5 Tanda yang Menunjukkan Bahwa Anda Memiliki Jantung yang Sehat, Cek dan Perhatikan!
Ilustrasi orang yang jantungnya sehat. (Pexels)
15:56
24 Oktober 2024

5 Tanda yang Menunjukkan Bahwa Anda Memiliki Jantung yang Sehat, Cek dan Perhatikan!

 

Jantung merupakan sumber kehidupan utama bagi tubuh Anda. Jantung dapat mempengaruhi emosi Anda sehari-hari secara signifikan jika dalam kondisi baik.

Anda dapat mengetahui kondisi jantung Anda dalam keadaan sehat dari beberapa tanda yang Anda rasakan, baik dari detak jantung dan kondisi tubuh Anda.

Dengan memahami tanda kondisi jantung Anda dalam keadaan sehat, ini dapat membuat Anda fokus mempertahankan kesehatan jantung.

Dilansir dari Times of India, terdapat lima indikator utama yang dapat menunjukkan bahwa jantung Anda berfungsi dengan baik. masing-masing indikator tersebut menunjukkan kondisi tentang proses dalam tubuh dan pengaruh signifikan pada kesehatan jantung.

  1. Denyut jantung stabil

Jantung yang sehat dapat dirasakan ketika Anda memiliki denyut jantung yang stabil, ini biasanya berkisar antara 60 hingga 100 denyut per menit. Jantung Anda tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh Anda.

Denyut jantung dalam kondisi istirahat jauh lebih rendah, berkisar Antara 50 hingga 60 denyut per menit, jika jantung Anda dalam keadaan sehat secara fisik.

Kekuatan dan efisiensi jantung dapat memungkinkan untuk memompa lebih banyak darah pada setiap denyut jantung Anda. Jadi, kesehatan jantung Anda dapat dilihat berdasarkan kestabilan denyut jantung Anda.

  1. Kebersihan mulut yang baik

Anda mungkin heran kenapa kebersihan mulut dapat menunjukkan banyak tanda tentang kesehatan jantung Anda. Terutama gusi dan gigi yang sehat dapat menjadi tanda bahwa jantung Anda berfungsi dengan baik.

Ini ditandai karena ada keterkaitan antara kebersihan mulut Anda dengan penyakit jantung. Masalah jantung memang dapat disebabkan oleh peradangan mulut yang menyebar ke pembuluh darah.

Menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi, membersihkan sela-sela gigi, dan pemeriksaan secara rutin dapat menurunkan resiko penyakit gusi dan dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

  1. Tekanan darah normal

Kadar tekanan darah yang sehat umumnya berkisar antara 120/80 mmHg, ini menunjukkan bahwa jantung dan pembuluh darah Anda berfungsi dengan baik. artinya, jantung tidak bekerja terlalu keras untuk memompa darah saat tekanan darah Anda berada di kisaran ini.

Sementara tekanan darah rendah dapat mempengaruhi pasokan oksigen ke organ tubuh Anda, sedangkan tekanan darah tinggi memberikan tekanan pada jantung Anda.

Oleh karena itu, menjaga tekanan darah tetap normal secara konsisten merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan jantung Anda dan mengurangi resiko penyakit jantung.

  1. Tingkat kolesterol sehat

Kadar kolesterol mampu memberikan petunjuk tentang kesehatan jantung Anda. Kadar kolesterol HDL ‘baik’ yang tinggi dan kadar kolesterol LDL ‘jahat’ yang rendah menunjukkan bahwa arteri Anda cenderung tidak mengalami penyumbatan.

Kolesterol HDL membantu membuang kelebihan kolesterol dari aliran darah Anda, sehingga dapat mencegah penumpukan plak. Menjaga kolesterol total dalam kisaran yang ideal dapat mendukung kelancaran aliran darah Anda.

Hal ini juga mampu menurunkan kemungkinan munculnya masalah jantung. Kadar kolesterol total kurang dari 200 mg/dL (5,17 mmol/L) dianggap normal.

  1. Tingkat pemulihan pernapasan setelah latihan

Seberapa cepat Anda dapat mengatur nafas setelah beraktivitas fisik dapat menunjukkan banyak tanda tentang kesehatan jantung Anda. Tingkat pemulihan yang lebih cepat merupakan tanda bahwa jantung dan paru-paru Anda berfungsi dengan baik.

Hal ini menunjukkan bahwa jantung Anda dapat memompa darah yang penuh dengan oksigen ke otot dan organ tubuh Anda secara efisien. Jantung yang sehat ditunjukkan oleh kemampuan pemulihan laju pernapasan kembali normal dalam satu atau dua menit setelah beraktivitas.

Di sisi lain, tingkat pemulihan pernapasan yang relatif lambat dapat menunjukkan bahwa jantung Anda memerlukan perawatan. Jadi kenali tanda pemulihan pernapasan Anda karena itu dapat menunjukkan kesehatan jantung.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tanda #yang #menunjukkan #bahwa #anda #memiliki #jantung #yang #sehat #perhatikan

KOMENTAR