Pasien Kanker Sering Merasakan Nyeri, Bagaimana Cara Mengendalikannya?
Ilustrasi pasien kanker. (Shutterstock)
10:16
30 April 2024

Pasien Kanker Sering Merasakan Nyeri, Bagaimana Cara Mengendalikannya?

Salah satu keluhan utama yang dirasakan pasien kanker adalah rasa nyeri yang muncul. Agar kualitas hidup meningkat, bagaimana ya cara mengendalikan rasa nyeri yang muncul?

Melansir ANTARA, dokter Iswandi Erwin dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Mahar Mardjono menjelaskan pentingnya mengendalikan nyeri pada pengidap kanker dengan langkah pertama berupa asesmen komprehensif. Ia menjelaskan bahwa nyeri pada pengidap kanker dapat disebabkan oleh kanker itu sendiri, atau pengobatan seperti kemoterapi atau radioterapi.

Ilustrasi pengobatan kanker. (Shutterstock)Ilustrasi pengobatan kanker. (Shutterstock)

Metastasis kanker juga dapat menyebabkan rasa nyeri, dan dalam beberapa kasus, nyeri mungkin tidak terletak di lokasi tumor atau kanker primernya. Misalnya, pasien kanker paru-paru bisa mengalami nyeri di tulang belakang.

Pada kanker stadium tiga atau empat, nyeri biasanya sedang hingga berat dan perawatan paliatif diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Asesmen komprehensif juga membantu menentukan penyebab dan jenis nyeri, baik itu neuropatik atau nosiseptif, serta faktor yang dapat memberatkan rasa nyeri, seperti kondisi psikis pasien.

Iswandi menekankan bahwa pasien dengan tekanan psikis berat cenderung mengalami nyeri lebih intens. Dalam kasus tersebut, obat antidepresan dapat membantu. Selain itu, pasien kanker dengan nyeri dapat diberikan dosis opioid seperti morfin, kodein, oxycodone, atau fentanyl, biasanya per delapan jam.

Penggunaan opioid umumnya efektif dalam mengatasi nyeri, tetapi dalam beberapa kasus, tindakan intervensi seperti blok pada daerah torakal lumbalis mungkin diperlukan untuk meringankan nyeri akibat kanker.

Iswandi menekankan bahwa rasa nyeri tidak boleh diabaikan. Meski dianggap sebagai penanda harapan hidup yang sebentar bagi sebagian orang, bagi pasien, waktu yang singkat tersebut dapat dinikmati dengan kualitas hidup yang lebih baik bersama keluarga jika nyeri dikelola dengan baik.

Ilustrasi Kanker (Pexels.com/Anna Tarazevich)Ilustrasi Kanker (Pexels.com/Anna Tarazevich)

Cara Meredakan Nyeri Kanker Selain Obat

Bagi pasien kanker, penggunaan obat untuk menurunkan rasa nyeri bisa dibarengi dengan beberapa metode lain. Melansir laman CDC, sejumlah teknik ini dipercaya bisa membantu menurunkan rasa nyeri pada pasien kanker, di antaranya:

  1. Teknik relaksasi: Teknik seperti meditasi, yoga, dan pernapasan dalam dapat membantu meredakan stres dan kecemasan yang dapat memperburuk rasa nyeri.
  2. Terapi fisik: Fisioterapis dapat membantu pasien dengan latihan untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, serta mengurangi rasa nyeri dan kekakuan.
  3. Akupunktur: Teknik tradisional ini dapat membantu meredakan nyeri kronis, termasuk nyeri kanker.
  4. Terapi komplementer lainnya: Aromaterapi, massage, dan hipnosis dapat menjadi pilihan tambahan untuk membantu meredakan nyeri.

Bagi beberapa pasien kanker, intervensi psikologis juga mungkin diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan menurunkan rasa nyeri. Konseling dan dukungan psikologis dapat membantu pasien untuk mengatasi stres, kecemasan, dan depresi yang dapat memperburuk rasa nyeri. Sementara itu terapi perilaku kognitif dapat membantu pasien untuk mengidentifikasi dan mengubah pola pikir yang dapat memperparah rasa nyeri.

Penting untuk diingat bahwa setiap pasien kanker memiliki kebutuhan dan kondisi yang berbeda. Oleh karena itu, dokter akan menentukan kombinasi terapi yang paling tepat untuk mengendalikan rasa nyeri pada setiap pasien.

Pasien dan keluarga juga perlu aktif dalam proses pengelolaan nyeri. Dokter dan tim medis akan memberikan edukasi tentang cara penggunaan obat-obatan, teknik relaksasi, dan terapi non-obat lainnya.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #pasien #kanker #sering #merasakan #nyeri #bagaimana #cara #mengendalikannya

KOMENTAR