5 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengontrol Gula Darah
Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan. (YouTube Kunci Sehat)
21:46
27 Oktober 2024

5 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengontrol Gula Darah

 

Tak hanya memiliki rasa yang gurih dan lezat, kacang tanah juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin E, asam folat, protein, mangan, biotin, serat, magnesium.

Tak hanya itu, kacang tanah juga memiliki kandungan nutrisi lain, seperti lemak tak jenuh tunggal serta kaya akan antioksidan.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi, kacang tanah diketahui memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Berikut ini merupakan lima manfaat konsumsi kacang tanah untuk kesehatan yang dilansir dari akun YouTube Kunci Sehat pada Minggu (27/10).

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pertama dari konsumsi kacang tanah, yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena  kacang tanah memiliki kandungan asam oleat yang baik untuk jantung.

Senyawa asam oleat ini dipercaya mampu menurunkan risiko kardiovaskular yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner.

Namun untuk mendapatkan manfaat ini, pastikan untuk tidak menggoreng kacang dan lebih baik mengkonsumsi kacang tanah dengan cara direbus.

  1. Mengontrol Gula Darah

Selanjutnya, yaitu dapat mengontrol gula darah karena mengandung mangan yang bisa menyerap kelebihan kalsium maupun glukosa.

Untuk itu, kamu dapat mengkonsumsi kacang tanah agar dapat mengurangi kadar gula darah yang ada di dalam tubuh.

  1. Mencegah Kanker Perut

Manfaat lainnya dari kacang tanah, yaitu dapat mencegah kanker perut karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Kandungan tersebut dipercaya mampu untuk mengurangi risiko terkena kanker perut di dalam tubuh. Nutrisi di dalam kacang tanah juga bisa mengurangi produksi karsinogenik nitroud amina yang menjadi penyebab utama tumbuhnya sel kanker di dalam perut.

  1. Mencegah Batu Empedu

Kacang tanah bisa mengurangi risiko batu empedu di dalam tubuh serta mencegah berbagai infeksi kantung empedu dan hati hingga 50 persen. Oleh karena itu, sangat disarankan konsumsi kacang tanah agar dapat mencegah terkena batu empedu.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Perlu diketahui bahwa kacang tanah memiliki manfaat, yaitu dapat menjaga kesehatan kulit, karena mengandung vitamin E, vitamin B6, dan nutrisi lainnya.

Hal ini membuat kacang tanah memiliki manfaat mengagumkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Antioksidan yang di dalam kacang tanah dapat mencegah oksidasi yang akan merusak kulit.

Selain itu, kandungan vitamin E pada kacang tanah juga akan melindungi kulit dari kerusakan akibat oksidatif.

Dengan mengkonsumsi kacang tanah secara teratur dapat membantu kulit terbebas dari bahaya radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan kulit.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #kacang #tanah #untuk #kesehatan #salah #satunya #mengontrol #gula #darah

KOMENTAR