Penderita Asam Lambung Bolehkah Berpuasa? Ini Kata Dokter
Dokter spesialis penyakit dalam Husin Thamrin SpPD K-GEH FINASIM. (Istimewa)
14:28
8 Maret 2024

Penderita Asam Lambung Bolehkah Berpuasa? Ini Kata Dokter

–Ramadhan dalam hitungan hari. Umat muslim akan melakukan ibadah puasa selama satu bulan. Nah, bagaimana puasanya penderita asam lambung? Apakah penderita asam lambung boleh berpuasa?

Dokter spesialis penyakit dalam Husin Thamrin SpPD K-GEH FINASIM mengatakan, keputusan untuk berpuasa bagi penderita sakit lambung atau masalah pencernaan sebaiknya dibuat setelah berkonsultasi dengan profesional kesehatan. Beberapa orang dengan kondisi lambung atau pencernaan tertentu mungkin dapat berpuasa dengan beberapa penyesuaian, sementara yang lain mungkin lebih baik tidak berpuasa untuk menjaga kesehatan mereka.

Dokter yang sekaligus pengajar di Divisi Gastroenterologi-Hepatologi Departemen-KSM Ilmu Penyakit Dalam RSUD Soetomo, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya mengungkapkan, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan. Salah satunya pengelolaan makan.

”Jika berpuasa mungkin dapat memicu atau memperburuk gejala. Dokter mungkin merekomendasikan pola makan yang seimbang dan teratur selama bulan puasa,” terang Husin Thamrin.

Dia menyarankan untuk penderita lambung atau masalah pencernaan tertentu sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang dapat memperburuk gejala. Seperti makanan pedas, berlemak, atau asam, minuman yang mengandung kafein dan berkarbonasi.

”Jangan lupa juga untuk menjaga asupan cairan,” tambah Husin Thamrin.

Beberapa orang dengan masalah pencernaan mungkin memilih untuk tidak berpuasa penuh waktu, melainkan memilih puasa yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan mereka.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #penderita #asam #lambung #bolehkah #berpuasa #kata #dokter

KOMENTAR