Mengulik Manfaat Bawang Putih untuk Mengatasi Jerawat Wajah: Simak 8 Cara dan Penjelasan Berikut Ini
Ilustrasi penggunaan bawang putih untuk jerawat./Freepik
19:20
24 Oktober 2024

Mengulik Manfaat Bawang Putih untuk Mengatasi Jerawat Wajah: Simak 8 Cara dan Penjelasan Berikut Ini

- Bawang putih telah digunakan sebagai bahan obat selama berabad-abad lamanya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Bawang putih memiliki antibakteri, sifat antijamur, antivirus, dan antiseptik dari allicin. Allicin membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Allicin pada bawang putih juga membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan, serta meningkatkan sirkulasi darah. Efek menguntungkan ini memungkinkan kulit menerima lebih banyak nutrisi.

Bawang putih juga memiliki tiosulfinat, yang dapat bertindak sebagai antimikroba. Banyak yang percaya bahwa dengan penggunaan rutin, ia membersihkan kulit. Lantas bagaimana cara mengobati jerawat dengan bawang putih?



Dilansir dari laman healthline.com oleh JawaPos.com, Kamis (24/10) terdapat 8 cara penggunaan bawang putih untuk mengobati jerawat, simak penjelasan berikut ini:

  1.   Oleskan di area yang berjerawat
Caranya haluskan 3 sampai 4 siung bawang putih. Oleskan langsung ke area yang terkena. Biarkan selama beberapa menit. Bilas dengan air dan keringkan dengan lembut.

Segera singkirkan bawang putih dari kulit jika mulai terasa terbakar atau gatal.

  2.   Mengonsumsi bawang putih
Cincang halus siung bawang putih. Tambahkan ke makanan selama persiapan sesuai keinginan.

  3.   Bawang putih dan air
Cincang halus 2 siung bawang putih segar. Campur bawang putih dengan 1 sendok makan air keran atau air mawar. Tempatkan campuran pada bagian yang terkena. Biarkan selama beberapa menit. Bilas dengan air dan keringkan dengan lembut.



  4.   Jus bawang putih mentah
Tumbuk 5 siung bawang putih parut. Biarkan cengkeh yang sudah dihaluskan selama 10 menit. Gunakan kain tipis untuk memeras sari cengkeh yang sudah dihaluskan. Oleskan pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama sekitar 10 menit lalu bilas dengan air.

  5.   Yogurt dan bawang putih
Campurkan 4 siung bawang putih yang dihaluskan dengan 1 sdm yogurt. Oleskan campuran tersebut pada kulit yang bersih dan kering. Pijat ke kulit dan biarkan selama beberapa menit dan bilas dengan air.

  6.   Bawang putih dan madu
Buat jus bawang putih menggunakan 3 hingga 4 siung bawang putih. Campur jus dengan 1 sendok teh madu manuka dan, jika diinginkan, ¼ sendok teh bubuk kunyit.

Lalu oleskan pada bagian yang sakit dan biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air.



  7.   Bawang putih dan lidah buaya
Campurkan 2 sampai 3 siung bawang putih yang dihancurkan dengan ½ cangkir air. Diamkan campuran selama 5 menit. Campurkan 1 sendok teh gel aloe vera

Setelah itu oleskan campuran tersebut ke bagian yang sakit dan biarkan hingga kering dan bilas dengan air.

  8.   Bawang putih dan cuka sari apel
Campurkan 1 sendok cuka sari apel dengan 1 sendok air. Tumbuk 5 siung bawang putih yang sudah diparut, diamkan selama 10 menit.

Lalu gunakan kain tipis untuk memeras sari cengkeh yang sudah dihaluskan. Campurkan jus bawang putih dengan cuka dan air. Oleskan dengan cara menepuk-nepukkan kapas langsung pada jerawat. Biarkan selama sekitar 10 menit lalu bilas dengan air.

 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #mengulik #manfaat #bawang #putih #untuk #mengatasi #jerawat #wajah #simak #cara #penjelasan #berikut

KOMENTAR