Hari Ginjal Sedunia, Ratusan Ribu Orang Indonesia Alami Ginjal Kronis
Hari Ginjal Sedunia tahun ini diperingati pada 14 Maret. (Istimewa)
17:42
14 Maret 2024

Hari Ginjal Sedunia, Ratusan Ribu Orang Indonesia Alami Ginjal Kronis

–Hari Ginjal Sedunia tahun ini diperingati pada 14 Maret. Mengutip laman World Kidney Day, Hari Ginjal Sedunia 2024 mengangkat tema Kidney Health for All dengan kampanye #ShowYourKidneys yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan ginjal.

Faktanya, kondisi kesehatan ginjal masyarakat Indonesia berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Menurut data dari Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) 2018, prevalensi penyakit ginjal kronis di Indonesia berada di angka 3,8 per mil atau 739.208 jiwa.

Hal itu mendorong Cleo berkolaborasi bersama Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI). KPCDI adalah organisasi yang telah menjadi garda terdepan dalam memberikan dukungan, informasi, dan advokasi, bagi para pasien cuci darah dan pasien gangguan ginjal di Indonesia.

”Kami percaya bahwa semua pihak dapat turut serta berpartisipasi dalam mewujudkan Masyarakat Indonesia yang lebih sehat. Mari kita suarakan pentingnya tindakan edukatif preventif untuk kesehatan ginjal dan juga berikan dukungan kepada seluruh pasien cuci darah di Indonesia,” ujar Ketua Umum KPCDI Tony Samosir.

Dia mendorong masyarakat untuk lebih aware terhadap kebutuhan asupan air mineral bagi tubuh. Menurut data Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) Global Burden of Disease (GBD) 2019, penyakit ginjal kronis masuk daftar 10 besar penyakit dengan kematian tertinggi di Indonesia.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dari Kementerian Kesehatan Eva Susanti mengungkapkan, angka kematian akibat penyakit ginjal kronis di Indonesia mencapai lebih dari 42 ribu jiwa.

”Kalimantan Utara, Maluku, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Jawa Barat, dan Maluku. Kemudian diikuti DKI Jakarta, Bali, dan DI Jogjakarta adalah provinsi dengan prevalensi penyakit ginjal kronis tertinggi di Indonesia,” jelas Eva.

Sementara itu, Direktur Utama PT Sariguna Primatirta Melisa Tanoko mengatakan, melalui aksi #LangkahMurni, pihaknya ingin berkontribusi mewujudkan Indonesia yang lebih sehat.

”Dukungan kami kepada KPCDI hopefully dapat menjadi langkah awal untuk mendukung kesehatan ginjal keluarga Indonesia,” ucap Melisa Tanoko.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #hari #ginjal #sedunia #ratusan #ribu #orang #indonesia #alami #ginjal #kronis

KOMENTAR