Kaya Nutrisi, Ini 6 Manfaat Jambu Jamaika Bagi Kesehatan, Salah Satunya Memperbaiki Kesehatan Mata
jambu jamaika./Alodokter.
08:31
31 Maret 2024

Kaya Nutrisi, Ini 6 Manfaat Jambu Jamaika Bagi Kesehatan, Salah Satunya Memperbaiki Kesehatan Mata

 

– Meskipun namanya terdengar asing, bisa saja tanpa disadari kamu pernah memakan jambu jamaika.

Jenis jambu satu ini mirip dengan jambu air, bahkan mungkin kamu pernah menyebutnya seperti itu, mengingat banyaknya jambu sejenisnya.

Untuk diketahui, jambu jamaika memiliki kulit yang tipis dan berwarna merah. Daging buahnya berwarna putih dengan biji di bagian tengahnya.

Jambu jamaika identik berbentuk lonjong mirip seperti lonceng. Rasanya manis tetapi sedikit asam, serta mengandung banyak air.

Selain mengandung tinggi air sehingga memiliki rasa yang segar dan mencegah dehidrasi, jambu jamaika memiliki kandungan senyawa bioaktif yang berperan sebagai antioksidan, sekitar 49 kalori serta beragam nutrisi lain.

Adapun nutrisi jambu jamaika yang disampaikan kesehatan tubuh. Dikutip dari halodoc.com berikut manfaat-manfaat jambu jamaika lainnya.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Jambu jamaika mampu mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan yang tinggi. Sehingga mampu mengatasi flek hitam, garis halus dan wajah kering, serta dapat menjaga elastisitas wajah.

Untuk mendapatkan fungsinya secara optimal, jambu jamaika bisa dikonsumsi bersamaan dengan sayuran serta menerapkan pola hidup sehat lainnya. selain itu, berhenti dan membatasi mengkonsumsi alkohol juga perlu diterapkan.

  1. Memerangi Sel Kanker

Antioksidan yang tinggi pada jambu jamaika juga bermanfaat untuk mengobati sel kanker dan termasuk efektif untuk mengurangi sel kanker prostat dan kanker payudara. Kandungan tersebut bekerja dengan menekan pertumbuhan sel kanker serta mencegahnya bermetastasis.

Kandungan likopen pada jambu jamaika juga mendukung kerja antioksidan. Kandungan tersebut bekerja dengan merusak DNA pada sel kanker yang berpotensi menyebar, serta menyebabkan kerusakan pada sel dan jaringan tubuh.

  1. Meningkatkan Kolesterol Baik

High density lipoprotein (HDL) atau disebut kolesterol baik berfungsi mencegah penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan lemak. Sehingga, jambu jamaika memiliki kandungan dengan fungsi untuk mencegah penyakit kardiovaskular yang bisa berujung pada stroke atau sakit jantung.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C pada jambu jamaika juga berperan sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. Dengan memiliki kekebalan tubuh yang tinggi, sel dan jaringan di dalamnya, mampu dengan sendirinya mengusir paparan virus dan bakteri penyebab penyakit.

  1. Mencegah Serangan Jantung

Jambu jamaika memiliki kandungan rendah lemak dan garam yang dapat mencegah penumpukan lemak di dalam pembuluh darah. Dua kadar asupan yang rendah tersebut berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga berdampak pada serangan jantuk.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Jambu jamaikan memiliki kandungan vitamin A yang efektif meningkatkan kesehatan mata. Kandungan tersebut bekerja dengan cara memperbaiki penglihatan, memperlambat degenerasi makula akibat penuaan dan mencegah katarak.

Untuk memaksimalkan manfaat ini dapat dilakukan dengan menkonsumsi makanan sehat lain yang mengimbangi kandungan tinggi vitamin A, seperti wortel dan lain sebagainya. Kemudian, tidak lupa menerapkan pola hidup sehat dengan membatasi penggunaan gadget.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kaya #nutrisi #manfaat #jambu #jamaika #bagi #kesehatan #salah #satunya #memperbaiki #kesehatan #mata

KOMENTAR