Sering Diabaikan, 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Jarang Disadari dapat Mengakibatkan Ginjal Cepat Rusak
Ilustrasi penting menjaga ginjal tetap sehat untuk kesehatan tubuh./ Sumber foto: (freepik @user15327819)
15:56
16 Januari 2024

Sering Diabaikan, 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Jarang Disadari dapat Mengakibatkan Ginjal Cepat Rusak

 

 

Tanpa disadari kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari dapat memicu timbulnya penyakit ginjal atau merusak kerja ginjal.

Seperti halnya kebiasaan menahan kencing, kurangnya minum air putih, kebiasaan minum-minuman beralkohol, dan masih banyak lainnya.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut memanglah tidak memiliki dampak langsung pada ginjal, akan tetapi bila sudah menjadi kebiasaan akan berakibat fatal.

Ginjal sendiri pada tubuh manusia memiliki fungsi yang cukup banyak, seperti halnya untuk mendetoksifikasi darah, membantu tubuh menyaring limbah melalui urine, mengontrol kebutuhan air dalam tubuh, mengatur kadar fosfat, kalsium dan mineral lainnya.

Maka dari itu, kesehatan ginjal sangat penting untuk diperhatikan, karena memiliki peran penting dalam tubuh manusia.

Adapun kebiasaan yang dapat merusak ginjal yang dikutip JawaPos.com dari rsudza.acehprov.go.id adalah sebagai berikut.

1. Menahan Kencing

Kebiasaan menahan kencing adalah salah satu penyebab utama kerusakan ginjal. Hal itu  dikarenakan urine tidak tersalurkan dengan baik atau kandung kemih tidak kosong dengan tepat waktu.

Akibatnya urine akan tetap berada di kandung kemih dengan waktu yang lebih lama, yang mengakibatkan pembiakan bakteri dalam dalam urine yang dapat mengakibatkan infeksi kemih atau ginjal.

2. Kurangnya Konsumsi Air Mineral

Jumlah konsumsi air harian pada orang dewasa yang disarankan yaitu sekitar 8 gelas berukuran 230 ml atau setara dengan 2 liter.

Jika tubuh mengalami kekurangan air, darah akan terkonsentrasi sehingga akan ada lebih sedikit aliran darah ke ginjal.

Hal ini akan menghambat kemampuan ginjal untuk membuang racun dari tubuh dan semakin banyak racun di dalam tubuh, dengan demikian akan semakin banyak pula masalah kesehatan yang akan muncul.

Dengan mengonsumsi air yang cukup, akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan ginjal akan sehat.

3. Kebiasaan Minum-minuman Beralkohol

Kebiasaan minum-minuman beralkohol dapat menyebabkan obstruksi tubular yaitu asam urat yang tersimpan di ginjal yang dapat meningkatkan risiko gagal ginjal.

Selain itu, mengonsumsi minuman beralkohol juga menyebabkan dehidrasi dan menghambat fungsi ginjal normal.

4. Merokok

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, serta menurunkan aliran darah dan menyempitkan pembuluh darah pada ginjal.

Kebiasaan tidak sehat ini dapat memperburuk penyakit ginjal yang ada dan dapat mempercepat menurunnya fungsi ginjal. Cara terbaik untuk mencegah hal ini adalah berhenti merokok.

5. Konsumsi Kafein yang Berlebihan

 Kafein memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mengusir kantuk, menurunkan berat badan, mengurangi kerontokan rambut dan menurunkan resiko kanker.

Namun apabila mengkonsumsi kafein yang berlebihan akan mengakibatkan peningkatan tekanan darah yang berakibat membebani fungsi ginjal, bila dibiarkan terus-menerus akan merusak ginjal.

6. Mengabaikan Infeksi


Seringkali, kita mengabaikan penyakit-penyakit yang dianggap oleh kebanyakan orang penyakit yang dapat sembuh sendiri, seperti halnya batuk, pilek, flu, radang amandel, faringitis, dan infeksi umum lainnya.

Virus dan bakteri yang ada pada Infeksi-infeksi ini apabila dibiarkan, dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang serius.

7. Kurangnya Waktu Tidur

Kebiasaan begadang atau kurangnya jam tudur juga bisa mengakibatkan kerusakan ginjal.

Umumnya rentan waktu tidur yang ideal berkisar antara 6 hingga 8 jam. Memiliki waktu tidur yang cukup akan berdampak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Menurut banyak penelitian, tidur yang tidak benar dapat menyebabkan penyumbatan arteri yang meningkat (aetherosclerosis) dan tekanan darah tinggi yang meningkatkan risiko kerusakan ginjal.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #sering #diabaikan #kebiasaan #sehari #hari #jarang #disadari #dapat #mengakibatkan #ginjal #cepat #rusak

KOMENTAR