Akibat dari Mengonsumsi Gula yang Berlebihan ini 5 Efek Negatif pada Kondisi Tubuh
Ilustrasi makanan dan minuman manis tinggi gula. (madaninews.id)
14:55
15 Januari 2024

Akibat dari Mengonsumsi Gula yang Berlebihan ini 5 Efek Negatif pada Kondisi Tubuh

– Banyak sekali orang yang menyukai rasa manisnya gula. Namun, tanpa disadari bahwa, permen kues, es krim, soda, dan lainnya, ini bisa mengakibatkan kadar gula dalam tubuh menjadi naik.

Ini akibat dari banyaknya mengkonsumsi makan gula bagi kesehatan tubuh.

Gula merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan oleh banyak orang untuk pemanis tambahan pada makanan maupun minuman, khususnya camilan.

Tambahan gula ini membuat makanan maupun minuman akan terasa enak dan membuat banyak orang menyukainya.

Ternyata jumlah dari mengonsumsi gula ini tidak boleh banyak. Karenanya tubuh akan mendapatkan glukosa atau disebut dengan gula darah.

Glukosa ini akan dibakar untuk menjadi sebuah negeri maupun diolah dan disimpan oleh tubuh sebagai cadangan energi.

Meski gula bisa memberikan energi tambahan pada tubuh, namun harus menjaga dengan melakukan pembatasan untuk mengonsumsi gula.

Ketahui tanda-tanda ini jika anda sudah kebanyakan mengkonsumsi gula sebagai berikut, dikutip dari Radar Jogja:

1. Cepat lapar

Kelebihan fruktosa (sejenis gula buatan) pada tubuh ini bisa mengacaukan metabolisme dengan mematikan sistem pengendali nafsu makan anda.

Kondisi ini membuat kegagalan tubuh sebagai upaya merangsang produksi hormone insulin maupun hormone pengatur kadar gula dalam darah.

Hal ini menyebabkan peningkatan produksi hormone grelin yang memiliki peran dalam menimbulkan rasa lapar.

Kondisi ini juga menurunkan produksi hormone leptin yang memiliki peran untuk menimbulkan rasa kenyang.

2. Cepat lelah dan kurang energi

Gula ini sangat mudah diserap maupun dicerna oleh tubuh. Jika merasakan lelah bisa jadi anda kebanyakan mengkonsumsi gula dari makanan dan minuman.

Pada sebuah penelitian dalam Neuroscience and biobehavioral reviews (2019) mencoba melakukan pengamatan mengenai efek konsumsi karbohidrat maupun gula.

Penelitian yang dilakukan ini menggunakan sebuah metode kajian ilmiah pada 31 studi terdahulu dengan total 1.259 responden.

Studi tersebut leha menemukkan bahwa satu jam setelah mengkonsumsi gula peserta ini menjadi lelah dan kurang waspada.

Naiknya kadar gula dalam darah dan insulin juga bisa menyebabkan tingkat energi menurun dan memberikan pengaruh tingkat energi secara keseluruhan.

3. Suasana hati memburuk

Jika merasa murung, mudah tersinggung, gelisah maupun stres ini bisa menjadi sebuah tanda jika anda sudah kebanyakan mengkonsumsi gula.

Pada sebuah penelitian dalam Scientific reports (2017) ini telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi gula tambahan dapat meningkatkan peradangan, memperburuk suasana hati, dan menyebabkan gejala depresi.

Makanan maupun cemilan yang memiliki kadar gula tinggi tanpa protein dan lemak dengan cepat membuat gula darah meningkat.

Disaat tubuh mengkonsumsi gula yang berlebihan, tingkat energy tubuh menjadi cepat turun. Ini bisa membuat lesu, tanpa disadari anda menjadi mudah tersinggung.

4. Tidak bisa tidur

Dilansir Radar Jogja, sebuah ulasan ilmiah dari American journal of lifestyle medicine (2019) sudah melihat mengenai hubungan antara asupan berlebihan beberapa jenis gula tambahan dan kualitas tidur pada kalangan mahasiswa.

Penelitian yang dilakukan ke 300 mahasiswa ini melihatkan kualitas tidur yang buruk ini disebabkan akibat mengkonsumsi gula tambahan.

Siklus maupun kualitas tidur ini diatur oleh cahaya, suhu, ruangan, dan kontrol kadar gula dalam darah. Karenanya kebanyakan mengkonsumsi gula tambahan menyebabkan risiko mengacaukan siklus dan kualitas tidur.

5. Selalu menganggap makanan kurang manis

Jika merasa makanan yang dikonsumsi tidak terasa manis maupun ingin menambahkan gula supaya menjadi enak. Ini bisa jadi sebuah tanda jika anda sudah kebanyakan mengkonsumsi gula.

Ketika sudah terbiasa dengan mengonsumsi gula, ini bisa lebih sulit untuk merasa puas dengan makanan yang kurang manis.

Ini juga menjadi sebuah pertimbangan untuk tidak merubah gula pasir dengan pemanis buatan dalam makanan maupun minuman.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #akibat #dari #mengonsumsi #gula #yang #berlebihan #efek #negatif #pada #kondisi #tubuh

KOMENTAR