Waspada DBD Masih Ada, 14 Pasien Dirawat di RS Mayoritas Pelajar SD dan SMP
Imbauan waspada DBD saat kenaikan suhu dari Kemenkes - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ingatkan masyarakat untuk waspada terhadap Demam Berdarah Dengue (DBD) saat suhu naik atau saat El Nino terjadi. 
17:40
16 April 2024

Waspada DBD Masih Ada, 14 Pasien Dirawat di RS Mayoritas Pelajar SD dan SMP

- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) masih tercatat di RSUD Taman Sari, Jakarta Barat. Masih ada 14 pasien DBD yang masih dirawat.

"Data per 15 April 2024 jam 08.00 masih ada 14 kasus DBD dirawat di RSUD Taman Sari: 8 dewasa dan 6 anak," ujar Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Taman Sari, dr Ngabila Salama dalam keterangannya, Selasa (16/4/2024).

Sebanyak 70 persen kasus pasien DBD yang dirawat adalah anak mayoritas usia SD dan SMP. Lebih lanjut ia mengungkapkan jika sejauh ini belum ada kasus kematian di RSUD Tamansari.

Kata Ngabila, semua masih aman terkendali, karena belum ada perubahan keparahan pada kasus DBD yang ditemukan. Ngabila menjelaskan jika peningkatan kasus terjadi efek dari kemarau ekstrem panjang atau el nino Juli- November 2023 di Indonesia.

Tren kasus DBD akan meningkat setelah el nino. Pola kenaikan per bulannya khas pada musim penghujan akan mulai meningkat bulan Desember, puncak April, lalu kembali turun.

"Hal ini karena musim hujan menyebabkan peningkatan kelembaban udara atau relative humidity (RH) meningkat dan nyamuk mudah berkembang biak," jelasnya.

Ngabila pun mengingatkan agar tidak membiarkan terlalu lama wadah atau kontainer berisi air. Karena itu bisa menjadi tempat berkembang biak jentik-jentik nyamuk aedes aegypti penyebab DBD.

"Tetesan air hujan juga bisa menjadi media perkembangan nyamuk," ujar Ngabila.

Editor: willy Widianto

Tag:  #waspada #masih #pasien #dirawat #mayoritas #pelajar

KOMENTAR