samping mengonsumsi biji delima tidak mungkin terjadi, namun beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi atau mengalami ketidaknyamanan pencernaan.

Jika sensitif terhadap fruktan sejenis karbohidrat, Kulp menyebut mungkin efek samping pencernaan dari delima seperti gas, kembung, dan diare serta disarankan tetap mengonsumsi seperempat cangkir sekaligus.

Juga, bagi yang mengonsumsi obat tertentu misal pengencer darah harus memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan obat tersebut tidak berinteraksi dengan delima.

***

 

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tinggi #serat #mengandung #antioksidan #simak #manfaat #konsumsi #buah #delima

KOMENTAR