6 Latihan Ini Bisa Membuat Anda Menjadi Lebih Bugar dan Mengurangi Lemak Berlebihan Dalam 15 Hari
Ilustrasi yoga. (Freepik)
17:28
21 Oktober 2024

6 Latihan Ini Bisa Membuat Anda Menjadi Lebih Bugar dan Mengurangi Lemak Berlebihan Dalam 15 Hari

Olahraga adalah rutinitas yang membuat tubuh lebih bugar dan tetap ideal. Selain itu, olahraga mampu memberikan dampak yang baik bagi kesehatan fisik maupun mental Anda.

Berolahraga setiap hari merupakan salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, tidak semua latihan dapat membantu Anda mencapai hasil yang maksimal dalam menurunkan berat badan.

Beberapa latihan sederhana ini dapat membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak perut dengan cepat. Latihan ini jika dilakukan secara rutin akan mampu membuat badan Anda lebih bugar dan ideal.

Dilansir dari Times of India, inilah enam latihan yang bisa membuat Anda lebih bugar dan mampu mengurangi lemak berlebihan di perut dalam 15 hari.

1. Latihan aerobik

Latihan aerobik atau juga dikenal dengan kardio adalah salah satu metode yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Aktivitas ini seperti berjalan, berlari, berenang, dan bersepeda.

Latihan ini mampu meningkatkan detak jantung dan membantu mengurangi timbunan lemak di tubuh.

Orang yang melakukan latihan aerobik secara teratur dapat menurunkan berat badan lebih cepat dan membuat Anda lebih berenergi sepanjang hari.

2. Latihan kekuatan

Selain latihan yang membuat Anda selalu bergerak, ada juga latihan kekuatan berupa mengangkat beban atau melakukan latihan beban tubuh seperti push up dan squat yang dapat membentuk masa otot dan mencegah penambahan berat badan.

Latihan kekuatan ini memastikan masa otot dan pemanfaatan lemak sebagai sumber energi yang dibutuhkan untuk mengangkat beban, sehingga membuat berat badan Anda turun lebih cepat daripada melakukan latihan lain.

3. Yoga dan peregangan

Salah satu latihan yang tidak terlalu menguras energi dan membuat Anda lebih bugar adalah yoga dan peregangan. Yoga dan peregangan ringan dapat sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Yoga dan peregangan mampu meningkatkan penguatan dan fleksibilitas otot sekaligus mengencangkan tubuh. Latihan yang meliputi pernapasan dalam, meditasi, dan gerakan ringan dapat mengencangkan tubuh dan menurunkan berat badan secara efektif.

4. Pilates

Pilates adalah latihan yang memberikan Anda keringanan dan tidak menguras stamina Anda, ini juga dapat meningkatkan kebugaran dan mengencangkan tubuh Anda.

Pilates berfokus pada kekuatan inti, kelenturan, dan pernapasan terkendali, yang dapat membantu mengencangkan otot dan pinggul serta memberikan hasil yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Latihan pilates secara rutin dapat dilakukan pada malam hari untuk membantu Anda tetap rileks dan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

5. Tai Chi

Tai Chi adalah bentuk seni bela diri yang menggabungkan gerakan lambat dan mengalir dengan pernapasan dalam dan meditasi. Tai Chi dikenal karena efek yang menenangkan dan terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur.

Latihan ini dapat meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan secara efektif. Berlatih Tai Chi secara teratur dapat membantu mengurangi stres dan menciptakan kondisi pikiran yang lebih tenang.

Tai Chi dapat memberikan Anda efek kemudahan untuk tertidur dengan nyenyak, yang diperlukan untuk membakar lemak yang berlebihan.

6. Latihan pernapasan

Meskipun ini bukan latihan tradisional, tetapi latihan pernapasan dapat berperan penting dalam meningkatkan kualitas tidur dan menghilangkan stres, sehingga dapat mengurangi produksi kortisol dalam tubuh yang membuat Anda kelebihan lemak di perut.

Teknik seperti pernapasan diafragma, Dimana Anda bernafas dalam-dalam ke perut, dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Melakukan latihan ini sebelum tidur dapat mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur dengan menurunkan detak jantung dan meningkatkan relaksasi.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #latihan #bisa #membuat #anda #menjadi #lebih #bugar #mengurangi #lemak #berlebihan #dalam #hari

KOMENTAR